Operasi Cessar, Guru Tahfizh Al-Qur’an Tasikmalaya Butuh Biaya 13,5 Juta Rupiah. Ayo Bantu!!!

 

TASIKMALAYA, Infaq Dakwah Center (IDC) – Ustadzah Ummi Arbi, guru tahfizh (sekolah penghafal Al-Qur’an) Tasikmalaya sedang  menjalani ujian Allah. Sudah dua kali keluar-masuk rumah karena mengalami pendarahan hebat di masa kehamilannya.

Mulanya, pada hari ‘Idul Adha lalu, Ummu Arbi mengalami pendarahan sehingga harus dirawat inap selama empat hari. Pihak rumah sakit menyarankan agar Ummi Arbi untuk operasi caesar. Tetapi Ummi Arbi tidak bersedia karena kendala dana dan usia kehamilan yang baru menginjak 8 bulan, di mana berat bayi di kandungan masih di bawah normal.

Karena saat itu belum ada kontraksi kandungan, maka pihak rumah sakit memberi kesempatan pulang untuk menunggu penambahan berat badan bayi yang normal. Dokter memperkirakan hari perkiraan lahir (hpl) terjadi sekitar tanggal 22 Oktober 2016.

Namun Rabu pagi bakda subuh (12/10/2016), sebelum HPL tiba, Ummi Arbi kembali mengalami pendarahan hebat, sehingga harus dilarikan ke rumah sakit. Di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Widia Ningsih Tasikmalaya, dokter memutuskan harus dilakukan operasi caesar demi keselamatan Ummi Arbi dan bayi dalam kandungan.

Tanpa dana yang cukup, Ummi Arbi pun dioperasi cessar pada sore hari sekitar jam 16.30 WIB. Alhamdulillah, sang jabang bayi lahir selamat berjenis kelamin perempuan.

...Tagihan rumah sakit sudah mencapai 13,5 juta rupiah. Pasca operasi cessar, Ummi Arbi dan bayinya harus segera dibawa pulang supaya tagihan tidak semakin bertambah...

Persoalan persalinan sudah teratasi, tapi kini urusan tagihan biaya persalinan menjadi beban berat berikutnya. Sampai berita ini diturunkan, tagihan rumah sakit sudah mencapai 13,5 juta rupiah (Rp 13.581.250,-). Sementara kondisi Ummi Arbi masih lemah dan belum bisa duduk ataupun aktivitas lainnya.

Pasca operasi cessar, Ummi Arbi dan bayinya harus segera dibawa pulang, karena semakin lama dirawat inap, maka beban tagihan semakin bertambah. Atas saran para aktivis Islam Tasikmalaya, suami Ummi Arbi menyampaikan berita kondisi istrinya kepada Relawan IDC agar dapat membantu meringankan beban biaya rumah sakit.

“Iya akhi, semoga IDC bisa membantu. Karena jika dibiarkan terus di rumah sakit, terus semakin bertambah tagihan biayanya,” ujarnya kepada relawan IDC, Sabtu (15/10/2016).

Di kawasan Tasikmalaya, Ummi Arbi dan suaminya adalah pasangan keluarga aktivis pejuang Islam. Sang suami adalah juru dakwah militan dalam kegiatan syiar Islam, mengelola para binaan dakwah dan aktif di berbagai kegiatan sosial keummatan. Sementara Ummi Arbi adalah guru penghafal Al-Qur’an yang mengabdikan ilmunya di Halaqah Tahfidz Al-Qur’an (HTA) Abdullah bin Abbas Tasikmalaya, Jawa Barat.

...Ummi Arbi dan suaminya adalah pasangan keluarga pejuang Islam. Sang suami aktif sebagai juru dakwah, sementara Ummi Arbi adalah guru penghafal Al-Qur’an...

INFAQ DARURAT PEDULI MUSIBAH SESAMA MUSLIM

Dengan keterbatasan dana, untuk pelunasan biaya persalinan caesar, Ustadzah Ummu Arby butuh uluran tangan para dermawan (muhsinin) sesama muslim.

Ujian berat yang dialami Ummu Arby dan kaum muslimin lainnya adalah beban kita juga, karena persaudaraan setiap Muslim ibarat satu tubuh. Jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh lainnya otomatis terganggu karena merasakan kesakitan juga.

 

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ، مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى.

“Perumpamaan kaum mukminin dalam cinta-mencintai, sayang-menyayangi dan bahu-membahu, seperti satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuhnya sakit, maka seluruh anggota tubuhnya yang lain ikut merasakan sakit juga, dengan tidak bisa tidur dan demam” (Muttafaq ‘Alaih).

Dengan membantu meringankan kesulitan kaum muslimin, Allah akan menurunkan mendatangkan barokah, pertolongan dan kemudahan di dunia dan akhirat. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ نَـفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُـرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا، نَـفَّسَ اللهُ عَنْهُ كُـرْبَةً مِنْ كُـرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَـى مُـعْسِرٍ، يَسَّـرَ اللهُ عَلَيْهِ فِـي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

“Barangsiapa menghilangkan kesulitan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan melepaskan kesulitannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang tengah dilanda kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat...” (HR Muslim).

Donasi untuk membantu biaya persalinan cessar Ustadzah Ummi Arbi bisa disalurkan melalui program Infaq Darurat ke Rekening IDC:

  1. Bank Muamalat, No.Rek: 34.7000.3005 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  2. Bank BNI Syariah, No.Rek: 293.985.605 a.n: Infaq Dakwah Center.
  3. Bank Mandiri Syar’iah (BSM), No.Rek: 7050.888.422 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  4. Bank Mandiri, No.Rek: 156.000.728.7289 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  5. Bank BRI, No.Rek: 0139.0100.1736.302 a.n: Yayasan Infaq Dakwah Center.
  6. Bank CIMB Niaga, No.Rek: 675.0100.407.006 a.n Yayasan Infak Dakwah Center.
  7. Bank BCA, No.Rek: 631.0230.497 a.n Budi Haryanto (Bendahara IDC)

CATATAN:

  • Demi kedisiplinan amanah dan untuk memudahkan penyaluran agar tidak bercampur dengan program lainnya, tambahkan nominal Rp 3.000 (tiga ribu rupiah). Misalnya: Rp 1.003.000,- Rp 503.000,- Rp 203.000,- Rp 103.000,- 53.000,- dan seterusnya.
  • Laporan penyaluran dana akan disampaikan secara online di: infaqdakwahcenter.com.
  • Bila biaya persalinan sudah tercukupi/selesai, maka donasi dialihkan untuk program IDC lainnya.
  • Info: 08122.700020, 08567.700020.
  • PIN BBM: IDCPUSAT.