Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.836 views

Tuntutan Hari Buruh, Parsial atau Fundamental?

 

Oleh:

Urip Ibnu Triman, FOSBUNI (Forum Silaturahmi Buruh Ngaji Indonesia)

 

SETIAP 1 Mei para buruh merayakan hari buruh yang dikenal dengam istilah "May Day". Dalam merayakan may day biasanya para buruh turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasinya kepada pemerintah.

Tahun ini tepatnya tanggal 1 Mei  2019, ratusan ribu buruh yang tergabung dalam berbagai aliansi serikat buruh kembali turun ke jalan. Di ibukota kurang lebih lima puluh ribuan buruh menggelar aksinya di depan Istana Negara Jakarta. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengungkapkan, tuntutan serikat buruh tahun ini ada tiga hal dalam revisi Peraturan Pemerintah (PP) no. 78 tahun 2015 tentang pengupahan (Liputan6.com).

Pertama, mengembalikan hak berunding serikat buruh dalam menentukan kenaikan upah minimum. Kedua, mencabut formula penentuan kenaikan upah minimum yang bersandar pada inflasi plus pertumbuhan ekonomi. Dan yang ketiga, pemberlakuan upah minimum sektoral secara menyeluruh baik ditingkat provinsi atau kabupaten /kota.

Apabila dicermati, tuntutan buruh dari tahun ketahun tidak jauh dari persoalan pengupahan. Seolah dengan naiknya upah akan berdampak pada naiknya taraf hidup dan kesejahteraan buruh.

Namun kenyataan tak sesuai harapan. Disaat upah buruh naik satu kali tiap tahunya, pemerintah justru menaikkan harga BBM dan TDL berkali-kali. Hal ini secara otomatis berdampak pada naiknya harga kebutuhan pokok dan kebutuhan dasar masyarakat. Sehingga upah yang diterima buruh hanya cukup untuk memenuhi standar kebutuhan hidup minimum. Dan lagi-lagi nasib buruh jauh dari kondisi sejahtera.

Permasalahan kesejahteraan sebenarnya bukan hanya permasalahan khusus bagi buruh. Di negara yang menerapkap sistem ekonomi kapitalis nasib rakyat kebanyakan akan jauh dari kata sejahtera. Kesejahteraan hanya bisa dimiliki oleh segelintir orang yaitu para pemilik modal.

Setidaknya ada tiga hal yang menyebabkan kesejahteraan sulit dinikmati oleh masyarakat. Pertama negara tidak hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai pengurus urusan rakyat. Negara hanya berperan sebagai regulator. Rakyat dibiarkan bebas bersaing memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga hanya mereka yang kuat yang akan mendapat kemudahan hidup.

Kedua, tidak ada pemisahan kepemilikan antara kepemilikan individu, kepemilikan umum dan kepemilikan negara. Sehingga siapapun yang punya uang bisa memiliki dan menguasai harta apa saja termasuk harta milik umum.

Dan yang ketiga, dalam sistem ekonomi kapitalis hanya fokus pada proses produksi tanpa memperhatikan distribusi. Bisa jadi kelangkaan barang bukan karena barang itu tidak ada tetapi barang yang ada hanya berputar pada segelintir orang saja.

Itulah tiga hal yang membuat masyarakat dalam negara yang menerapkan sistem ekonomi kapitalis sulit mendapatkan pemenuhan kebutuhan hidup mereka.

Islam sebagai agama yang sempurna memiliki segenap aturan yang mampu menyelesaikan problematika manusia termasuk masalah ekonomi. Setidaknya ada tiga hal yang yang menjadikan negara Islam mampu menjamin kesejahteraan bagi seluruh warganya.

Pertama, peran negara Islam bukan hanya sebagai regulator. Negara dalam hal ini pengusa adalah pengurus urusan umat. Layaknya penggembala yang akan dimintai pertanggungjawaban terhadap gembalaanya. Tentang lapar kenyangnya, sehat sakitnya dan keamanannya. Maka negara wajib menjamin warga negara mampu memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika ada warga yang tidak mampu maka akan menjadi tanggungan negara.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: "...Siapa saja yang meninggalkan harta maka itu untuk keluarganya. Siapa saja yang meninggalkan utang atau keluarga yang terlantar makanitu berpulang kepadaku dan menjadi tanggunganku... " (HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, an-Nasa'i dan Ibnu Khuzaimah).

Kedua, Islam membagi kepemilikan menjadi tiga. Kepemilikan individu, kepemilikan umum dan kepemilikan negara. Sehingga haram bagi individu (swasta) menguasai harta milik umum. Bagi yang melanggarnya akan diberikan sanksi yang tegas oleh negara.

Dari ibnu Abbas ia berkata, Rosulullah SAW bersabda: "Kaum muslimin berserikat dalam tiga hal; air,rumput (pohon), api (bahan bakar), dan harganya adalah haram". Abu sa'id berkata , "yang di maksut adalah air yang mengalir.''(HR.Ibn Majah).

Ketiga, negara tidak hanya memperhatikan proses produksi barang tapi juga menjamin proses distribusi. Islam mengharamkan menimbun barang juga mengharamkan menghadang barang yang belum sampai kepasar.

Dari Ma’mar bin Abdullah; Rasulullah bersabda, “Tidaklah seseorang melakukan penimbunan melainkan dia adalah pendosa.” (HR. Muslim, no. 1605).

"Dulu kami pernah menyambut para pedagang dari luar, lalu kami membeli makanan milik mereka. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas melarang kami untuk melakukan jual beli semacam itu dan membiarkan mereka sampai di pasar makanan dan berjualan di sana.” (HR. Bukhari no. 2166).

Untuk menyelesaikan masalah kesejahteraan bagi buruh dan seluruh masyarakat tidak cukup hanya dengan tuntutan yang bersifat parsial. Harus ada tuntutan yang bersifat fundamental. Yaitu sebuah tuntutan untuk mengganti sistem ekonomi yang saat ini diterapkan. Yaitu sistem ekonomi kapitalis yang terbukti menjadi sumber permasalahan. Kemudian digantikan dengan sistem ekinomi yang baik yaitu sistem ekonomi Islam.

Hanya saja sistem ekonomi Islam tidak akan bisa diterapkan secara terpisah, melainkan harus tegak bersama sistem islam yang lain dalam sebuah institusi yang utuh. Disinilah urgensinya penerapan Islam secara kaffah dalam seluruh aspek kehidupan. Wallahu a'lam.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X