Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.629 views

KUII dan Penuntasan Masalah Besar Umat Islam

 

Oleh: Peni Gundari

 

            Kongres Umat Islam Indonesia VII (KUII VII) sebentar lagi akan digelar, MUI menggelar KUII VII ini di Pangkal Pinang (Bangka Belitung) pada tanggal 26 – 29 Februari 2020 dengan tema “Strategi Perjuangan Umat Islam Indonesia dalam Mewujudkan NKRI yang Maju, Adil dan Beradab”.

            Alhamdulillah di tengah - tengah kondisi umat yang dikungkung oleh sistem kapitalis sekuler saat ini, sebagian umat Islam masih ada yang peduli dengan kondisi umat Islam yang semakin terpuruk, tidak terkecuali umat Islam Indonesia.

            Buya Anwar Abbas, selaku ketua panitia pengarah KUII ke – 7 ini mengatakan optimalisasi peran umat Islam di bidang ekonomi akan menjadi poin utama di KUII, menurut beliau jika umat Islam bisa memacu dirinya di bidang ekonomi, maka ekonomi bangsa Indonesia akan menjadi besar.

            Memang ekonomi merupakan masalah penting yang patut dibahas. Menurut Rizal Ramli, kondisi perekonomian bangsa Indonesia ke depan akan semakin anjlok. Hal ini disebabkan karena negara kita semakin terjerat dan tergantung dengan hutang ribawi dari asing dan aseng.  Hutang luar negeri negara kita mencapai 5.660 triliun. Dan dengan hutang luar negeri  ini, negara kita menjadi tidak berdaulat, banyak kebijakannya terutama dalam bidang ekonomi yang disetir oleh asing dan aseng. Negara lebih berpihak kepada para pengusaha daripada kepada rakyat jelata. Berbagai subsidi dicabut, diganti dengan beberapa kompensasi yang tidak merata, dinikmati oleh sebagian rakyat saja. Ketimpangan ekonomi pun tidak terelakkan.

            Dalam sistem kapitalis sekuler saat ini yang berkuasa sejatinya adalah pemilik modal (pengusaha), semakin besar modal yang dimiliki oleh seorang pengusaha maka semakin besarlah kekuasaan untuk menyetir penguasa. Praktek ini terjadi di berbagai belahan bumi ini, tidak terkecuali di negeri muslim sekarang banyak yang menjadi negara korporatokrasi. Tentu saja gagasan atas strategi yang diusung dalam KUII ke -7 mendatang yaitu menggencarkan UMKM sebagai upaya untuk mendongkrak perekonomian umat akan sulit terwujud.

             Di era pasar bebas saat ini banyak pengusaha yang gulung tikar, terutama pengusaha dengan modal kecil. Pengusaha – pengusaha kecil dan menengah banyak yang kalah bersaing dengan pengusaha – pengusaha besar dari asing atau aseng, karena negara menetapkan kebijakan impor disegala bidang, baik barang maupun tenaga kerja. Garam dan cangkul pun diimpor, tenaga kerja kasar asing terutama dari Cina membanjiri negeri kita. Tentu UMKM lokal yang ada di negeri kita akan susah untuk eksis.

            Dalam sistem Islam yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para Khalifah telah terbukti bahwa sistem ini bisa menghantarkan manusia kepada kesejahteraan. Jika kita menginginkan kesejahteraan, maka kita harus menerapakan Islam dalam seluruh aspek kehidupan (kaffah), bukan hanya ekonominya saja tetapi harus semuanya, ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan sebagainya.

            Dalam sistem ekonomi Islam, dikenal ada 3 jenis kepemilikan, ada kepemilikan individu, kepemilikan negara dan kepemilikan umum. Benda – benda yang termasuk kepemilikan umum tidak boleh dimiiki oleh individu, swasta atau negara. Dalam pengelolaan benda – benda kepemilikan umum, negara hanya sebagai pengelola, negara tidak boleh menjualnya atau menyerahkan pengelolaannya kepada individu, swasta asing atau aseng. Air, barang tambang yang melimpah, hutan, serta sarana dan prasarana umum tidak boleh dikuasai atau dikelola oleh individu, swasta asing atau aseng.

            Setiap individu rakyat memiliki hak untuk memperoleh manfaat dari harta milik umum dan sekaigus pendapatannya. Tidak ada perbedaan apakah individu rakyat tersebut laki – laki atau perempuan, anak – anak atau dewasa, orang shaleh atau orang jahat. Ketika kebutuhan dalam negeri sudah terkecukupi, maka negara boleh menjualnya kepada swasta atau asing, hasil penjualannya bisa dibagikan langsung kepada masyarakat secara umum, atau digunakan untuk fasilitas atau sarana umum seperti pendidikan, kesehatan, jalan, transportasi umum, listrik, dan lain sebagainya. Dengan begini tentu beban hidup masyarakat tidak berat seperti saat ini.  

            Strategi untuk mendongkrak perekonomian negeri ini sebenarnya dalam pandangan sistem ekonomi Islam salah satunya bukan bermain dalam sektor mikro seperti UMKM, melainkan perekonomian yang berorientasi pertahanan, yaitu optimalisasi pada industri berat seperti industri besi dan baja, batubara, perkapalan, pesawat, alutsista, penambangan, manufaktur, dan lain sebagainya.

