Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.588 views

Ucapan Terakhir Laa Ilaaha Ilaaha Illallah Pasti Masuk Surga

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulullah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Beruntunglah orang yang mengenal Allah bahwa Dia tuhan yang berhak diibadahi kecuali hanya Dia semata. Inilah nikmat teragung yang Allah anugerahkan kepada hamba-Nya.

Sufyan bin Uyainah rahimahullah berkata,

ما أنعم الله على عبد من العباد نعمة أعظم من أن عرَّفهم "لا إله إلا الله

Tidaklah Allah memberikan nikmat kepada seorang hamba dari para hamba-Nya yang lebih agung daripada Dia kenalkan kepadanya Laa Ilaaha Illallaah (Tiada tuhan selain Allah).” (Kalimat Ikhlash, Ibnu Rajab: 52)

Adapun seseorang yang meninggal dunia dalam kondisi mengenal tauhid maka ia akan masuk surga.

Dari Utsman Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersadba,

مَنْ مَاتَ وَهُوَ يَعْلَمُ أَنَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Siapa meninggal dunia sementara dia mengetahu bahwa tiada tuhan yang berhak diibadahi kecuali Allah pasti masuk surga.” (HR. Muslim)

Dalam haidts lain,

مَا مِنْ عَبْدٍ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ ثُم مَاتَ عَلَى ذَلِكَ إِلَّا دَخَلَ الْجَنة

Tidaklah seorang hamba mengucapkan Laa Illa Illallah kemudian ia meninggal dunia di atas ucapan itu kecuali pasti masuk surga.” (HR. Al-Bukhari dari Abu Dzar Radhiyallahu 'Anhu)

Dari Mu’ad bin Jabal Radhiyallahu 'Anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

مَنْ كَانَ آخِرُ كَلَامِهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Barangsiapa yang ucapan terakhirnya Laa Ilaaha Illallaah pasti masuk surga.” (HR. Abu Dawud, dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Miyhkah al-Mashabiih: 1/509)

Dalam hadits ini, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menerangkan keutamaan kalimat tauhid “لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ”. Bahwa siapa yang akhir ucapannya di dunia ini adalah لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُmaka ia akan masuk surga.

Dianjurkanbagi seseorang untuk menjadikan kalimat ini sebagai ucapan terakhirnya saat mengalami kondisi genting yang ‘berujung’ kematian -semisal para penumpang Lion Air JT 610 saat detik-detik jatuhnya pesawat-. Juga pada tempat-tempat yang dikhawatirkan dirinya akan meninggal seperti saat akan tidur.

Jangan dipahami bahwa kalimat ini pasti menetralkan seluruh kedzalimannya; baik kepada dirinya (maksiat-maksiatnya) atau kepada orang lain. Bahwa orang meninggal dengan membawa kalimat ini pasti akan masuk surga setelah diputuskan urusan di antara hamba dan setelah dibayarkan hak-hak orang yang didzalimi.

Karenanya seorang muslim dianjurkan untuk menjaga ucapan lisannya dari ucapan batil. Lisannya dibiasakan mengucapkan kalimat yang baik. Demikian pula perbuatannya; berusaha melakukan perbuatan baik dan menjauhi perbuatan buruk.  Di antaranya senantiasa berdzikir dengan kalimat ini sehingga Allah memberi taufiq kepadanya untuk mengucapkan kalimat ini saat wafatnya.

Al-‘Allamah al-Shan’ani rahimahullah berkata,

ولا يوفق لقولها إلا من كانت أعماله صالحة من قبل ذلك

Tidak akan mendapat taufiq untuk mengucapkannya (Laa Ilaaha Illallaah) kecuali orang yang perbuatannya adalah amal-amal shalih sebelum itu.” (Syarh al-Jaami’ al-Shaghiir: 10/367)

[Baca: Kalimat Dzikir Paling Utama ''Laa Ilaaha Illallaah'']

Anjuran Mentalqin dengan لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ

Dianjurkan mentalqin orang yang akan meninggal dengan ucapan لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ agar kalimat ini menjadi kalimat terakhir yang diucapkannya. Dengan sebab ini ia akan mendapatkan keberuntungan besar dan kabar gembira yang agung ini.

Diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda,

لَقِّنُوا مَوْتَاكُمْ لا إِلَهَ إِلا اللَّهُ

“Talqinlah orang meninggalkan kalian dengan Laa Ilaaha Illallaah.” (HR. Muslim)

Syaikh al-Albani rahimahullah berkata,

والمراد بـ (موتاكم) من حضره الموت، لأنه لا يزال في دار التكليف، ومن الممكن أن يستفيد من تلقينه فيتذكر الشهادة ويقولها، فيكون من أهل الجنة

Maksud (مَوْتَاكُمْ) adalah orang yang akan meninggal dunia, karena ia masih berada dalam masa taklif. Mungkin saja ia mengambil manfaat dari talqinnya itu sehingga ia teringat syahadat dan mengucapkannya sehingga ia manjadi penghuni surga.” (Silsilah al-Ahadits al-Shahihah: 1/838)

