Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.440 views

Renungan: Hijrah Masa Kini

MOMENTUM tahun baru Islam 1441 Hijriyah merupakan tonggak perbaikan diri, masyarakat dan negara. Melakukan renungan (muhasabah) tentang apa yang terjadi didunia Islam saat ini.  Tak dapat dipungkiri bahwa saat ini negeri-negeri muslim sedang menghadapi berbagai permasalahan yang kian runcing. Akidah umat kian lemah dengan maraknya korupsi, perzinaan, penyalah gunaan narkoba, miras.

Kualitas pendidikan menurun dengan banyaknya tawuran antar pelajar, banyaknya oknum guru yang tersandung kasus kriminal bahkan pelecehan seksual. Biaya hidup kian mahal dengan mahalnya biaya rumah sakit, bahan pokok, pendidikan. Perdamaian dunia juga terkoyak dengan terjadinya berbagai tindakan penindasan kepada kaum muslimin hampir diseluruh dunia. Palestina juga belum terbebas dari kejahatan Israel. Umat Islam juga masih terpecah belah.

Berbagai permasalahan tersebut terjadi akibat lemahnya umat Islam karena telah mengabaikan aturan Allah. Mendustakan ayat-ayat Allah. Memilah-milih syariat Allah hanya mengambil yang dirasa bermanfaat, namun tidak mau seluruh kehidupan ini diatur oleh sang Maha Pengatur yakni Allah Al-Mudabbir. Hal itulah yang menyebabkan problematika umat Islam saat ini sangatlah kompleks. Lalu kapan permasalahan ini akan berakhir? 

Permasalahan tersebut harus segera diakhiri. Tak bisa ditunda lagi. Agar kondisi umat Islam diseluruh dunia kembali dalam kedamaian dan keberkahan. Maka umat Islam harus dicetak menjadi hamba-hamba yang bertakwa agar mendapatkan berkah bukan menjadi hamba-hamba yang mendustakan ayat-ayat Allah sehingga mendatangkan murka seperti yang terjadi dimasa kini.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :

"Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan." (QS. Al-A'raf 7: Ayat 96).

Ya. Untuk mengembalikan umat Islam dalam takwa maka umat Islam harus melakukan perubahan. Umat Islam harus berhijrah. Bukan berpindah dari tempat atau negara yang mengalami penindasan ke negara yang lebih tenang. Bukan pula pindah dari umat Islam yang minoritas kepada negeri umat Islam yang menjadi mayoritas. Karena pada dasarnya seluruh negeri-negeri muslim ( negara mayoritas penduduk beragama Islam ) juga mengalami berbagai problematika kehidupan yang serius. Yaitu tidak menerapkan aturan Allah dalam kehidupan dan bernegara. Maka hijrah umat Islam harus mencontoh hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah.

Sebelum itu, umat Islam harus paham tentang makna dan esensi yang terkandung dalam hijrah Rasulullah. Bahwa hijrah beliau tidak cukup dengan pindahnya beliau dari Makkah ke Madinah? Bahwa hijrah beliau bukan berhenti pada masuknya beberapa kaum kafir kepada Islam.

 

Karena sebagai umat Islam kita pasti tahu. Bahwa Rasulullah hijrah dari Makkah ke Madinah tidak bersamaan dengan para sahabat. Namun sahabat dan kaum muslimin lebih dulu hijrah ke Madinah. Kecuali sahabat Abu Bakar Ashiddiq dan Ali bin Abi Thalib. Jika makna hijrah hanyalah cukup berpindah tempat. Tidaklah perlu Rasulullah menunggu datangnya wahyu perintah beliau untuk hijrah. Bukankah bisa saja Rasulullah ikut hijrah bersama sahabat dan kaum muslimin yang lebih dulu berhijrah?

Jika hijrahpun hanya berhenti pada masuknya kaum kafir ke dalam Islam. Tentulah Rasulullah dan kaum muslimin sudah melakukan hijrah sejak mereka memeluk Islam. Jika hijrah adalah sekedar mencari tempat yang lebih aman. Pastilah Rasulullah akan hijrah sejak awal dakwah Islam mendapat pertentangan dari kaum kafir Quraisy.

