Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.742 views

43 Tewas dalam Bentrokan antara Mujahidin Ansar Syariah dan Tentara Gadungan di Benghazi

BENGHAZI, LIBYA (voa-islam.com) - Jumlah korban tewas akibat bentrokan di kota  Benghazi timur telah meningkat menjadi 43 dari 19 dan lebih dari 100 orang telah terluka, kata seorang pejabat Departemen Kesehatan hari Sabtu (17/5/2014).

Pertempuran pecah pada hari Jumat antara pasukan militer 'gadungan" dan mujahidin Ansar Syariah.

Warga mengatakan pertempuran mereda pada hari Sabtu, tetapi pemimpin milisi yang mengklaim dirinya "Tentara Nasional" mengatakan perang ini belum selesai.

"Operasi akan berlanjut sampai Benghazi dibersihkan dari teroris (baca mujahid)," Khalifa Haftar, seorang pensiunan jenderal, mengatakan kepada penyiar Libya Awalan.

Juru bicara "Tentara National" Mohammed Al-Hijazi mengatakan Jumat bahwa pertempuran tidak boleh ditafsirkan sebagai perang saudara.

"Ini bukan perang sipil. Ini adalah operasi terhadap kelompok teroris," tambah Hijazi.

Haftar dan Hijazi keduanya berjuang dengan ribuan orang lain selama revolusi "Musim Semi Arab" Libya pada tahun 2010.

Selama pemberontakan yang kemudian berakhir dengan kekalahan Muammar Khadafi dengan bantuan NATO dan pesawat tempur Qatar, para pembelot berjuang bersama Islam dan milisi lainnya.

Banyak dari mereka yang berperang melawan Khadafi telah bergabung dengan pasukan tentara dan polisi yang baru terbentuk tetapi beberapa milisi menolak untuk membubarkan diri, khususnya di Benghazi, kota terbesar kedua Libya di mana pemberontakan terhadap Qaddafi dimulai.

Di antara milisi ini adalah Ansar Syariah, sebuah organisasi yang ditunjuk oleh Amerika Serikat sebagai kelompok teroris, menurut militer.

Ansar Syariah adalah target serangan Haftar pada hari Jumat, menggunakan kekuatan udara dan pasukan darat.

Tentara reguler Libya membantah terlibat dalam bentrokan hari Jumat, dan pemerintah mengutuk operasi itu.

"(Tentara regular) tidak ada hubungannya dengan bentrokan tersebut. Tentara tidak memberikan perintah untuk setiap jenis operasi itu " kata kepala staf angkatan bersenjata Abdessalam Jadallah Al-Salihin di Tripoli.

Tapi Salihin mengakui bahwa beberapa pejabat dan unit dari tentara reguler telah bergabung dengan grup Haftar.

Perdana Menteri Abdullah Al-Thani mengecam pasukan Haftar sebagai "penjahat" dan mengatakan pada konferensi pers di Tripoli bahwa tentara adalah "memegang kendali di lapangan." Dia juga mendesak menahan diri.

Pertempuran mereda pada hari Jumat sore, seorang wartawan AFP mengatakan, sebagai saksi melaporkan bahwa pasukan Haftar itu sedang ditarik kembali.

Lalu lintas udara dihentikan di Benghazi siang hari dan seorang pejabat mengatakan bandara kota akan ditutup selama 24 jam untuk alasan keamanan.

Warga Libya terlihat terbagi tentang pertempuran di Benghazi.

Beberapa percaya bahwa operasi Haftar adalah awal dari sebuah kudeta militer dan tujuannya adalah untuk merebut kekuasaan.

Orang lain melihat dia sebagai orang kuat yang bisa menyingkirkan "ekstremism" Libya, tugas pemerintah pusat telah mampu mencapai meskipun berjanji untuk melakukannya.

Sedikit yang telah dilakukan sejak Tripoli bersumpah pada bulan Maret untuk mengatasi masalah ini secara tegas.

Dihadapkan dengan gelombang pembunuhan dan serangan terhadap pasukan keamanan di timur, para suku dan militer telah bersekutu dengan pasukan Haftar, yang juga didukung oleh pemberontak separatis yang selama berbulan-bulan memblokade lokasi minyak bumi.

Haftar sendiri berasal dari Libya timur. Dia membelot dari pasukan Khadafi pada akhir tahun 1980 dan menghabiskan hampir dua dekade di Amerika Serikat.

Dia kembali ke negara Afrika Utara itu setelah Musim Semi Arab menyapu ke arah timur dari Tunisia untuk bergabung dengan pemberontakan.

Karena latar belakangnya, dia secara teratur dituduh dibayar orang Amerika. (by/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X