Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
24.314 views

Kabar Terkini Muslim Patani: Ditangkap, Dibunuh, Dirampas & Diperkosa

Jakarta (voa-islam) – Belum lama ini, Kamis (8/12),  Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) Pusat kedatangan tamu dari perwakilan Muslim Pattani, Thailand Selatan yang tergabung dalam PULO (Patani United Liberation Organization), sebuah elemen perjuangan rakyat Patani yang melakukan perlawanan terhadap pemerintah Thai (Thailand).

Perwakilan dari PULO tersebut berjumlah lima orang. Mereka adalah Abu Jihad, Abu Qaim Moh Najib, Ummu Madinah, dan dua orang lagi, tak mau disebut namanya, dikarenakan faktor keamanan dirinya di dalam negeri, tempat mereka tinggal yang hingga saat ini masih mencekam dan terjadi pembunuhan oleh penjajah Thai terhadap masyarakat Muslim Patani.

Seperti diakuinya, Abu Jihad kini tinggal di negeri Kincir Angin Belanda, sedangkan Abu Qaim lama tinggal di Syiria, adapun Ummu Madinah yang bersuamikan orang Malaysia kini tinggal di Kelantan, Malaysia. Dua muslim Patani lainnya yang tak mau disebut namanya itu masih tinggal di Pattani. Di hadapan pers dan sejumlah ormas Islam yang hadir pada Kamis malam, Abu Jihad  -- salah seorang perwakilan PULO --  menyampaikan kabar terkini apa yang terjadi di wilayah Thailand bagian selatan, seperti di Provinsi Patani, Narathiwat dan Yala.

Dikatakan Abu Jihad, saat ini kejahatan kemanusiaan yang dihadapi negara Muslim setelah Afghanistan dan Irak, adalah Muslim Patani diThailand Selatan. “Patani masuk urutan pembunuh nomor tiga, setelah Afghan dan Irak,” kata Abu Jihad, muslim Patani yang telah beberapa tahun tinggal di Negeri Kincir Angin Belanda.

Dalam maklumatnya, Badan Penerangan Dewan Syuro Pimpinan Pulo (DSPP) menyampaikan kabar terkini di Patani, pada bulan Oktober dan November 20011, terjadi 33 letupan bom di Kota Yala 16 bom di wilayah Narathiwat, dan 9 letupan bom di Kota Patani, masing-masing di lokasi berbeda dengan waktu yang sama. Kemudian di Sungai Golok, sebuah wilayah  perbatasan dengan Kelantan Malaysia, yang menyebabkan 4 warga Malaysia terbunuh dan 45 lainnya cedera. Laporan ini belum termasuk peristiwa harian lainnya, seperti pemerkosaan anak-anak Melayu di bawah umur, dan sebagainya.

Sejak Yingluck Chinawatra menjadi Perdana Menteri (PM) Thailand yang baru (6 Agustus 2011), menggantikan abangnya Thanksin yang telah digulingkan melalui kudeta militer pada tahun 2006, tidak ada perubahan yang berarti untuk membawa stabilitas keamanan di Thailand Selatan menjadi lebih baik.

Buktinya,  pemerintahan darurat militer masih diteruskan, jumlah aparat militer kian bertambah banyak, peristiwa penembakan, pengeboman dan penangkapan terhadap penduduk yang tidak bersalah masih terus terjadi. Belum lagi pelecehan seksual terhadap gadis-gadis dan istri-istri orang Melayu. Untuk menjaga keselamatan diri mereka, kini banyak anak-anak muda antara usia 18-27 tahun yang hijrah mencari perlindungan ke negeri jiran Malaysia, seperti di Perlis, Kedah, Perak dan Kelantan.

Janji-janji manis Partai Phucea Thai terhadap masyarakat Melayu Patani saat kampanye untuk mengurangi jumlah tentara di wilayah-wilayah penduduk Melayu dan akan memberi kerja kepada penduduk setempat, tak lebih hanya isapan jempol belaka.