Imam al-Anawawi RA, berkata:

مَنْ كَانَ آخِرُ كَلَامِهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ دَخَلَ الْجَنَّةَ وَالْأَمْرُ بِهَذَا التَّلْقِينِ أَمْرُ نَدْبٍ وَأَجْمَعَ الْعُلَمَاءُ عَلَى هَذَا التَّلْقِينِ وَكَرِهُوا الْإِكْثَارَ عَلَيْهِ وَالْمُوَالَاةَ لِئَلَّا يَضْجَرَ بِضِيقِ حَالِهِ وَشِدَّةِ كَرْبِهِ فَيَكْرَهُ ذَلِكَ بِقَلْبِهِ وَيَتَكَلَّمُ بِمَا لَا يَلِيقُ قَالُوا وَإِذَا قَالَهُ مَرَّةً لَا يُكَرِّرُ عَلَيْهِ إِلَّا أَنْ يَتَكَلَّمَ بَعْدَهُ بِكَلَامٍ آخَرَ فَيُعَادُ التَّعْرِيضُ بِهِ لِيَكُونَ آخِرَ كَلَامِهِ

“Siapa yang akhir ucapannya Laa Ilaaha Illallaah pasti masuk surga. Perintah talqin ini adalah perintah Sunnah. Para ulama berijma’ atas talqin ini. Mereka tidak menyukai untuk menambah banyak kalimat talqin dan berulang-ulang agar tidak memberatkan dirinya yang dalam kondisi sulit dan rasa sakitnya yang sangat berat sehingga hatinya tidak menyukai talqin itu dan berucap dengan ucapan yang tidak layak. Mereka berkata: apabila ia mengucapkannya sekali maka tidak diulang-ulang padanya kecuali ia berbicara dengan ucapan lain sehingga diulangi talqin sehingga ucapan itu menjadi akhir ucapannya.” (Syarh Nawawi ‘Ala Muslim: 6/219)

JIka ia seorang muslim maka cukup ditalqin dengan ucapan Laa Ilaaha Illallaah tanpa menambahkan syahadat Muhammad Rasulullaah. Berbeda jika ia orang kafir, maka harus dengan ucapan syahadat yang sempurna.

Bagi yang masuk Islam dengan mengucapkan syahadat tauhid lalu meninggal dunia saat itu juga, padahal belum beramal shalih sedikitpun selain syahadat tadi, maka ia berhak masuk surga.

[Baca: Benci Kalimat Tauhid Batalkan Iman]

Sesungguhnya surga itu disediakan bagi orang-orang yang bertauhid. Siapa yang meninggal tanpa membawa tauhid maka tidak ada tempat baginya di surga, sebanyak apapun amal baiknya. Wallahu A’lam. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Aqidah lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Terpapar Virus, Bayi Khatthab Kritis 13 Hari di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!

Terpapar Virus, Bayi Khatthab Kritis 13 Hari di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!

Tergolek kritis di rumah sakit karena terpapar virus yang menjalar ke otak, biaya perawatan 13 hari sudah mencapai 28 juta. Kedua orang tuanya adalah aktivis pejuang dakwah berekonomi dhuafa,...

IDC Serahkan Motor kepada Dai Gunung Lawu. Ayo Wakaf Motor Dakwah

IDC Serahkan Motor kepada Dai Gunung Lawu. Ayo Wakaf Motor Dakwah

Beratnya tugas dai pedalaman di Gunung Lawu. Jarak tempuh dan medan pedalaman sering kali harus membelah hutan, naik turun bukit, jalan berkelok, aspal rusak dan tanah becek. Ayo Wakaf Motor...

Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an Dirawat Inap Sakit Typus. Ayo Bantu.!!

Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an Dirawat Inap Sakit Typus. Ayo Bantu.!!

Tanpa didampingi ibu dan ayah yang sudah wafat, Muhammad Zulfian harus berjuang melawan penyakit typus saat mengejar cita-cita di Rumah Tahfizh Al-Qur'an Sidoarjo, Jawa Timur...

Mujahid Dakwah di Pelosok Sidokerto Menderita Gagal Ginjal. Ayo Bantu..!!

Mujahid Dakwah di Pelosok Sidokerto Menderita Gagal Ginjal. Ayo Bantu..!!

Uzur gagal ginjal, Ustadz Darmanto tak bisa berdakwah dan mencari nafkah. Untuk menutupi biaya berobat dan pesantren anak-anaknya sebesar 3,5 juta perbulan, ia mengandalkan gaji istri guru TK...

Warga Bugel Polokarto Butuh Dakwah, Ayo Bantu Wakaf Quran dan Perangkat Taklim

Warga Bugel Polokarto Butuh Dakwah, Ayo Bantu Wakaf Quran dan Perangkat Taklim

Warga di pelosok Polokarto Sukoharjo yang masih minim dakwah ini sangat haus terhadap pengajian dan pembinaan Dinul Islam. Ayo bantu wakaf, pahalanya terus mengalir berlipat-lipat tak terbatas...