Namun Rasulullah menunggu datangnya waktu yang tepat dengan turunnya Wahyu perintah berhijrah. Dan menanti kesiapan Madinah untuk manyerahkan kepemimpinan kepada beliau. Semua itu karena dalam hijrah ada sebuah misi yang harus diemban. Dalam hijrah, ada sebuah aturan yang harus diterapkan. Ya. Makna hijrah, esensi hijrah Rasulullah adalah untuk menerapkan seluruh aturan Islam secara kaffah. Dan hal tersebut dapat dilaksanakan setelah adanya penyerahan kekuasaan penduduk Madinah kepada Rasulullah untuk menjadi pemimpin seluruh umat Islam.

Ketika sudah berhijrah ke Madinah, barulah umat Islam memiliki Daulah Islamiyyah (Negara Islam). Kemudian mereka memiliki Pusat pemerintahan yaitu Masjid. Lalu mereka juga memiliki tentara, sistem pemerintahan, hubungan luar negeri dan lainnya . Umat islam memilki Rasul sekaligus pemimpin pemerintahan (Khalifah) yang menjaga mereka.

Sebelum nya ketika masih berada di Makkah, mereka hanya memiliki tanah air tanpa memiliki kekuasaan berbentuk Daulah, mereka juga tidak memilki bala tentara, juga tidak memiliki sistem pemerintahan dan lainnya, bahkan untuk Masjid pun mereka belum memilki nya.

Keadaan umat muslim berbalik 180 derajat ketika sebelum dan sesudah Hijrah. Alasan inilah yang menjadikan peristiwa Hijrah selalu dikenang oleh Kaum Muslimin, baik Muhajirin maupun Anshar. Serta dengan alasan inilah yang menjadikan bahwa Hijrah itu sangat penting dalam perjalanan dakwah Rasulullah. Inilah makna hijrah Nabi. Hijrah sejati yakni hijrah menuju perubahan hakiki dengan tegaknya Daulah Madinah Al Munawwarah.

Dan kita, sebagai umat Islam wajib meneladani hijrah Rasulullah. Dengan memahami esensi hijrah Nabi, bukan sekedar berpindah tempat. Maka hijrah masa kini adalah dengan mencampakkan cara hidup sekuler kapitalis dan merubahnya dengan menerapkan aturan Islam secara kaffah ( total ).

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 208).

Semoga bulan Muharram tahun ini, 1441 H menjadi tonggak kelahiran umat Islam yang memiliki negara agar aturan Allah dapat diterapkan secara kaffah sehingga seluruh dunia mendapat rahmat dan berkah. In syaa Allah.*

Nusaibah Al Khanza

Pemerhati Masalah Sosial

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Tak Punya Biaya, Remaja Sebatang Kara Terancam Putus Sekolah. Ayo Bantu.!!

Sejak balita Astrid Nuraini sudah hidup sebatang kara tanpa ayah, ibu dan saudara. Diasuh ibu angkat yang sudah lanjut usia, ia tidak bisa melanjutkan sekolah ke SMA Islam karena terbentur biaya....

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Balita Anak Aktivis Dakwah Melepuh Tercebur Air Mendidih. Ayo Bantu..!!

Di hari raya Idul Fitri yang ceria, Ibrahim justru merintih perih di bangsal Rumah Sakit. Tubuh mungil balita anak aktivis dakwah media ini melepuh tercebur air mendidih di halaman tetangganya....

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya Cessar Dilunasi, Bayi Fauziah Pulang ke Ciamis. Semoga Jadi Wanita Shalihah Mujahidah Dakwah

Biaya persalinan cessar dilunasi, Ummi Nurhayati dan bayinya bisa pulang dari rumah sakit. Semoga para donatur berlimpah rizki, dan dede bayi ini kelak menjadi generasi mujahidah dakwah untuk...

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Rumah Yatim Piatu Santri Tahfizh Qur’an ini Doyong Terancam Ambruk. Ayo Bantu...!!

Debby Silvana dan Melani Silvana menjadi yatim saat sedang butuh belaian kasih orang tua. Kini mereka tinggal di rumah triplek yang reyot dan doyong terancam roboh. Ayo Bantu bedah rumah yatim.!!...