Catatan Tragedi di Patani

Sejarah mencatat, perjuangan Patani Darussalam tak terpisahkan dari umat Islam di rantau. Wilayah yang pernah berdaulat selama 455 tahun (1457-1902) itu tiba-tiba dihapuskan dari peta dunia. Sungguh kenyataan ini sangat menyakitkan hati umat Islam Patani.

“Sejarah gemilang Patani Darussalam dari 1554-1661 itu dipadamkan begitu saja. Semua orang tahu, Patani Darussalam adalah mutiara Nusantara Islam Melayu yang pernah melahirkan banyak ulama terkenal di rantau ini,” kata Abu Jihad menyesalkan.

Tak dipungkiri, para pejuang Patani Darussalam dijiwai atasa dasar senasib sepenanggungan umat Islam serantau yang berasal dari rumpun yang satu. Sejak perjanjan “durjana” Anglo-Bangkok pada 1902,  Siam menjajah Patani, yang menyebabkan nama Patani Darussalam tidak lagi dipakai hingga saat ini.

Sejarah berdarah, terutama sejak perjuangan As-Syahid KH. Sulung, Major Tenhku Mahmood Mahyiddin, As-Syahid Husain Cik Mansur, Tengku Abdul Jalal dan KH. Syeik Ahmad Daud Al-Fatani serta beberapa pejuang lain, sejarah umat Islam tidak bisa dilupakan dari jiwa umat se-rantau.

Yang memperihatinkan, lanjut Abu Jihad, program asimilasi ke dalam budaya Buddha-Siam dipaksa oleh rezim Phibun Songgram pada 1938 atas warga Melayu atau umat Islam Patani Darussalam, namun umat Muslim Patani tetap mempertahankan hingga kini.

Dalam maklumatnya, Abu Jihad menyebutkan beberapa musibah yang menimpa umat Islam Patani yang ditimbulkan oleh penjajah (imperialis) Siam durjana.

  1. Nama Melayu dihapuskan dan diganti dengan nama Muslim Thai.
  2. Bahasa tulisan Melayu dihapuskan dan dipaksa belajar dan menggunakan bahasa Siam.
  3. Agama Islam tidak diberi kebebasan kepada warga Melayu untuk menjalankannnya.
  4. Harta benda dan segala peternakan dirampas dengan sewenang-wenang.
  5. Membunuh warga Melayu muslim dengan tidak melalui proses pengadilan.
  6. Pengaduan rakyat Melayu atas kezaliman-kezaliman pegawai Siam tidak diindahkan dan dipedulikan.
  7. Pada tahun 1948, telah menempatkan polisi dan militer bersenjata, dan melakukan pembunuhan hingga ratiusan rakyat Melayu Patani menjadi korban syahid, dan banyak sudah harta benda yang diramoas oleh militer Thai.
  8. Anak-anak dan istri umat Islam Melayu diperkosa oleh polisi dan pembesar-pembesar rezim Thailand.
  9. Pemerintahan acapkali memberi hukuman sesuka hati atas warga Melayu.

Sejak peristiwa pembunuhan massal di Masjid Kerisek di Patani dan Takbai di wilayah Menara (2004) dan di Masjid Al-Furqan di wilayah Menara (2009), tidak ada tempat umat islam untuk mengadu.  Kondisi inilah yang membuat gerakan-gerakan Pembebasan Patani Darusalam bangkit untuk melakukan perlawanan hingga detik ini.

Sayangnya, konflik umat Islam Patani tidak mendapat tempat dan perhatian dari dunia internasional, seperti Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), dan lembaga HAM dunia lainnya.

"Kami menyesalkan, tragedy kemanusiaan di beberapa wilayah, mulai dari Narathiwat, Patani hingga Yala, selalu diredam, tak pernah diberitakan dalam media-media lokal di Thailand, Malaysia, bahkan di internasional.  Untuk itu, kami berharap pemerintah dan umat islam di Indonesia turut memberi dukungan terhadap perjuangan masyarakat Muslim Patani,” tandas Abu Jihad. Desastian

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

International Jihad lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X