Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.013 views

Umat Berdakwah, Negara Berkah

 

Oleh:

Yuliyati Sambas, Member Akademi Menulis Kreatif Regional Bandung

 

DAKWAH adalah cinta. Kutipan ini tentu bukan hal yang berlebihan, dakwah memang merupakan satu bukti cinta. Peduli adalah bagian dari cinta, dan dakwah seseorang terhadap pribadi lain merupakan bukti betapa ia demikian peduli terhadap nasib yang tengah dihadapi oleh saudaranya.

Islam mengajarkan bahwa antara satu mukmin dengan mukmin yang lain adalah saudara, innamal mu’minuuna ikhwah. Rasa kasih sayang digambarkan oleh persaudaraan yang dicontohkan oleh Baginda Rasulullah Saw diibaratkan satu bagian tubuh, jika salah satu merasa sakit maka yang lain akan merasakannya juga bahkan dapat bereaksi demam.

Pada saat seorang muslim melakukan perbuatan dosa pada kenyataannya ia tengah menzalimi diri, sedang berurusan dengan perkara yang akan menjerumuskannya pada kebencian Allah yang akan berkonsekuensi dosa jika terus dilakukan. Maka bagi mukmin lainnya tak akan pernah rela untuk membiarkan saudaranya mengalami hal buruk, terjerembab dalam kubangan maksiat.

Ia akan melakukan upaya untuk mengingatkan saudaranya dan mengajaknya kembali pada jalan kebenaran sehingga tidak terus menerus berkubang dalam dosa. Itulah dakwah. Dakwah Adalah Kewajiban Allah Swt berfirman dalam Alquran surat Annahl ayat 125, “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik, dan bantahlah mereka dengan cara yang baik.

Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat di jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” Dari ayat di atas demikian jelas bahwa aktivitas da’a atau dakwah adalah sebuah perintah dari Allah Swt untuk sekalian umat.

Bahkan dalam beberapa nash lain Islam mengajarkan bahwa dakwah memang sebuah kewajiban yang jika ditinggalkan akan berkonsekuensi dosa dan mengakibatkan keburukan juga kemunkaran merajalela. Alquran Surat Ali Imran ayat 110 menjelaskan bahwa kaum muslimin akan menjadi umat terbaik dalam menjalani kehidupan jika mau untuk menjalankan aktivitas saling beramar makruf nahi munkar (saling mengajak pada kebaikan dan senantiasa saling menjauhkan dari perkara yang buruk), “Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.

Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, diantara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan adalah orang-orang yang fasik.” Tujuan Dakwah Kalimat la ilaha illallah merupakan inti dari ajaran agama Islam sekaligus menjadi pendorong utama dalam kegiatan dakwah.

Ketika keyakinan bahwa keberadaan alam semesta, manusia dan kehidupan diciptakan oleh Allah ‘Azza wa Jalla dan menyadari betapa sebagai mahluk tak ada daya dan kekuatan apapun dalam menjalani kehidupan di muka bumi ini jika tidak berpegang pada aturan-Nya yang sempurna. Juga sebentuk kesadaran bahwa hanya Allah lah yang berhak untuk dijadikan sembahan dan untuk dita’ati maka muncullah sebuah kesadaran betapa petunjuk dari Allah yang terangkum dalam Alquran dan assunnah adalah manual book yang Allah berikan untuk memandu manusia menjalani kehidupannya di dunia agar tidak tersesat selamanya.

Maka dengan keyakinan tersebut akan muncul dorongan yang kuat untuk mengajak dan menyeru kepada siapapun untuk sama-sama meraih keselamatan hidup dengan menerapkan keduanya, tentu dengan aktivitas dakwah. Dakwah pun merupakan wujud kepedulian dan kasih sayang kita kepada pribadi lain dan masyarakat pada umumnya.

Ia bahkan menjadi misi utama kenabian Rasulullah Saw dan juga nabi-nabi sebelum beliau. Maka kepedulian terhadap dakwah merupakan ciri dari seorang mukmin. Rasulullah Saw mencontohkan satu perumpamaan masyarakat adalah bagaikan suatu rombongan yang sedang naik kapal, ada yang duduk dan berada di bagian atas, dan sebagian lainnya duduk di bagian bawah.

Jika orang-orang yang duduk di bawah hendak mengambil air, mereka harus melewati orang yang ada di atas. Orang yang di bawah lantas berkata “Seandainya aku lubangi saja tempat duduk milikku sendiri untuk mendapatkan air, tentu aku tidak akan mengganggu orang yang ada di atas.” Bayangkanlah, jika seluruh orang yang berada di kapal tersebut membiarkannya tentu yang tejadi adalah kebocoran kapal yang akan mengakibatkan kecelakaan bagi semua penumpang. Namun jika mereka berusaha mencegahnya, dan itu merupakkan wujud kepedulian juga kasih sayang, maka semua akan selamat mengarungi bahtera.

