Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.194 views

Kelompok HAM: Ribuan Senjata Berat masih Berserakan di Libya

LONDON (voa-islam.com) - Sejumlah besar senjata, termasuk rudal darat ke udara yang bisa menjatuhkan pesawat komersial, masih berserakan tak terjaga di sekitar Libya lebih dari dua bulan setelah Muammar Kadhafi digulingkan dalam perang sipil, Human Rights Watch mengatakan pada hari Selasa.

Kelompok yang berbasis di New York tersebut mengatakan telah melihat dua lokasi dekat Sirte, kampung halaman Muammar Kadhafi berisi rudal darat ke-udara , rudal-rudal tank dan mortir, amunisi dan ribuan roket yang dapat dikendalikan radar.

"Rudal darat ke udara dapat menjatuhkan pesawat sipil, dan senjata peledak dapat dikonversi dengan mudah ke dalam bom mobil dan IED (bom rakitan atau bom) yang telah menewaskan ribuan orang di Irak dan Afghanistan," kata Peter Bouckaert, direktur keadaan darurat kelompok tersebut dalam sebuah pernyataan.

Dia mengatakan Human Rights Watch telah memperingatkan para pemimpin Dewan Transisi Nasional Libya (NTC) dan NATO selama berbulan-bulan tentang stok senjata tanpa pengamanan  yang telah dicuri secara teratur.

"Sekarang pertempuran yang telah berakhir, salah satu prioritas tertinggi NTC seharusnya mengamankan fasilitas senjata, dan membawa aliran dari senjata yang tidak terdeteksi di negara ini di bawah kontrol."

NTC secara terbuka berkomitmen untuk mengamankan simpanan yang tercerai-berai dari gudang senjata Qaddafi itu.

Muammar Kadhafi ditangkap dan dibunuh dalam keadaan tidak jelas pada Kamis ketika pasukan NTC merebut Sirte, kubu terakhir dari loyalis-Nya.
 
Ancaman keamanan wilayah

..ditinggalkan atau hilangnya senjata era Kadhafi telah menimbulkan kekhawatiran internasional bahwa senjata tersebut dapat mengikis keamanan regional jika jatuh ke tangan militan atau pemberontak yang aktif di Afrika.. Utara

Tapi ditinggalkan atau hilangnya senjata era Kadhafi telah menimbulkan kekhawatiran internasional bahwa senjata tersebut dapat mengikis keamanan regional jika jatuh ke tangan militan atau pemberontak yang aktif di Afrika Utara.

Beberapa juga melihat kemungkinan bahwa sisa-sisa loyalis Kadhafi atau orang lain yang tidak senang dengan faksi NTC bisa menggunakan persenjataan yang tercerai-berai tersebut untuk melakukan perang gerilya, menggagalkan pemerintah yang efektif dan kelanjutan produksi minyak di negara anggota OPEC itu.

Human Rights Watch mengatakan para ahli AS membantu NTC untuk mencari rudal-rudal darat ke udara yang hilang dan bersama dengan Kanada telah menawarkan uang untuk membantu Libya menghancurkan senjata-senjata tersebut.

Kelompok ini menjelaskan melihat para pejuang NTC bersiap untuk memindahkan senjata, termasuk tujuh rudal darat ke udara SA-24  - salah satu yang paling canggih buatan Rusia - ke basis mereka di Misrata. S-24 tersebut tampaknya tidak memiliki pemicu, katanya.

Pada satu tempat, setidaknya 28 rudal SA-24 tampaknya akan hilang bersama dengan senapan otomatis. Di tempat lain, Human Rights Watch mengatakan menemukan fasilitas penyimpanan amunisi yang dijarah dengan peti-peti dari granat berpeluncur roket (RPG), peluru-peluru anti pesawat dan amunisi lainnya yang tersebar di padang pasir sekitarnya.

"Bukti di situs tersebut menunjukkan bahwa tidak ada waktu untuk berleha-leha," kata Bouckaert.

Pada bulan September, Bouckaert menarik perbandingan ke Irak, di mana gudang yang ditinggalkan oleh tentara yang setia kepada Saddam Hussein yang melarikan diri setelah invasi 2003 pimpinnan Amerika dijarah dan digunakan oleh gerilyawan untuk membuat bom bunuh diri.

Perkembangan rudal darat ke udara di Libya telah mencemaskan badan keamanan Barat yang percaya bahwa rudal-rudal tersebut dapat digunakan untuk menargetkan pesawat komersial. (by/an)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X