Latest News
Saham 54 Industri Ini Bisa Dikuasai Asing 100 Persen, Ini Reaksi Ekonom

Saham 54 Industri Ini Bisa Dikuasai Asing 100 Persen, Ini Reaksi Ekonom

Senin, 19 Nov 2018 10:37

Kuwait Usir Bloger Kontroversial Israel Ben Tzion

Kuwait Usir Bloger Kontroversial Israel Ben Tzion

Senin, 19 Nov 2018 10:05

Taliban Adakan Pembicaraan Dengan Utusan AS di Qatar

Taliban Adakan Pembicaraan Dengan Utusan AS di Qatar

Senin, 19 Nov 2018 09:00

Catatan Ibu Rumah Tangga: Tolak Perda Agama, PSI Tak Demokratis?

Catatan Ibu Rumah Tangga: Tolak Perda Agama, PSI Tak Demokratis?

Ahad, 18 Nov 2018 23:57

Said Aqil Siradj Tak Sependapat dengan Pernyataan Ketua Umum PSI Terkait Perda Agama

Said Aqil Siradj Tak Sependapat dengan Pernyataan Ketua Umum PSI Terkait Perda Agama

Ahad, 18 Nov 2018 21:54

Seorang Pembom Jibaku Wanita Ledakkan Diri Dekat Kantor Polisi Grozny Chechnya

Seorang Pembom Jibaku Wanita Ledakkan Diri Dekat Kantor Polisi Grozny Chechnya

Ahad, 18 Nov 2018 21:30

Serangan Jihadis Suriah Tewaskan 18 Tentara Rezim Assad di Latakia

Serangan Jihadis Suriah Tewaskan 18 Tentara Rezim Assad di Latakia

Ahad, 18 Nov 2018 21:00

Sumber Israel Akui Hamas Miliki Rudal Pengubah Permainan yang dapat Mencapai Israel dengan Mudah

Sumber Israel Akui Hamas Miliki Rudal Pengubah Permainan yang dapat Mencapai Israel dengan Mudah

Ahad, 18 Nov 2018 20:35

Pembalut untuk Nge-fly, Situ Remaja Sehat?

Pembalut untuk Nge-fly, Situ Remaja Sehat?

Ahad, 18 Nov 2018 16:49

Pasukan Rezim Assad Rebut Kembali Benteng Terakhir Islamic State di Suriah Selatan

Pasukan Rezim Assad Rebut Kembali Benteng Terakhir Islamic State di Suriah Selatan

Ahad, 18 Nov 2018 14:00

Ada Nilai-nilai Agama di Prinsip Berbangsa

Ada Nilai-nilai Agama di Prinsip Berbangsa

Ahad, 18 Nov 2018 13:35

Eggi Sudjana: Pernyataan Grace Lebih Parah dari Ahok

Eggi Sudjana: Pernyataan Grace Lebih Parah dari Ahok

Ahad, 18 Nov 2018 12:58

Puisi Fadli: Petruk jadi Raja

Puisi Fadli: Petruk jadi Raja

Ahad, 18 Nov 2018 12:35

Janji Prabowo-Sandi: Cetak Uang Braille

Janji Prabowo-Sandi: Cetak Uang Braille

Ahad, 18 Nov 2018 11:35

Poster Raja Jokowi hingga Akun-akun Robot

Poster Raja Jokowi hingga Akun-akun Robot

Ahad, 18 Nov 2018 10:35

5 Tentara Filipina Tewas 23 Terluka dalam Penyergapan Kelompok Abu Sayyaf di Jolo

5 Tentara Filipina Tewas 23 Terluka dalam Penyergapan Kelompok Abu Sayyaf di Jolo

Sabtu, 17 Nov 2018 18:15

Pemimpin Hamas Bersumpah Targetkan Tel Aviv Jika Israel Kembali Melakukan Agresi ke Gaza

Pemimpin Hamas Bersumpah Targetkan Tel Aviv Jika Israel Kembali Melakukan Agresi ke Gaza

Sabtu, 17 Nov 2018 17:30

Laporan: CIA Simpulkan Mohammed Bin Salman Perintahkan Pembunuhan Khashoggi

Laporan: CIA Simpulkan Mohammed Bin Salman Perintahkan Pembunuhan Khashoggi

Sabtu, 17 Nov 2018 15:00

Sungguh Ukhti, Cantikmu Beda

Sungguh Ukhti, Cantikmu Beda

Sabtu, 17 Nov 2018 11:02

JNIM Nyatakan Bertanggung Jawab atas Pemboman di Kota Gao Mali Utara

JNIM Nyatakan Bertanggung Jawab atas Pemboman di Kota Gao Mali Utara

Jum'at, 16 Nov 2018 21:45


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Jum'at, 16/11/2018 17:43

Status Sosial Penentu Tingkat Toleransi?