Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.133 views

Kalimat Tauhid Menghiasi Tahlilan

Sahabat VOA-Islam...

Kalimat tauhid yakni lafadz Laa ilaaha illaLlah adalah kalimat yang agung bagi diri seorang yang beriman. Inilah pembeda mukmin dengan kafir. Sebab kalimat tauhid termasuk salah satu ikrar syahadat. Mengucapkannya adalah ibadah. Mensyiarkannya adalah dakwah.

Umat Islam memposisikan kalimat tauhid sebagai dzikir paling utama. Rosul saw bersabda, “Dzikir yang paling utama adalah laa ilaha illaLlah (tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah).” (HR. Tirmidzi). Seringkali sang kyai atau ulama memulai dzikir dengan mengatakan "Afdholul dzikri fa'lam annahu laa ilaaha illaLlah".

Dan untaian kalimat tauhid pun mengalir dari para jamaah. Bahkan sampai muncul istilah "tahlilan". Karena yang banyak disebut adalah kalimat tahlil yakni kalimat tauhid. Selain bacaan tasbih, tahmid, takbir, sholawat dan doa-doa lainnya.

Tak berlebihan bila umat begitu mengagungkan kalimat tauhid. Karena hal itu pun dinyatakan Allah SWT dalam sebuah hadits qudsi. Syaikh Muhammad at-Tamimi berkata : Dan dari Sa’id al-Khudri r.a dari Rasulullah saw, beliau bersabda:

”Berkata Musa a.s: ‘Wahai Rabb, ajarkanlah padaku sesuatu yang dengannya aku berdzikir kepadaMu dan berdoa kepadaMu’. Maka (Allah) berfirman: ‘Wahai Musa, Ucapkanlah: ‘Laa ilaaha illaLlah’. Berkata (Musa) : ‘Setiap hambaMu mengucapkan hal ini. (Allah) berfirman: ‘Wahai Musa, seandainya langit yang tujuh serta seluruh penghuninya, selain Aku, dan ketujuh bumi diletakkan dalam satu sisi timbangan dan kalimat Laa ilaaha illaLLah diletakkan pada sisi lain timbangan, niscaya kalimat Laa ilaaha illaLLah lebih berat timbangannya’…” (HR Ibnu Hibban).

Selain menjadikannya sebagai dzikir utama dalam tiap majelis tahlilan, banyak juga ekspresi kecintaan umat terhadap kalimat tauhid ini. Mulai dari memajang kaligrafi di rumah dan masjid, hingga memasangnya sebagai foto profil di era digital seperti saat ini. Semata menegaskan bahwa identitas pemilik akun adalah seorang muslim. Sah-sah saja. Karena kalimat tauhid adalah simbol agama Islam dan milik umat Islam semua. Bukan milik golongan tertentu.

Pada jaman Rosul saw, ekpresi kecintaan terhadap kalimat tauhid ini terabadikan pada panji dan bendera pasukan kaum muslimin. Disebutkan dalam hadist bahwa, “Panjinya (râyah) Rasulullah saw berwarna hitam, dan benderanya (liwâ’) berwarna putih, tertulis di dalamnya: “lâ ilâha illaLlâh Muhammad RasûluLlâh”. (HR. Al-Thabrani). Pembawa panji dan bendera pun identik dengan orang terbaik yakni para panglima pasukan.

Sebagai seorang muslim, pastilah cinta kalimat tauhid dalam segala bentuk ekspresinya. Kalimat tauhid inilah yang menegaskan identitas sebagai seorang muslim hingga akhir hayatnya. Dan ianya pasti berharap meninggal husnul khotimah dengan kalimat tauhid ini.

Sebagaimana Nabi saw bersabda, “Barang siapa yang akhir perkataannya adalah ‘lailaha illaLlah’, maka dia akan masuk surga.” (HR. Abu Daud). [syahid/voa-islam.com]

Kiriman Tuti Rahmayani, dr (praktisi kesehatan di Surabaya)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Toko Tas Online TBMR - Murah & Terpercaya

Toko tas online dan Pusat grosir tas TBMR menjual tas branded harga grosir. DISKON setiap hari s/d 50%. Tas wanita, tas import, tas kerja semua dijamin MURAH. Menerima Reseller.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Pusat Jam Tangan Impor Murah

Tampil cantik dan keren dengan jam tangan impor pilihan. Tersedia koleksi ribuan jam tangan untuk pria dan wanita, harga dijamin murah.
http://timitime.asia

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Pasaribu: Disabilitas Kaki yang Ahli Ibadah ini Jadi Incaran Misionaris. Ayo Bantu Modal Usaha.!!

Hidup dengan satu kaki, pria asal Sibolga Tapanuli ini tak kenal putus asa. Setelah kakinya diamputasi karena tertabrak truk, ia justru makin rajin beribadah di masjid. Pria Batak ini butuh bantuan...

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Nafisa Zahra, Bayi 9 Bulan ini Menderita Kanker Pembuluh Darah. Ayo Bantu..!!!

Baru berusia 9 bulan, bayi ini diuji dengan penyakit Kanker Pembuluh Darah. Kedua pipinya tumbuh dua benjolan sebesar kepal tangan orang dewasa. Ia harus segera dioperasi dan minum susu khusus...

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Ismail Abdurrahman: Anak Aktivis Dakwah Opname di RS PKU Solo. Ayo Bantu..!!

Musibah muntaber tak henti-hentinya menimpa Ismail, anak aktivis dakwah Solo Raya. Sang ayah, Muhammad Arif adalah pekerja serabutan yang saat ini sedang mendapat ujian yang bertubi-tubi. ...

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Sakit Stroke, Muallaf Mantan Hindu ini Hidup Sebatang Kara di Gubuk Lapuk. Ayo Bantu.!!

Nyaris sempurna ujian hidup muallaf Nyoman Kawi. Di usia senja, ia tak bisa mencari nafkah karena stroke telah mematikan separo tubuhnya. Hidup sebatang kara, ia tinggal di gubuk lapuk yang tidak...

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Guru SMP Islam & Mahasiswi Bahasa Arab Solo Terlindas Truk Kontainer. Ayo Bantu..!!!

Musibah dahsyat menimpa Ustadzah Juwariah. Terlindas truk kontainer, ia kritis tak sadarkan diri: tulang panggul remuk, tulang pubis patah, engsel tulang panggul bergeser (dislokasi), engkel...

Latest News

Reseller tas batam

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X

Rabu, 20/02/2019 12:15

Penolakan RUU PKS Rambah Samarinda