Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.930 views

Saadi Kadhafi Rilis Video Permintaan Maaf kepada Rakyat Libya

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Anak mantan diktator Libya Muammar Kadhafi, Saadi telah meminta pengampunan warga Libya dalam sebuah wawancara yang dirilis oleh otoritas penjara tiga pekan setelah ekstradisinya dari negara tetangga Niger.

Rekaman wawancara itu, yang disiarkan oleh televisi negara Kamis (26/3/2014) malam, difilmkan oleh sipir di penjara ibukota Al-Hadba, di mana Saadi dan beberapa tokoh rezim Kadhafi lainnya sedang ditahan, dengan izin dari kepala jaksa, kata sang penyiar.

Saadi, yang diekstradisi untuk menghadapi serangkaian tuduhan termasuk "kejahatan untuk menjaga ayahnya tetap berkuasa" sebelum digulingkan dalam revolusi tahun 2011, meminta "pengampunan rakyat dan pemerintah Libya."

Dia mengakui bahwa ia berada di balik "tindakan destabilisasi terhadap negara itu," tuduhan yang sama berulang kali dilontarkan terhadap dirinya oleh otoritas Libya dalam kampanye panjang untuk ekstradisi Saadi dari Niger.

Saadi, yang ekstradisinya telah sangat ditentang oleh kelompok-kelompok hak asasi manusia karena khawatir bahwa ia mungkin menghadapi penyiksaan di penjara, mengatakan ia telah diperlakukan dengan baik oleh sipir penjara.

"Saya ingin meyakinkan keluarga saya," kata Saadi di depan kamera, menambahkan bahwa ia berbicara pada Kamis malam.

"Saya baik-baik, saya dalam kesehatan yang baik dan saya diperlakukan dengan sangat baik," katanya.

Saadi paling dikenal sebagai kepala federasi sepakbola Libya dan pemain sepakbola profesional divisi teratas Italia .

Pria berusia 40 tahun itu telah bersembunyi sejak melarikan diri dalam konvoi ke Niger di selatan padang pasir Libya pada bulan September 2011.

Setelah gantung sepatu dari sepak bola, Saadi menempa karir militer dan mengepalai sebuah satuan elit.

Beberapa hari setelah pemberontakan dimulai di kota timur Benghazi, ia muncul di sisi ayahnya dalam seragam militer dengan senapan serbu Kalashnikov tersandang di bahunya.

Tidak seperti saudara-saudaranya, bagaimanapun tidak ada informasi yang muncul dia bertempur di garis depan selama revolusi bersenjata delapan bulan di Libya.

Saudara Saadi, Saif Al Islam, tangan kanan dan pewaris tahta Kadhafi, juga ditahan di Libya menunggu pengadilan atas tuduhan yang lebih serius yang mendorong Pengadilan Kriminal Internasional untuk mengeluarkan surat penangkapan untuk tersangka kejahatan perang.

Interpol telah mengeluarkan Red Notice untuk Saadi, untuk dugaan "menggelapkan properti melalui paksaan dan intimidasi bersenjata ketika ia mengapalai Federasi Sepakbola Libya".

Libya telah berulang kali menyerukan ekstradisi Saadi dari Niger, yang telah memberinya suaka dengan alasan "kemanusiaan" mengatakan negara itu menjamin ia akan menjalani pengadilan yang adil.

Niger mengatakan Saadi Kadhafi diserahkan awal bulan ini, karena tidak lagi merasa dia akan menghadapi risiko pembunuhan di luar hukum, dan karena negara itu ingin memperbaiki hubungan dengan Libya. (by/gn)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

World News lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X