Itulah perumpamaan dakwah. Berkat dakwah Islam sebagai agama yang menyelamatkan akan dipahami, diyakini, diamalkan bahkan diperjuangkan. Islam juga akan tersebar ke seluruh penjuru dunia dan akan memunculkan rahmat pada semesta. Terbentuknya pribadi muslim yang shaleh, masyarakat mulia, dan peradaban yang agung pun dapat teraih dengan digencarkannya dakwah di tengah umat.

Tantangan Dakwah Masa Kini Kini kita hidup dalam iklim sistem demokrasi yang kufur dan bertentangan dalam setiap aspek dengan Islam. Sekulerisme menjadi ruh dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Agama hanya diberi porsi sekedar mengatur urusan mahdhah dan ritualitas, sementara urusan kehidupan lebih dipercayakan kepada kejeniusan akal manusia.

Maka tak heran yang terjadi bukannya kemaslahatan atau kesejahteraan, justru kemalangan yang memunculkan merebaknya permasalahan multi dimensi yang makin hari semakin ruwet layaknya benang kusut. Beragam solusi banyak dimunculkan untuk mengatasinya, namun karena tidak dibarengi dengan ruh keimanan kepada Dzat Yang Maha Tahu hakikat kebaikan dan keburukan bagi semesta dan spirit takwa akan setiap aturan-Nya yang menyeluruh (kaffah).

Alih-alih menyelesaikan yang berlaku malah makin memunculkan beragam permasalahan lain yang tak sanggup untuk diurai arah penyelesaiannya. Namun demikian, dakwah akan benar-benar sampai pada akar permasalahan umat jika seluruh aturan Islam diterapkan tanpa dipilah. Ibarat obat dengan kadar yang telah ditetapkan secara tepat oleh para medis, maka dakwah Islam pun wajib dilakukan dengan upaya yang optimal secara menyeluruh disampaikan dan dilakukan sebagaimana thariqah Rasulullah dalam menyebarkan Islam hingga mampu menyelsaikan setiap kemelut permasalahan di kala itu.

Dengan dakwah Islam kaffah Bangsa Arab yang sebelumnya terpecah bersuku-suku yang senantiasa mudah tersulut konflik menjadi damai dalam satu naungan ukhuwah dengan ikatan akidah yanga kokoh. Lebih jauh Islam pun dapat menyebar dan merahmati hingga seluruh pelosok dunia, bahkan sejarah mencatat dua per tiga dari belahan dunia telah merasakan betapa nikmatnya hidup dalam dekapan Islam sebagai pemerintahan adidaya berbentuk Daulah Khilafah Rasyidah.

Maka suatu kebutuhan yang teramat mendesak untuk seluruh komponen umat saling bergandengan tangan bersegera menjalankan setiap strategi dakwah Rasulullah. Melalui dakwah beliau Saw dengan thariqah yang tetap dan terbimbing wahyu Illahi yakinlah bahwa akan terbentuk negara berkah yang akan menaungi bukan hanya satu bangsa namun cahaya rahmatnya akan memancar dan memayungi hingga seluruh pelosoh dunia, rahmatan lil ‘alamin.

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS Al-A’raf ayat 96). Wallahu a’lam bi ash-shawab.**

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Santri TPQ Melepuh Terperosok Abu Panas, Tangannya Terancam Diamputasi, Ayo Bantu..!!

Santri TPQ Melepuh Terperosok Abu Panas, Tangannya Terancam Diamputasi, Ayo Bantu..!!

Sudah tiga puluh lima hari Khanza (5) meringkuk di atas tempat tidur. Tubuh santri Taman Al-Quran ini melepuh terluka bakar 40 persen. Tangan kirinya terancam diamputasi karena hangus tak berbentuk....

Ayo Berbagi untuk Yatim, Jompo dan Lansia. Raih Peluang Surga dan Amalan Jihad.!!

Ayo Berbagi untuk Yatim, Jompo dan Lansia. Raih Peluang Surga dan Amalan Jihad.!!

IDC akan menggelar santunan yatim, jompo dan lansia bertepatan dengan peresmian Mushalla Al-Fatihah Tasikmalaya. Mari berjihad bersama Yatim dan dhuafa, peluang masuk surga bersama Nabi sedekat...

[Sakit Langka] Sekujur Kulit Luka Mengelupas, Ustadzah Maula Tak Bisa Berdakwah, Ayo Bantu.!!

[Sakit Langka] Sekujur Kulit Luka Mengelupas, Ustadzah Maula Tak Bisa Berdakwah, Ayo Bantu.!!

Pengasuh Madrasah Diniyah Tarbiyatut Tholabah Purbalingga ini diuji Allah dengan penyakit langka. Kulit di sekujur tubuhnya mengelupas, bersisik, luka bernanah, gatal dan nyeri cekot-cekot....

Pekan Ketiga IDC Serahkan Bantuan 29 Juta, Khaulah Bayi Prematur Masih Kristis. Ayo Bantu..!!

Pekan Ketiga IDC Serahkan Bantuan 29 Juta, Khaulah Bayi Prematur Masih Kristis. Ayo Bantu..!!

