Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
14.716 views

Milisi Kristen Bantai Umat Muslim di Republik Afrika Tengah

BANGUI, AFRIKA TENGAH (voa-islam.com) - Ketika jari-jari Barat dan medianya selalu menunjuk mantan pemberontak Muslim, Seleka, sebagai penyebab utama kekacauan dan pembantaian di di Republik Afrika Tengah (CAR), laporan tentang jumlah korban tewas dari umat Islam akibat pembantaian dan perubuatan-perbuatan keji lainnya yang dilakukan milisi Kristen anti-Balaka di negara yang dilanda kekerasan sekterian tersebut jarang atau bahkan tidak pernah dimuat media internasional.

Masjid-masjid yang dihancurkan, keluarga yang disembelih atau dievakuasi adalah beberapa laporan langka tentang kekejaman milisi Kristen anti-Muslim yang mendapat tempat di media internasional, ketika mereka melaporkan kerusuhan di Afrika Tengah Republik.

"Wanita, anak-anak, bahkan wanita hamil dibantai oleh milisi Kristen anti-Balaka," Yahiya Abu Bakar, ketua komite yang mengawasi masjid lokal di Bangui, mengatakan Badan Anadolu (AA) pada hari Kamis (19/12/2013).

Kesaksian tentang kekejaman yang dilakukan oleh milisi Kristen anti-Balaka terhadap komunitas Muslim CAR jarang diberitakan media internasional.

Bashir, seorang Muslim 48 tahun yang tinggal di distrik mayoritas Kristen di Fouh di Bangui, adalah salah satu saksi mata dari kebrutalan pembantaian besar-besaran milisi anti-Muslim yang merobek melalui wilayah tersebut awal Desember lalu.

"Ketika masalah dimulai, milisi Kristen anti-Balaka menyerang umat Islam di daerah itu," kata Bashir.

"Masjid lokal dihancurkan, seperti rumah saya."

Penduduk 48 tahun tersebut menjelaskan bagaimana adiknya dan tiga lainnya tewas tanpa ampun sebelum mereka bisa melarikan diri menyelamatkan nyawa mereka.

"Parang menghantam dia di sisi leher" katanya .

"Ada begitu banyak orang - bukan hanya milisi Kristen anti-Balaka, tetapi orang-orang Kristen dari seluruh wilayah," tambah Bashir.

Penderitaan yang sama diceritakan oleh Abu Bakar, ketua masjid Bangui, yang menegaskan bahwa lebih dari 108 Muslim dari wilayah tersebut telah tewas dalam kekerasan baru-baru ini.

Abu Bakar juga mengatakan bahwa para penyerang memutilasi korban Muslim dan mayat-mayat mereka.

"Milisi Kristen anti-Balaka memotong anggota badan orang-orang Muslim," katanya.

"Saya juga melihat mayat yang dipotong alat kelamin mereka.

"Kami melakukan shalat jenazah di sini, jadi aku tahu tentang luka yang diderita oleh orang-orang yang tewas," tambahnya.

Muslim inginkan perdamaian

Republik Afrika Tengah, negara berpenduduk hampir lima juta orang, sebagian besar Kristen, dengan sekitar 15 persen Muslim yang terkonsentrasi di utara di mana pemberontakan dimulai.

Agama-agama yang berbeda selalu hidup berdampingan secara damai dan para pemimpin dari kedua belah pihak telah mendesak masyarakat untuk tidak membingungkan fakta bahwa ada seorang pemimpin Muslim, dengan "Islamisasi" negara.

Meskipun kesengsaraan yang dirasakan saat ini, umat Islam di negara Afrika telah menegaskan harapan mereka memulihkan perdamaian di negara mereka satu hari, di mana umat Islam dan Kristen hidup dalam harmoni selama beberapa dekade.

"Kami siap untuk panggilan itu, tetapi milisi Kristen anti-Balaka adalah orang-orang yang melakukan provokasi dengan membunuhi muslim dan menghancurkan masjid-masjid." katanya menegaskan. (st/oi)

Ket: Umat Muslim tengah dievakuasi oleh aparat keamaanan CAR

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X