Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.218 views

Kemaksiatan Terbesar Adalah Kufur Kepada Allah

Sesungguhnya dosa kemaksiatan terbesar adalah kufur kepada Allah Ta'ala. Tidak ada dosa lain yang lebih berat dari ini. Sedangkan kedudukan orang kafir di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala adalah kedudukan paling rendah dan hina. Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Kalau saja dunia (nilainya) di sisi Allah menyamai satu sayap nyamuk, maka Allah tidak akan memberikan minum kepada orang kafir di dunia ini, walau hanya seteguk saja.” (H.R. Tirmidzi, no. 2242, dan beliau menshahihkannya)

Karena itulah, sebagai bentuk rahmat Allah kepada hamba-Nya, Dia mewajibkan iman kepada mereka dan memperingatkan mereka akan kekufuran dan akibat buruknya. Dia juga menjelaskan dengan gamblang akan adanya adzab abadi yang akan dirasakan orang kafir kelak. Peringatan terhadap kekufuran ini bukan saja berlaku bagi orang kafir saja, tapi juga bagi orang Islam. Karena itulah Syariat menjelaskan sebab-sebab kekafiran dan murtad dari Islam sehingga seorang muslim mewaspadainya dan menjaga agamanya yang merupakan kekayaan termahalnya.

Syariat menjelaskan bahwa sebab kekufuran yang paling besar dan berbahaya adalah kufur juhud (menentang) dan ingkar, seperti kufurnya orang-orang atheis yang meniadakan wujud Allah Ta'ala. Mereka berkata, "Tidak ada Tuhan, sementara kehidupan hanya materi." Mereka tidak mengakui adanya pencipta dan tidak beriman kepada Tuhan apapun. Hidup menurut pandangan mereka adalah mesin yang bergerak dan berputar. Di tengah-tengah perputarannya itu akan binasa orang yang binasa dan kekal beberapa orang lainnya sampai waktu tertentu sehingga datang perputaran roda kematian lalu matilah ia. Mereka memahami hidup sebatas mesin tuli tanpa ruh di dalamnya. Mereka menganggap manusia seperti itu, karenanya mereka menganggap bodoh orang yang beragama dan mencari tuhan untuk disembah. Sebuah kesimpulan yang bertentangan dengan akal dan nurani. Mereka menganggap diri mereka ada dari sesuatu yang tidak ada. Dibuat tanpa ada yang membuat. Mereka mengira semua itu sebagai suatu kebetulan semata. Mereka berada dalam kesimpulan yang tidak masuk akal. Padahal anak kecilpun tahu, adanya sesuatu pasti ada yang mengadakan. Barang yang dibuat pasti ada yang membuatnya. Sesungguhnya letong (kotoran kerbau) menunjukkan adanya kerbau, bekas tapak kaki menunjukkan adanya orang yang lewat, dan semua makhluk yang dengan ketetapannya masing-masing dan keteraturannya menunjukkan adanya Dzat Yang Maha Mengatahui dan Maha Bijaksana, yaitu Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Di antara macam kufur juhud (menentang) dan inkar adalah mendustakan perkara pokok dari dien. Maksudnya sesuatu pokok dari urusan agama didustakan. Seperti orang yang mengingkari wajibnya shalat, puasa Ramadlan, wajibnya zakat, wajibnya jihad dan semisalnya tanpa adanya udzur syar'i, maka dia telah kafir karena telah mendustakan Al-Qur'an yang telah menfardlukan dan mewajibkan semua itu.

. . . orang yang mengingkari wajibnya shalat, puasa Ramadlan, wajibnya zakat, wajibnya jihad dan semisalnya tanpa adanya udzur syar'i, maka dia telah kafir . . .

Para ulama Islam telah sepakat bahwa semua itu, tidak ada perbedaan pendapat di kalangan mereka. Al-Qadli 'Iyadl berkata, " . . . Dan begitu juga kita memastikan kafirnya setiap orang yang mendustakan dan mengingkari satu kaidah dari kaidah-kaidah syar'i dan apa yang disebutkan secara mutawatir, seperti orang yang mengingkari wajibnya shalat lima waktu." (Al-Syifa': 2/1073)

Dan di antara sebab terjadinya kekafiran adalah mencela sesuatu yang diagungkan dalam Islam dan merendahkannya seperti menceka Allah 'Azza wa Jalla, mencela Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wasallam, mencela para malaikat yang mulia, atau mengingjak-injak mushaf dan membuangnya ke tempat sampah. Semua ini menyebabkan kekafiran. Al-Qadli Iyadh berkata, "Ketahuilah siapa yang meremehkan Al-Qur'an atau mushaf atau sesuatu darinya, atau mencela kedunya . . . maka mereka telah kafir menurut para ulama." (Al-Syifa': 2/1101)

Termasuk kekufuran: mencela sesuatu yang diagungkan dalam Islam dan merendahkannya seperti menceka Allah 'Azza wa Jalla, mencela Rasul-Nya shallallahu 'alaihi wasallam, mencela para malaikat yang mulia, atau mengingjak-injak mushaf dan membuangnya ke tempat sampah.

