Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.842 views

Refleksi Reuni 212

Oleh: Ashaima Va

Jum'at itu, sejarah menorehkan catatan tak biasa. Sholat jum'at berjamaah terbesar sepanjang sejarah pendirian negeri ini. Monas menjadi saksi bagi ukhuwah Islamiyah yang terajut dari jutaan kaum muslimin. Ragam warna, suku, mazhab, bahkan ragam jubah keormasan melebur masif dalam satu suara, "penjarakan si penista agama."

Pembela si penista, pontang-panting cari siasat menggagalkan rencana. Apapun caranya halangi yang lainnya untuk bisa hadir. Eh, bahkan sampai penyewaan bus disabotase. Namun Allah menghendaki ribuan hati lainnya tergerak hadir lewat langkah langkas muslim Ciamis. Kala itu kaum muslimin 'berarak tidak berlari', berbuat sebagaimana mestinya seorang muslim yang agamanya dinistakan.

Jum'at itu, spirit 212 menggelorakan persatuan yang selama ini dianggap mustahil. Tapi, atas ijin Allah, bahkan gemanya selalu bergemuruh di dada-dada mereka. Manisnya madu persatuan akan selalu terasa legitnya.

Perjuangan selalu beriringan dengan onak. Pasca 212 pukulan beruntun menghantam kaum muslimin. Ulama' ikhlas dikriminalisasi. Ormas dibubarpaksakan dengan Perppu. Lalu dengan senjata radikalisme dan intoleransi banyak persekusi yang dibiarkan. Pengajian yang dihadiri penduduk langit pun dengan jemawa dibubarkan.

Radikalisme dan intoleransi sesungguhnya tudingan untuk siapa? Pemecah belah bangsa? Siapa yang memecah belah, kalau ormas yang dibubarkan justru terdepan meneriakkan anti separatisme. Anti pancasila? Di bagian mana antinya, kalau ormas yang dibubarkan justru paling peduli pada kedaulatan negara terhadap pengelolaan kekayaan negeri. Jangan sumber energi dikelola asing, sedang anak negeri malah harus membayar mahal untuk mendapatkannya.

Sekali lagi yang menjadi soalan, tudingan radikalisme dan intoleransi untuk siapa? Ulama yang dituduh radikal dan Ormas yang dibubarkan hanya bermodalkan lisan, sedang yang bersenjata laras panjang, bahkan dengan lancang melakukan penyanderaan tak sekecap pun kata radikal tersemat pada mereka.

Maka tak salah, kan, jika simpulannya mereka yang lantang berteriak tumpas radikalisme dan intoleransi sedang berdelusi.

Jeri dan ngeri memikirkan negeri, salah urus negara rakyat yang dikhianati. Pejabat negeri adalah makhluk Allah, namun dengan jemawa mengabaikan syari'at Allah. Dengan bahasa investasi aset negara dijual. Dengan bahasa pemerataan, tarif listrik dinaikkan. Dengan bahasa orang bijak, rakyat dibebankan beragam pajak. Jujur, apapun bahasanya kami yang dibawah yang tercekik jeratnya. Begitu sulitnya mengantongi rupiah, sedang biaya hidup semakin merangkak naik.

Sebelas hilal berlalu, kerinduan akan manisnya madu persatuan mendapatkan pelepasannya. Reuni 212 pun terlaksana pekan lalu. mematri haru dalam barisan rapi jutaan kaum muslimin yang berarakan. Panji tauhid dibentangkan, diterbangkan, tersangkut pun beroleh pertolongan-Nya. Panji bertuliskan kalimah syahadah, semoga perjuangan kaum muslimin dinaungi Ridlo-Nya.

Yang nyinyir menyebutnya sebagai aksi genit menjaga eksistensi, tak bakal laku. Namun nyatanya kaum muslimin kembali dipersatukan. Sekali lagi meretas segala perbedaan, tak lagi sekadar eksistensi. Tak perlu bergenit-genit, karena sesiapa yang hadir hanya berharapnya jadi catatan amal di akhirat kelak.

Reuni 212, adalah oase di tengah gurun, tungku penghangat di tengah salju, kanopi meneduhkan di tengah hutan belantara, bahtera gagah di tengah samudera. Dengannya semoga menebalkan keyakinan akan persatuan beda ras, agama, dan suku, karena  dalam naungan kekhilafahan segala perbedaan adalah niscaya. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Selasa, 14/05/2024 09:10

Runtuhkan Zionis, Rebut Baitul Maqdis!