Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.326 views

Persekusi Demi Mempertahankan Posisi

Oleh: Sri Nurhayati, S.Pd.I (Pengisi Keputrian SMAT Krida Nusantara)

Persekusi terhadap aktivitas dakwah kembali menjadi perbincangan hangat. Apalagi tindakan persekusi ini dilakukan terhadap ulama kondang Ustad Abdul Somad (UAS). Adanya ancaman dan intimidasi terhadap Ustad Abdul Somad (UAS) saat akan melakukan ceramah di beberapa daerah di Pulau Jawa terpaksa beliau batalkan.

Persekusi terhadap UAS ini bukanlah yang pertama kalinya, pada 8 Desember 2017 lalu, UAS mengalami persekusi saat berdakwah di Bali. Saat itu hotel yang menjadi tempat beliau menginap dikepung orang-orang yang mendesak agar UAS segera dipulangkan ke Pekanbaru karena beliau dianggap sebagai penceramah anti Pancasila. Diduga aksi ini menyeret anggota DPD Dapil Bali, Arya Wedakarna karena postingannya di Facebook yang memprovokasi penolakan dan persekusi terhadap UAS saat safari dakwah di Bali.

Persekusi atau penolakan terhadap dakwah merupakan sesuatu yang harusnya tidak perlu dilakukan oleh mereka yang merupakan bagian dari umat ini. Apalagi alasan mereka tidak berdasar, hanya sebatas tuduhan semata, seperti menyematkan mereka yang dipersekusi sebagai anti pancasila.

Persekusi terhadap dakwah tidak hanya dialami oleh UAS saja, seperti yang terjadi sebelumnya beberapa ustad pernah mengalami hal sama. Seperti yang dialami Ustad Felix, Ustad Bahtiar Nasir, Ustad Tengku Zulkanain, dan tuduhan terhadap mereka pun sama, dianggap sebagai ustad anti pancasila dan pemecah belah.

Pelabelan ustad anti pancasila yang disematkan terhadap para ulama ini sungguh tindakan yang buruk. Kenapa tidak indikator terhadap orang yang pancasilais dan anti pancasila saja sampai sekarang tidak jelas apa indikatornya.

Tapi sayangnya pelabelan ini mudah sekali menempel pada mereka yang ingin membawa perubahan pada negeri ini dengan mengajak kita semua pada aturan yang sudah Allah berikan untuk kita.

Tetapi pada mereka yang melakukan pengerusakan terhadap negeri ini dengan menjual asset-aset Negara, melakukan tindak korupsi, melalukan pembohongan publik, tidak disematkan pada mereka orang yang anti pancasila.

Bahkan yang menyedihkan, terkait persekusi terhadap dakwah UAS di beberapa kota di Pulau Jawa, alasan mereka melakukan itu karena ada atribut yang bertuliskan kalimat tauhid. Kalimat itu mereka identikan pada suatu ormas. Alasan ini selalu mereka benturkan dengan pancasila. Sungguh ini adalah sesuatu yang tidak elok, mereka benturkan Islam dan Pancasila.

Apalagi saat ini, kecintaan umat terhadap Islam dan aturannya semakin menguat. Sehingga seruan untuk menerapkan Islam pun semakin menggema. Terlihat walaupun adanya tuduhan terhadap mereka yang mendakwah Islam kaffah sebagai pengrusak. Tapi dukungan umat terhadap mereka semakin menguat. Karena umat tahu bahwa kehadiran mereka justru yang membuat mereka menjauhi keburukan. Karena dengan aktivitas dakwah mereka banyak orang yang tersadarkan dan bertaubat. Banyak generasi umat yang terhindar dari pergaulan bebas karena dakwah mereka.

Tuduhan akan dakwah dan para pengembannya, merupakan suatu hal yang fitrah dalam perjuangan dan dakwah ini. Karena hal ini juga pernah dialami oleh Rasulullah SAW dan para sahabat ketika mendakwahkan Islam di tengah-tengah masyarakat Makkah. Beliau dituduh sebagai penyihir, pemecah belah kaumnya, bahkan dituduh orang gila. Penolakan terhadap dakwah Rasulullah SAW ini, menjadikan Beliau dan para sahabat menerima perlakuan buruk dan keji dari kaum Quraisy pada saat itu.

Penolakan karena ketakutan mereka terhadap Islam yang akan menggeser mereka dari posisi kekuasaan mereka. Karenanya mereka menuduh Rasulullah SAW ingin merusak aturan nenek moyang mereka, yang memang nyatanya rusak. Tidak hanya mendapatkan tuduhan keji, tapi mereka pun harus menerima siksaan demi siksaan di dalam perjalanan dakwah Islam di Makkah.

