Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.458 views

Libya Senasib Irak: Barat Bertanggungjawab Atas Banjir Darah di Libya?

VOA-ISLAM.COM - Moammar Kadhafi memang sudah kalah meski belum menyerah. Tetapi, apakah itu berarti Libya bakal memasuki era baru yang lebih baik? Tanda-tanda yang ada justru memperlihatkan sebaliknya: Negeri kaya minyak itu berada di ambang perpecahan dan pertumpahan darah.

Tanda-tanda tersebut terlihat dari “pembangkangan” pasukan pemberontak yang bergerak di lapangan terhadap kepemimpinan Dewan Transisi Nasional (NTC). NTC adalah organisasi yang memayungi kubu anti-Kadhafi dan telah diakui lebih dari 30 negara sebagai pemerintah Libya yang sah. 

Kepada The Independent kemarin, pasukan pemberontak yang menjaga Misrata, kota di sebelah timur Tripoli, misalnya, jelas-jelas menyatakan tak akan mematuhi perintah NTC. Contoh lain yang lebih gamblang tersaji pada 28 Juli lalu.

Abdul Fattah Younes, komandan pasukan pemberontak, tewas secara mengenaskan setelah dibujuk untuk meninggalkan garis depan pertempuran. Sampai sekarang belum jelas pembunuhnya, tetapi bisa dipastikan berasal dari kalangan pemberontak sendiri.

Kematian mantan orang dekat Kadhafi yang membelot Februari lalu itu saja bisa memicu friksi berkepanjangan. Sebab, kalangan internal pemberontak sudah pasti saling tuding. Belum lagi ancaman pembalasan dari suku asal Younes, Obeidi, yang hingga kini menuntut penjelasan atas kematian tokoh kebanggaan mereka itu.

Nah, kalau terhadap komandan sendiri para pemberontak tega membunuh, bagaimana nasib para pejabat dan rakyat biasa yang selama ini loyal kepada Kadhafi” Tak ada yang bisa menjamin bahwa tak akan ada pembantaian terhadap mereka.

...sangat mungkin Libya bakal bernasib seperti Iraq pasca-invasi pasukan multinasional pimpinan Amerika Serikat: dari mulut harimau ke mulut buaya...

Karena itu, satu per satu pejabat Kadhafi melarikan diri begitu tanda-tanda kejatuhan sang kolonel terlihat. Terakhir, Menteri Perminyakan Libya Omran Abukraa membelot ke Tunisia. “Tiap darah yang jatuh akibat pemberontak adalah tanggungjawab dunia Barat,” ujar Moussa Ibrahim, juru bicara rezim Kadhafi, seperti dikutip Associated Press.

Tetapi, pedulikah NATO, yang merupakan representasi Barat, dalam konflik Libya itu? Sepertinya tidak. Mereka hanya berkepentingan melengserkan Kadhafi, itu saja. Apalagi, mereka tak punya mandat untuk menerjunkan pasukan darat sehingga tak mungkin bisa mencegah gerak pasukan pemberontak jika mereka bermaksud melakukan “pembersihan” orang-orang Kadhafi.

Jadi, sangat mungkin Libya bakal bernasib seperti Iraq pasca-invasi pasukan multinasional pimpinan Amerika Serikat: dari mulut harimau ke mulut buaya. Saddam Hussein -yang seperti Kadhafi, juga tidak populer di mata rakyatnya saat itu- memang bisa digulingkan, bahkan dihukum gantung.

Tetapi, toh perang bermotif sektarian tetap berkecamuk di Negeri 1001 Malam itu. Bahkan dalam skala yang lebih buruk jika dibandingkan dengan bentrok antara tentara-tentara Saddam dan pasukan multinasional dulu.

...Tiap darah yang jatuh akibat pemberontak adalah tanggungjawab dunia Barat...

Atau, bisa jadi juga Libya bernasib lebih buruk daripada itu: seperti Afghanistan. Taliban yang digulingkan oleh Aliansi Utara dengan bantuan Barat pada 2001 memang dibenci warga negeri tersebut. Namun, pasca-Taliban, Afghanistan tetap tak henti dirundung perang.

Padahal, pasca-Saddam dan Taliban itu, Iraq dan Afghanistan masih disupervisi langsung pasukan Barat yang bebas bergerak di darat dalam jumlah besar. Itu saja masih kacau. Bagaimana Libya yang hanya dibantu lewat udara?

Seperti juga Iraq dan Afghanistan dulu, tak ada kepemimpinan yang jelas dan kuat di kalangan pemberontak Libya. Jadi, tiap-tiap pihak merasa berjasa. Apalagi, secara militer, kemenangan mereka sebenarnya bisa dibilang separo lebih karena faktor NATO. Maret lalu, andai pesawat-pesawat NATO tak menghancurkan gerakan pasukan Kadhafi yang menuju markas Benghazi, pemberontak bakal habis. [taz/jpn]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X