Di antara sebab kekafiran lainnya adalah meragukan terhadap satu hukum dari hukum-hukum Allah Ta'ala, ragu terhadap kebenaran dari syariat-syariat-Nya walau satu saja, atau ragu terhadap salah satu yang telah Allah beritakan. Seperti orang yang ragu adanya hari kebangkitan, dikumpulkan di padang mahsyar, ragu terhadap surga dan neraka, atau ragu terhadap wajibnya perintah shalat, puasa, haji, dan zakat. Semua ini wajib diyakini oleh seorang mukmin dengan pasti, mantap, tanpa keraguan. Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memuji imannya orang yakin yang keyakinanya tidak tercampuri oleh keraguan,

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آَمَنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أُولَئِكَ هُمُ الصَّادِقُونَ

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah, mereka itulah orang-orang yang benar." (QS. Al-Hujurat: 15)

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Aku bersaksi tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali Allah dan sesungguhnya aku adalah Rasulullah (utusan Allah), tidaklah seorang hamba bertemu Allah dengan (meyakini) keduanya tanpa ragu terhadap kedunya, melainkan dia pasti masuk surga." (HR. Muslim)

Mencela salah satu syariat Islam juga termasuk sebab kekafiran. Allah Ta'ala berfirman,

وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ قُلْ أَبِاللَّهِ وَآَيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ  لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ

"Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan menjawab: "Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja". Katakanlah: "Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?" Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman." (QS. Al-Taubah: 65-66)

Syaikhul Islam Ibnu Tiamiyah rahimahullah berkata dalam kitabnya al-Shaarim al-Masluul 'alaa Syaatim al-Rasuul, "Ini merupakan satu nash bahwa menghina Allah, ayat-ayat-Nya, dan Rasul-Nya adalah kekufuran." Maka wajib bagi seorang mukmin untuk mewaspadai perkara-perkara yang berbahaya ini. Barangsiapa yang ingin bercanda janganlah mencandai agamanya. Dan barangsiapa yang ingin bermain-main maka janganlah dia menjadikan agamanya sebagai bahan mainan.

Inilah beberapa bentuk kekufuran yang meliputi ucapan lisan, keyakinan hati, dan amalan anggota badan. Segala macam bentuk kekufuran pada dasarnya adalah buruk, karena termasuk bentuk penentangan terhadap pencipta, Allah Ta'ala. Karena itulah, salah satu sifat Hikmah Allah Ta'ala, Dia menjadikan sanksi yang sangat berat terhadap kekufuran, bahkan paling dahsyat. Allah mengharamkan surga bagi orang yang kafir, menjadikannya kekal di dalam neraka selama-lamanya, mengharamkan bagi orang kafir untuk mendapatkan ampunan dari-Nya, mengharamkan pemilik hak syafaat untuk menolongnya. Semua itu puncak dari macam sanksi karena dosanya tersebut sudah sampai pada puncak keburukan. (PurWD/voa-islam.com)

Oleh: Badrul Tamam

Tulisan Terkait:

1. Musibah Besar! Muslimah Murtad Supaya Dinikahi Pemuda Kafir

2. Iman Sebagai Syarat Sah dan Diterimanya Ibadah

3. Murtad Membatalkan Iman

4. Hukum Menghina Agama

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Perut Membesar Sakit Usus dan Sulit BAB, Ulwan Ghazi Harus Dioperasi. Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan kelainan usus, Ulwan harus menghabiskan masa kanak-kanak dengan rintih tangis hingga 4 tahun. Butuh biaya operasi, sang ibu hanya penjual kerupuk....

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Hidup Sebatang Kara, Nenek Mailah Tinggal di Kandang Domba. Ayo Bantu.!!

Di usia 63 tahun saat tubuhnya renta sakit-sakitan, ia hidup sebatang kara. Memasuki musim hujan, rumahnya porak-poranda diterjang puting beliung. Ia terpaksa tinggal di kandang Domba tetangganya....

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Terbentur Dana, Santri Hafiz Qur'an Terancam Batal Kuliah ke Luar Negeri. Ayo Bantu.!!

Hilmi Priyatama, santri juara penghafal Qur'an 30 juz ini lulus beasiswa di Universitas Internasional Afrika Sudan. Namun ia terancam batal berangkat karena terkendala biaya transport, pemberkasan...

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Mushalla Annur Garut Sudah Rampung 60 Persen, Masih Dibutuhkan Dana 20 Juta Lagi, Ayo Bantu.!!

Pembangunan mushalla sudah rampung 60 persen dari pondasi hingga kubah. Masih kekurangan dana 20 juta rupiah untuk finishing agar berfungsi sebagai pusat ibadah, pembinaan aqidah, markas dakwah...

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Korsleting Listrik, Pesantren Nurul Hidayah Banten Ludes Terbakar, Ayo Bantu.!!!