Penolakan kaum Quraisy terhadap dakwah Rasulullah SAW, secara alaminya akan terulang pada proses aktivitas dakwah yang sesuai dengan tuntunan Rasul-Nya. Seperti halnya saat ini, semakin berkembangnya laju dakwah ini menunjukan kebangkitan Islam semakin nyata.

Sehingga ujian, tantangan dan rintangan akan semakin kuat. Karena mereka juga takut posisi kekuasaan mereka akan tergeser. Sehingga mereka terus berupaya menghalangi laju dakwah ini. Tapi yakinlah Allah tidak akan pernah membiarkan dakwah ini kalah karena kemenangan Islam itu nyata.

Sungguh benar janji Allah dan Rasul-Nya yang tak pernah mengingkari janjiNya. Seperti dalam firman-Nya surat An Nur ayat 55, yang artinya “Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang shaleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Aku. Dan barang siapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.

Serta sabda Rasulullah Saw yang diriwayatkan Imam Ahmad, yang artinya: “Di tengah-tengah kalian terdapat masa Kenabian yang berlangsung selama Allah menghendakinya. Lalu Dia mengangkat masa itu Ketika Dia berkehendak untuk mengangkatnya, kemudian akan ada masa Kekhilafahan yang mengikuti manhaj Kenabian yang berlansung selama Allah menghendakinya. Lalu Dia mengangkat masa itu saat Dia berkendak untuk mengangkatnya. Kemudian akan ada masa kekuasaan yang dzalim yang berlangsung selama Allah menghendakinya. Lalu Dia mengangkat masa itu ketika Dia berkehendak untuk mengangkatnya. Kemudian akan ada masa kekuasaan diktator yang menyengsarakan yang berlangsung selama Allah menghendakinya. Lalu Dia mengangkat masa itu saat Dia berkehendak untuk mengangkatnya. Selanjutnya akan muncul kembali masa Kekhilafahan yang mengikuti manhaj kenabian.’ Kemudian Beliau Diam.”

Sungguh kabar gembira dari Allah dan Rasul-Nya, sepatutnya kita imani dan yakin. Serta kita genapkan segala upaya untuk menyambut janji Allah dan Rasul-Nya dengan terus berjuang dan berdakwah di jalan-Nya. Selalu kuatkan keimanan dan keyakinan kita terhadap Allah karena laju dakwah ini akan memasuki puncak kemenangannya. Sehingga perjuangan ini akan terasa berat.

Namun harus selalu kita fahami bahwa setiap perjuangan akan meminta pengorban dari para pejuangnya, untuk menguji sebesar apa keimanan dan keyakinan yang ada dalam hatinya terhadap perjuangan ini. Tentu hal ini harus terbukti jelas dari mereka para pengemban dakwah ini. Sanggupkah mereka melakukan apapun untuk keberhasilan dan kemenangan sesuatu yang mereka perjuangkan?

Dengan memberikan pengorbanan untuk apa yang mereka perjuangkan. Karena pejuang dan pengemban dakwah sejati akan siap berkorban apapun untuk apa yang dia perjuangkan dan apa yang diemban, jiwa, raga bahkan nyawa sekalipun siap mereka korbankan. Tak goyah walau diterjang badai, takkan sirna walau ujian melanda, tak gentar walau ajal menjelang.

Oleh karena itu kawan, janganlah takut untuk tetap menapaki jalan perjuang yang tak pernah sepi dari ujian dan tantangan. Karena jalan inilah akan mampu membawa kita kepada keridhoanNya. Dengan jalan ini pula kelak Allah akan mempertemukan kita dengan Rasulullah dan para sahabat yang telah mewariskan perjuangan ini.

Dengan jalan ini pula kelak dengan izin Allah, Islam akan meraih kemenangan dan menerangi bumi dan seisinya dengan sinarnya yang penuh dengan keberkahan dan keridhoan dari Rabb pencipta alam semesta dan isinya dalam bingkai Khilafah ala Minhaj Nubuwwah. Wallahu’alam bish-showab. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Musibah dahsyat menimpa Ustadzah Juwariah. Terlindas truk kontainer, ia kritis tak sadarkan diri: tulang panggul remuk, tulang pubis patah, engsel tulang panggul bergeser (dislokasi), engkel...