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Latest News
Melacak Jejak Perbedaan Indonesia Versus Turki

Melacak Jejak Perbedaan Indonesia Versus Turki

Senin, 13 Jul 2020 21:07

Save the Children: 9,7 Juta Anak Terancam Tidak Akan Kembali Ke Kelas AKibat Dampak COVID-19

Save the Children: 9,7 Juta Anak Terancam Tidak Akan Kembali Ke Kelas AKibat Dampak COVID-19

Senin, 13 Jul 2020 21:05

Tidak Usah Sakit Hati, Aya Shofiya Urusan Dalam Negeri Turki

Tidak Usah Sakit Hati, Aya Shofiya Urusan Dalam Negeri Turki

Senin, 13 Jul 2020 19:21

Ciut Nyali Denny Siregar Usai Dipolisikan

Ciut Nyali Denny Siregar Usai Dipolisikan

Senin, 13 Jul 2020 18:05

Mimpi Basah, Namun Tidak Menemukan Basah Mani

Mimpi Basah, Namun Tidak Menemukan Basah Mani

Senin, 13 Jul 2020 17:21

[VIDEO] Piagam Jakarta Umat Islam Mengalah, Tolak RUU HIP Umat Islam Tak Boleh Mengalah

[VIDEO] Piagam Jakarta Umat Islam Mengalah, Tolak RUU HIP Umat Islam Tak Boleh Mengalah

Senin, 13 Jul 2020 17:11

Sistem Pertahanan Udara Terbaru S-500 Rusia Diklaim Mampu Manghancurkan Satelit dan Meteor

Sistem Pertahanan Udara Terbaru S-500 Rusia Diklaim Mampu Manghancurkan Satelit dan Meteor

Senin, 13 Jul 2020 17:05

Iran Salahkan Radar yang Tidak Selaras dan Kesalahan Manusia Atas Penjatuhan Pesawat Ukraina

Iran Salahkan Radar yang Tidak Selaras dan Kesalahan Manusia Atas Penjatuhan Pesawat Ukraina

Senin, 13 Jul 2020 16:45

Ayasofya Camii!

Ayasofya Camii!

Senin, 13 Jul 2020 16:31

Wabah Virus Corona Baru Telah Menewaskan Lebih dari 20.000 Orang di Timur Tengah

Wabah Virus Corona Baru Telah Menewaskan Lebih dari 20.000 Orang di Timur Tengah

Senin, 13 Jul 2020 16:25

Siapa Tonjok Jokowi?

Siapa Tonjok Jokowi?

Senin, 13 Jul 2020 15:21

Penularan Covid Masih Tinggi, Muktamar Persis Ditunda Sampai April 2021

Penularan Covid Masih Tinggi, Muktamar Persis Ditunda Sampai April 2021

Senin, 13 Jul 2020 15:20

Gerak Jabar Siap Mengawal Maklumat MUI Soal RUU HIP

Gerak Jabar Siap Mengawal Maklumat MUI Soal RUU HIP

Senin, 13 Jul 2020 15:14

Ini Dia aplikasi Sadap Whatsapp paling Laku di dunia

Ini Dia aplikasi Sadap Whatsapp paling Laku di dunia

Senin, 13 Jul 2020 11:25

Mulai dari Rieke Pitaloka

Mulai dari Rieke Pitaloka

Senin, 13 Jul 2020 05:18

Menlu Turki: Gencatan Senjata Libya Bergantung Pada Penarikan Pasukan Haftar

Menlu Turki: Gencatan Senjata Libya Bergantung Pada Penarikan Pasukan Haftar

Ahad, 12 Jul 2020 21:45

Zoom Training Rizki: Ini Rahasia Milyarder Tarik Rizki, Intip Bocoran Triknya!

Zoom Training Rizki: Ini Rahasia Milyarder Tarik Rizki, Intip Bocoran Triknya!

Ahad, 12 Jul 2020 21:22

QQ HEALING 11: Sembuhkan Sakit dengan 3 ilmu, Quran, Kedokteran dan Fisika Quantum

QQ HEALING 11: Sembuhkan Sakit dengan 3 ilmu, Quran, Kedokteran dan Fisika Quantum

Ahad, 12 Jul 2020 21:15

Muslim Bosnia Peringati 25 Tahun Pembantaian Sebrenica

Muslim Bosnia Peringati 25 Tahun Pembantaian Sebrenica

Ahad, 12 Jul 2020 21:05

PBB: Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Tersangka Utama Kasus Pembunuhan Khashoggi

PBB: Putra Mahkota Saudi Mohammed Bin Salman Tersangka Utama Kasus Pembunuhan Khashoggi

Ahad, 12 Jul 2020 20:45


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X