Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.293 views

Upaya Mendistorsi Ajaran Islam

Oleh: Huma Hatun

Sebelum heboh tentang isu akan dihapuskannya sejarah peperangan di dalam Islam, pemerintah melalui mentri agama telah sebelumnya menghapus ajaran Khilafah. Tanpa disadari, sedikit demi sedikit ajaran Islam mulai dihapuskan.

Termasuk dalam hal ini mengenai sejarah peperangan Islam. Perang atau dalam syariat disebut jihat adalah sebuah kewajiban yang Allah perintahkan bagi umat muslim. Kewajiban ini bahkan menjadi ibadah yang paling tinggi kemuliaannya di sisi Allah. Seseorang yang terbunuh di medan jihad dapat masuk ke dalam surga tanpa hisab.

Namun demikian, jihad yang dimaksud bukanlah dalam arti bersungguh-sungguh menuntut ilmu, atau bersungguh-sungguh mencari nafkah. Melainkan berjihad untuk menegakkan kalimat Allah di medan perang. Sebagaimana firman Allah:

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal perang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (Q. S. Al-Baqarah: 216)

Upaya penghapusan  sejarah peperangan ini dilakukan oleh Mentri agama, Lukman Hakim, dengan alasan menghilangkan sumber radikalisme. Tidak jarang Islam saat ini sering dikaitkan dengan isu radikalisme, terlepas apa pengertian radikalisme sebenarnya. Baik syariah dan khilafah, sampai pada sejarah jihat atau peperangan mulai ditiadakan.

Menanggapi hal ini, Ustdz Ismail Yusanto menjelaskan bahwa sejarah Islam seperti peperangan baik yang terjadi pada masa Rasulullah ataupun sesudahnya merupakan cerminan dari masyarakat Islam. Hal itu dilakukan kaum muslim untuk menghadapi musuh saat mereka diserang. Dan ini merupaka perintah di dalam hukum syara’, karena umat muslim pada masa para sahabat tidak mungkin berbuat atau melakukan sesuatu tidak bersumber dari ajaran Islam.

Contoh konkrit sebagaimana Rasulullah saw menghadapi pasukan kurais di perang Uhud, perang Badar, dan peperangan lainnya. Itu semua bersumber dari ajaran islam yang sangat jelas tersebut di dalam al-Quran. Dalam surat al-Baqarah disebutkan:

Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

Perintah diatas mewajibkan umat muslim untuk berperang ketika diserang dan untuk membela diri. Peperangan semacam itu disebut sebagai jihat defensif. Namun, selain jihat defensif ada juga jihat ofensif, yaitu jihat yang dilakuan untuk menghilangkan hambatan fisik di dalam dakwah. Ustad Ismail kembali menegaskan. “Jadi itu semua adalah cerminan dari ajaran islam. Kalau kita menghapus sejarah, kmudian ajarannya ada, lalu bagaimana? Apakah ajaran ini mau dihapus? Kan tidak mungkin.” Tukas beliau.

Beliau kemudian memberikan dua analisa terkait hal ini. Pertama, beliau mengaggap bahwa hal ini adalah sesuatu hal yang aneh. Sikap ini tidak sesuai dengan seorang muslim yang seharusnya mempunyai kewajiban menyebarkan ajaran agama dan menunjukan fakta sejarah demi memperkuat argumennya.

Kedua, bahwasanya peperangan adalah jalan untuk mempertahankan diri dan  menghilangkan hambatan fisik serta untuk mewujudkan kemerdekaan. Dan itu sangat berperan besar dalam mewujudkan kemerdekaan kita.

Apa yang mau kita sebut untuk bung karno dan kiayi haji hasyim ashari yang ketika belanda datang untuk menjajah kemudian beliau-beliau menyeru untuk berjihat, nah apakah ini bukan spirit perang? Ini adalah upaya untuk menghilangkan ajaran jihad di dalam islam. Tegas Ustdz Ismail sebelum mengakhiri diskusi. Wallahua’lambisowab.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X