Latest News
Benarkah Presiden Jokowi Seperti Umar Bin Khattab?

Benarkah Presiden Jokowi Seperti Umar Bin Khattab?

Selasa, 19 Feb 2019 20:00

India Tuduh Badan Intelijen Pakistan Terlibat Serangan Bom Mematikan di Khas

India Tuduh Badan Intelijen Pakistan Terlibat Serangan Bom Mematikan di Khas

Selasa, 19 Feb 2019 18:15

Perdana Menteri Imran Khan: Pakistan Siap Membalas Jika Diserang India

Perdana Menteri Imran Khan: Pakistan Siap Membalas Jika Diserang India

Selasa, 19 Feb 2019 17:45

Tak ingin Pasar Dikuasai Asing, Pemuda Sukses Ini Disebut Sandi

Tak ingin Pasar Dikuasai Asing, Pemuda Sukses Ini Disebut Sandi

Selasa, 19 Feb 2019 16:41

Hacker Retas Perusahaan dan Badan Pemerintah AS Setelah Amerika Mundur dari Perjanjian Nuklir

Hacker Retas Perusahaan dan Badan Pemerintah AS Setelah Amerika Mundur dari Perjanjian Nuklir

Selasa, 19 Feb 2019 14:45

Kritisi Greenpeace Indonesia ke Capres 2019

Kritisi Greenpeace Indonesia ke Capres 2019

Selasa, 19 Feb 2019 14:41

Pilih Capres Berkualitas dengan Penilaian Konsep Membangun Negara

Pilih Capres Berkualitas dengan Penilaian Konsep Membangun Negara

Selasa, 19 Feb 2019 12:41

Tagar #JokowiBohongLagi Menggema di Jagad Twitter

Tagar #JokowiBohongLagi Menggema di Jagad Twitter

Selasa, 19 Feb 2019 11:53

Mahasiswi Hindu Pun Tolak RUU PKS

Mahasiswi Hindu Pun Tolak RUU PKS

Selasa, 19 Feb 2019 09:59

Banyak Sebut Data Tak Akurat Saat Debat, Jokowi Diminta untuk Klarifikasi

Banyak Sebut Data Tak Akurat Saat Debat, Jokowi Diminta untuk Klarifikasi

Selasa, 19 Feb 2019 09:39

Prabowo Nasionalis dan Patriot

Prabowo Nasionalis dan Patriot

Senin, 18 Feb 2019 20:51

Cara Sederhana 6 Langkah Mendidik Adab Anak

Cara Sederhana 6 Langkah Mendidik Adab Anak

Senin, 18 Feb 2019 20:35

Pizza Diva Halal Hadir 4 Rasa baru, Raih Rp. 20 Jutaan/bulan

Pizza Diva Halal Hadir 4 Rasa baru, Raih Rp. 20 Jutaan/bulan

Senin, 18 Feb 2019 19:10

Tiap Hari Ikuti Praktek Quranic Quantum Healing bersama Abi Khadijah

Tiap Hari Ikuti Praktek Quranic Quantum Healing bersama Abi Khadijah

Senin, 18 Feb 2019 18:54

Sandi Memastikan Ini jika Terpilih

Sandi Memastikan Ini jika Terpilih

Senin, 18 Feb 2019 18:51

Pakistan Tarik Pulang Dubesnya dari India di Tengah Meningkatnya Ketegangan Atas Kashmir

Pakistan Tarik Pulang Dubesnya dari India di Tengah Meningkatnya Ketegangan Atas Kashmir

Senin, 18 Feb 2019 18:05

Masya Allah, Ini 10 Manfaat Ajaib 'Quranic Quantum Healing', Tanpa Obat, Operasi, Jin dan Dukun!

Masya Allah, Ini 10 Manfaat Ajaib 'Quranic Quantum Healing', Tanpa Obat, Operasi, Jin dan Dukun!

Senin, 18 Feb 2019 18:03

Debat Pilpres: Prabowo Menyerang, Jokowi Bertahan

Debat Pilpres: Prabowo Menyerang, Jokowi Bertahan

Senin, 18 Feb 2019 18:03

Jokowi di Mata Dahnil dalam Debat Bikin Kejut

Jokowi di Mata Dahnil dalam Debat Bikin Kejut

Senin, 18 Feb 2019 18:01

Komitmen Prabowo dan Rasa Sesal Simak Kata-kata Jokowi

Komitmen Prabowo dan Rasa Sesal Simak Kata-kata Jokowi

Senin, 18 Feb 2019 18:01


Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X