Musibah kebakaran menghanguskan kamar santri, mushaf Al-Qur'an, kitab kuning, pakaian, alat tulis dsb. Diperlukan dana 25 juta rupiah untuk membangun asrama santri berupa rumah panggung dari...

Latest News
Menyesal Hancurkan Masjid Babri, Pria Hindu Masuk Islam dan Bangun 90 Masjid untuk Tebus Kesalahan

Menyesal Hancurkan Masjid Babri, Pria Hindu Masuk Islam dan Bangun 90 Masjid untuk Tebus Kesalahan

Selasa, 10 Dec 2019 21:45

Italia Kirim Tim Ahli Bedah Jantung Pediatrik ke Jalur Gaza yang Diduduki

Italia Kirim Tim Ahli Bedah Jantung Pediatrik ke Jalur Gaza yang Diduduki

Selasa, 10 Dec 2019 21:20

Erdogan: Tentara Turki Dapat Dikerahkan ke Libya Jika Diminta

Erdogan: Tentara Turki Dapat Dikerahkan ke Libya Jika Diminta

Selasa, 10 Dec 2019 21:06

Amir Qatar Tidak Akan Hadiri KTT Dewan Kerjasama Teluk di Saudi

Amir Qatar Tidak Akan Hadiri KTT Dewan Kerjasama Teluk di Saudi

Selasa, 10 Dec 2019 17:57

Wanprestasi, BUNDA ELIS Pemilik Kripik Krispy Yammy Babeh dicari

Wanprestasi, BUNDA ELIS Pemilik Kripik Krispy Yammy Babeh dicari

Selasa, 10 Dec 2019 14:56

Sebanyak 42 Kader Masuk Bursa Caketum KAMMI

Sebanyak 42 Kader Masuk Bursa Caketum KAMMI

Selasa, 10 Dec 2019 12:23

Reuni 212, Konsolidasi Umat atau Parade Pidato?

Reuni 212, Konsolidasi Umat atau Parade Pidato?

Selasa, 10 Dec 2019 11:00

Rizal Ramli: 74 Tahun Merdeka, Banyak yang Mengabdi dengan Cara Menjilat

Rizal Ramli: 74 Tahun Merdeka, Banyak yang Mengabdi dengan Cara Menjilat

Selasa, 10 Dec 2019 10:24

Mustahil Menghapus Jejak Khilafah di Nusantara

Mustahil Menghapus Jejak Khilafah di Nusantara

Selasa, 10 Dec 2019 09:46

Miris! Seksual Diliberalisasi di Rezim Korporatokrasi

Miris! Seksual Diliberalisasi di Rezim Korporatokrasi

Selasa, 10 Dec 2019 09:39

Sikap Umat Islam terhadap Hari Raya Nonmuslim Menurut Ulama Madzhab Syafii

Sikap Umat Islam terhadap Hari Raya Nonmuslim Menurut Ulama Madzhab Syafii

Selasa, 10 Dec 2019 06:20

Apresiasi Repatriasi 977 WNI, Mufida Minta Pekerja Migran Diberdayakan

Apresiasi Repatriasi 977 WNI, Mufida Minta Pekerja Migran Diberdayakan

Selasa, 10 Dec 2019 05:46

Solusi Menuju Bebas HIV/ AIDS tahun 2030, Mungkinkah?

Solusi Menuju Bebas HIV/ AIDS tahun 2030, Mungkinkah?

Senin, 09 Dec 2019 22:28

Antara Hallyu (Korean Wave) dan Halu, yang Manakah Kamu?

Antara Hallyu (Korean Wave) dan Halu, yang Manakah Kamu?

Senin, 09 Dec 2019 22:12

Ilusi Pemberantasan Pornografi dan Pornoaksi

Ilusi Pemberantasan Pornografi dan Pornoaksi

Senin, 09 Dec 2019 20:18

Pemberantasan Korupsi Jadi Kunci Indonesia Menuju Negara Maju 2045

Pemberantasan Korupsi Jadi Kunci Indonesia Menuju Negara Maju 2045

Senin, 09 Dec 2019 17:56

Laporan: Lebih Seperempat Warga Israel Hidup dalam Kemiskinan

Laporan: Lebih Seperempat Warga Israel Hidup dalam Kemiskinan

Senin, 09 Dec 2019 17:30

Seratus Finalis Olimpiade Halal 2019 Ikuti Ujian Serentak

Seratus Finalis Olimpiade Halal 2019 Ikuti Ujian Serentak

Senin, 09 Dec 2019 16:55

Anggota Senat AS Serukan Penangguh Program Pelatihan untuk Saudi Setelah Penembakan di Pensacola

Anggota Senat AS Serukan Penangguh Program Pelatihan untuk Saudi Setelah Penembakan di Pensacola

Senin, 09 Dec 2019 16:30

Pemerintah Tunda Peluncuran Kartu Pra Kerja, HNW Singgung Pemindahan Ibu Kota

Pemerintah Tunda Peluncuran Kartu Pra Kerja, HNW Singgung Pemindahan Ibu Kota

Senin, 09 Dec 2019 15:59


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X