Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
36.812 views

Pemimpin Gereja Mormon Joseph Smith Beristri 40 Perempuan

WASHINGTON (voa-islam.com) Ini kebalikan dari umumnya para pastur atau biarawati yang tidak kawin, justru laporan CNN tentang pemimpin Gereja Mormon, dan secara berani mengungkapkan bahwa sang pendiri gereja, Joseph Smith, mempunyai 40 istri, termasuk satu istri yang ia kawini pada usia 14 tahun.

"Smith mengawini sekitar 30 hingga 40 istri," begitu tulis esai tersebut, seperti diberitakan CNN, Selasa (11/11). 

Gereja Mormon, yang mempunyai nama resmi Gereja Yesus Kristus Malaikat Kudus Akhir Zaman, atau biasa disingkat sebagai Gereja LDS, secara resmi melarang pengikutnya untuk berpoligami sejak tahun 1890. Kala itu, warga AS yang berpoligami dianggap melanggar hukum, dapat dijebloskan ke dalam penjara serta seluruh asetnya dapat dibekukan.

Smith merupakan figur penting bagi aliran agama Mormon. Dia dipandang sebagai seorang nabi yang menerima wahyu khusus dari Tuhan. Namun, sejarah pernikahan Smith memang sering menjadi perdebatan.

Hingga saat ini para pemimpin Mormon telah bersikeras bahwa Smith, yang telah dianggap sebagai nabi dalam aliran agama Mormon, hanya memiliki satu istri.

Esai gereja tersebut mengungkapkan, Smith sebenarnya tidak mau menikah puluhan kali. Namun, menurut kepercayaan Mormon, malaikat yang menyampaikan wahyu kepada Smith, pada perkiraan tahun 1834 hingga 1843, meminta Smith melakukan hal tersebut, sehingga dia terpaksa menurutinya.

"Malaikat mendatangi Smith dengan pedang terhunus dan mengancam akan terjadi kehancuran jika Smith tak mematuhi perintahnya," tulis esai tersebut. 

Menurut penafsiran gereja, Smith bukan satu-satunya nabi yang berpoligami. Tercantum di dalam Alkitab, nabi Ibrahim, atau Abraham, juga menikah beberapa kali. 

Esai gereja LDS juga mengungkapkan bahwa tindakan Smith ini tidak disukai oleh istri pertamanya, Emma. 

"Ini adalah siksaan yang berat bagi Emma," tulis esai tersebut.

Smith menikahi istri keduanya, Fanny Alger, sekitar tahun 1830-an. Namun mereka kemudian berpisah. 

Gereja LDS juga mengungkapkan bahwa Emma Smith pernah menerima empat istri Smith untuk tinggal bersama di rumah mereka. Namun, Emma tak sepenuhnya mengetahui jumlah istri Smith. 

Meskipun Smith memiliki lebih dari 30 istri, Emma tak hidup bersama dengan para istrinya dan membangun rumah tangga. 

Sebagian besar pernikahannya adalah untuk tujuan "kehidupan di akhirat". 

Sebagian besar istri Smith menikah dengannya ketika berusia 20 hingga 40 tahun. Namun, diantara istri Smith, ada juga wanita berusia 56 tahun dan bahkan 14 tahun, yang bernama Helen Mar Kimball.

"Saat ini, menikah pada usia semuda itu dianggap tak pantas. Namun pada era itu, beberapa wanita kawin pada usia remaja," begitu tulis esai gereja Mormon. 

Gereja LDS menyatakan bahwa pernikahan Helen dengan Smith adalah untuk tujuan "kehidupan di akhirat" dan tidak melibatkan hubungan seksual.

"Sebagian besar anggota Mormon saat ini percaya kepada malaikat kudus akhir zaman yang juga berpoligami," tulis esai tersebut. 

Juru bicara Gereja LDS Eric Hawkins, menyatakan, esai yang fenomenal ini merupakan satu pembahasan dari tiga pokok bahasan yang menjelaskan tentang Joseph Smith. 

Menurut seorang penulis yang memeluk keyakinan Mormon, Jana Riess, kabar bahwa Smith mempunyai begitu banyak istri telah mengguncang keimanan para pengikut aliran tersebut. Begitulah cara hidup pemimpin gereja Mormon yang bathil dan sesat itu. [jj/dbs/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Christology lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X