Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.330 views

Saudi, UEA dan Bahrain Tarik Dubesnya dari Qatar

TELUK (voa-islam.com) - Arab Saudi, Uni Emirat Arab ( UEA ) dan Bahrain mengatakan pada hari Rabu (5/3/2014) mereka menarik duta besar mereka dari Doha Qatar karena tidak menerapkan kesepakatan di antara negara-negara Teluk Arab yaitu tidak ikut campur dalam urusan internal satu sama lain.

Langkah itu, disampaikan dalam pernyataan bersama oleh tiga negara, belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah tiga dekade Dewan Kerjasama Teluk (GCC), sebuah aliansi pro-Barat terdiri dari Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Qatar, UEA dan Oman.

Qatar yang menjadi eksentrik di wilayah konservatif monarki turun-temurun Teluk, mendukung kelompok-kelompok Islam di Mesir, Suriah dan tempat lain di Timur Tengah dan telah dipandang dengan kecurigaan atau permusuhan langsung oleh beberapa dari sesama anggota GCC.

Arab Saudi dan UEA marah besar terutama atas dukungan Qatar untuk Ikhwanul Muslimin, sebuah gerakan Islam yang ideologi politiknya menantang prinsip  pemerintahan dinasti, dan juga dengan menjadi tuan rumah untuk pemimpin spiritual IM Yusuf Qaradawi.

Pernyataan itu mengatakan para anggota GCC telah menandatangani perjanjian pada tanggal 23 November tidak mendukung "siapa pun yang mengancam keamanan dan stabilitas GCC baik sebagai kelompok atau individu - melalui kerja keamanan langsung atau melalui pengaruh politik, dan tidak untuk mendukung media yang bermusuhan".

Para pejabat Arab Saudi dan Teluk lainnya juga sering mengeluh secara pribadi tentang stasiun televisi al Jazeera Qatar, yang mereka lihat sebagai secara terbuka mendukung Ikhwan dan mengkritisi pemerintah mereka. Al Jazeera mengatakan mereka adalah layanan berita independen yang memberikan suara kepada semua orang di wilayah tersebut.

Pernyataan Saudi-UAE-Bahrain mengatakan para menteri luar negeri GCC bertemu di Riyadh pada Selasa untuk mencoba membujuk Qatar untuk mengimplementasikan perjanjian tersebut.

"Namun sayangnya, upaya ini tidak menghasilkan kata sepakat dari Qatar untuk mematuhi langkah-langkah ini, yang mendorong tiga negara untuk memulai apa yang mereka lihat sebagai hal diperlukan, untuk melindungi keamanan dan stabilitas, dengan menarik duta besar mereka dari Qatar mulai dari hari ini, 5 Maret 2014," kata pernyataan itu.

Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan akan merespon nanti.

Sebuah sumber yang dekat dengan pemerintah Saudi mengatakan tekanan pada Qatar akan berlanjut sampai itu membuat langkah-langkah nyata untuk mengubah kebijakannya. "Mereka harus mengalihkan posisi mereka dalam banyak hal dan kami sedang menunggu tanda-tanda nyata ini, bukan hanya bicara."

Seorang sumber diplomatik Teluk mengatakan : "Kami berharap Qatar untuk bereaksi terhadap apa yang baru saja terjadi dan menarik diri dari kebijakan dan ide-ide yang telah mengisolasi mereka sebagai sebuah negara. Sebagai manusia kita sangat bersaudara satu sama lain dan kita tidak ingin hal-hal menjadi meningkat."

Qatar telah memainkan peran berat dalam mempromosikan protes Musim Semi Arab terhadap pemerintahan otoriter, mengatakan negara itu telah berdiri secara konsisten dengan orang Arab biasa yang melawan penindasan. Negara ini telah berupaya untuk meningkatkan profil internasional melalui dorongan investasi global, peluncuran al Jazeera tahun 1990-an dan menjadi tuan rumah turnamen sepak bola Piala Dunia tahun 2022. (by/Reuters)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X