Di pekan ketiga IDC sudah serahkan donasi 29 juta rupiah untuk biaya perawatan Khaulah Kamilah. Bayi prematur anak ustadz aktivis dakwah ini masih dirawat intensif inkubator di rumah sakit Anna...

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Lahir Prematur, Anak Ustadz Pesantren Kritis di Rumah Sakit. Ayo Bantu.!!!

Sudah 6 hari Kamilah tergolek kritis di rumah sakit. Terlahir prematur nafasnya terganggu, paru-paru belum sempurna, dan infeksi darah. Ustadz Fadhil, sang ayah adalah guru pesantren dan aktivis...

Latest News
Dosen Attaqwa Bekasi: Penafsiran Abdul Aziz Tak Utuh

Dosen Attaqwa Bekasi: Penafsiran Abdul Aziz Tak Utuh

Ahad, 22 Sep 2019 09:03

Juni 2020, Jakarta Tuan Rumah Kejuaraan Internasional Formula E

Juni 2020, Jakarta Tuan Rumah Kejuaraan Internasional Formula E

Ahad, 22 Sep 2019 08:08

Kondisi Mesir Memanas, Rakyat Meminta Al-Sisi Mundur

Kondisi Mesir Memanas, Rakyat Meminta Al-Sisi Mundur

Ahad, 22 Sep 2019 07:29

Soal Karhutla, Berikut Pernyataan Sikap PB PII

Soal Karhutla, Berikut Pernyataan Sikap PB PII

Ahad, 22 Sep 2019 07:27

Gerakan Nasional Kedaulatan Pangan untuk Umat

Gerakan Nasional Kedaulatan Pangan untuk Umat

Ahad, 22 Sep 2019 07:09

Wali Kota Bandung Apresiasi Hadirnya Universitas Persis

Wali Kota Bandung Apresiasi Hadirnya Universitas Persis

Ahad, 22 Sep 2019 06:38

Kenapa Harus Halal Tour?

Kenapa Harus Halal Tour?

Ahad, 22 Sep 2019 06:17

Wahdah Jakarta Buka Kelas Inkubasi UKM Bersama Trainer Google

Wahdah Jakarta Buka Kelas Inkubasi UKM Bersama Trainer Google

Sabtu, 21 Sep 2019 22:07

Kepala Mossad Israel Bersiap Gantikan Netanyahu sebagai Pimpinan Partai Likud

Kepala Mossad Israel Bersiap Gantikan Netanyahu sebagai Pimpinan Partai Likud

Sabtu, 21 Sep 2019 21:45

Aparat Keamanan Mesir Tangkap Ratusan Orang Setelah Demonstrasi Menuntut Pemecatan Al-Sisi

Aparat Keamanan Mesir Tangkap Ratusan Orang Setelah Demonstrasi Menuntut Pemecatan Al-Sisi

Sabtu, 21 Sep 2019 21:15

Pasukan Israel Tembak 2 Wartawan Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Pasukan Israel Tembak 2 Wartawan Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Sabtu, 21 Sep 2019 20:45

Ratusan Ribu Tweet Tuntut Abdel Fattah Al-Sisi Dipecat dari Jabatan Presiden Mesir

Ratusan Ribu Tweet Tuntut Abdel Fattah Al-Sisi Dipecat dari Jabatan Presiden Mesir

Sabtu, 21 Sep 2019 20:16

Rencana Kemenag Hapus Materi Perang dari Kurikulum Madrasah itu Lacut!

Rencana Kemenag Hapus Materi Perang dari Kurikulum Madrasah itu Lacut!

Sabtu, 21 Sep 2019 19:54

Waketum DMI: Pemuda Islam Harus Siap Meneruskan Tongkat Estapet Kepemimpinan

Waketum DMI: Pemuda Islam Harus Siap Meneruskan Tongkat Estapet Kepemimpinan

Sabtu, 21 Sep 2019 19:36

Perkenalkan Peradaban Islam Lewat Masjid

Perkenalkan Peradaban Islam Lewat Masjid

Sabtu, 21 Sep 2019 17:44

Tiga Pesan BJ. Habibie untuk ICMI Sebelum Wafat

Tiga Pesan BJ. Habibie untuk ICMI Sebelum Wafat

Sabtu, 21 Sep 2019 15:26

Umat Islam Dilarang Bangga Terhadap Agamanya?

Umat Islam Dilarang Bangga Terhadap Agamanya?

Sabtu, 21 Sep 2019 14:27

Inkubasi Bisnis Syariah dan Ukhuwah Islamiyah Jadi Fokus MUI

Inkubasi Bisnis Syariah dan Ukhuwah Islamiyah Jadi Fokus MUI

Sabtu, 21 Sep 2019 13:14

Superfood Ini Bagus untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Superfood Ini Bagus untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Sabtu, 21 Sep 2019 13:13

Sandiwara Sepatu Kotor

Sandiwara Sepatu Kotor

Sabtu, 21 Sep 2019 12:27


Gamis Syari Cantik Murah Terbaru

Kumpulan Video Aksi Bela Islam
Must Read!
X