            Industrialisasi ini tidak hanya mampu menyediakan lapangan pekerjaan dan keuntungan, melainkan sebagai suatu upaya pencegahan intervensi negara luar, sehingga negara dapat berdaulat. Selain itu sistem ekonomi Islam tidak berbasis pada ekonomi ribawi sebagaimana praktek ekonomi rezim sekarang.

            Strategi ekonomi seperti ini tidak akan bisa terealisasi jika tidak didukung dengan sistem politik yang sevisi. Visi politik Islam adalah pembebasan dari segala bentuk penjajahan, baik dari aspek politik atau ekonomi, termasuk penjajahan melalui pinjaman atau utang ribawi maupun penguasaan sumber kekayaan alam oleh perusahaan – perusahaan multi nasional.

            Inilah solusi Islam yang hanya akan bisa diwujudkan dalam sebuah institusi yaitu Khilafah. Sistem ini akan mengenyahkan segala bentuk intervensi asing atau aseng, yang sebenarnya menjadi penyebab ketimpangan ekonomi dan politik negeri ini. Maka seharusnya Khilafahlah yang menjadi poin pembahasan dalam setiap diskusi umat Islam terlebih para tokoh muslim. Khilafah merupakan sebuah sistem pemerintahan warisan Rasulullah yang sudah tergaransi dan terbukti membawa kejayaan umat Islam dan bahkan menjadi rahmat untuk semesta alam. Wallaahu a’lam bish shawab.[]

Ilustrasi: Google

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Dede Bayi Calon Mujahidah Islam Lahir dengan Operasi Cessar. Ayo Bantu.!!

Ayo bantu dede bayi ini, kekurangan biaya persalinan cessar di Rumah Sakit Banjar sebesar 5 juta rupiah. Sang ayah adalah aktivis Islam, dikenal pendekar bela diri yang sedang terkendala ekonomi....

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Masuk Islam Satu Keluarga, Rudy Chow Liung Kehilangan Pekerjaan. Ayo Bantu Khitan dan Modal Usaha.!!

Hijrah memeluk Islam, Rudy Chow tinggalkan bisnis peralatan sembahyang Vihara. Ia jadi pengangguran dan ekonominya ambruk....

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

IDC Tunaikan Beasiswa Muallaf Maria di Universitas Brawijaya Malang

Alhamdulillah, kini Maria muallaf mahasiswi Universitas Brawijaya bisa bernafas lega. Yayasan IDC menyalurkan amanah dari para donatur, sebesar Rp 66.648.300 untuk membantu beasiswa pendidikan...

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Wakaf Speaker Mushalla Gunung Sri Tasikmalaya, Dapatkan Pahala yang Terus Mengalir

Sudah 13 tahun mushalla ini menjadi sentral dakwah di kampung Gunung Sri, Tasikmalaya. Namun mushalla ini belum memiliki alat pengeras suara. Diperlukan dana 5 juta rupiah. Ayo Bantu....

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Ayo Bantu Yatim Piatu Anna Puspita, Peluang Masuk Surga Bersama Nabi Sedekat Dua Jari

Sejak balita ia ditinggal wafat sang ayah, menyusul sang ibunda wafat dua tahun silam. Segala kesulitan, kesedihan dan keruwetan hidup, kini harus dipikul sendiri. ...

Latest News
Jumlah Kematian Akibat Virus Corona di Iran Bertambah Menjadi 4.232 Orang

Jumlah Kematian Akibat Virus Corona di Iran Bertambah Menjadi 4.232 Orang

Jum'at, 10 Apr 2020 22:15

Seorang Warga Palestina di Gaza Ditangkap Karena Berupaya Lakukan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Seorang Warga Palestina di Gaza Ditangkap Karena Berupaya Lakukan Normalisasi Hubungan dengan Israel

Jum'at, 10 Apr 2020 22:00

Muhammadiyah dan BNPB Sepakat Gotong Royong Kunci Hadapi Corona

Muhammadiyah dan BNPB Sepakat Gotong Royong Kunci Hadapi Corona

Jum'at, 10 Apr 2020 21:59

Kanada Ancam Lakukan pembalasan Atas Pembatalan Pengiriman Pasokan Medis oleh AS

Kanada Ancam Lakukan pembalasan Atas Pembatalan Pengiriman Pasokan Medis oleh AS

Jum'at, 10 Apr 2020 21:35

Israel Konfirmasi Kasus Virus Corona Lampaui 10.000

Israel Konfirmasi Kasus Virus Corona Lampaui 10.000

Jum'at, 10 Apr 2020 21:05

Turki Akan Lacak Pasien Virus Corona dengan Aplikasi Telepon Pintar

Turki Akan Lacak Pasien Virus Corona dengan Aplikasi Telepon Pintar

Jum'at, 10 Apr 2020 20:35

Penerima Paket Sembako Dapat Surat 'Cinta' dari Gubernur Anies

Penerima Paket Sembako Dapat Surat 'Cinta' dari Gubernur Anies

Jum'at, 10 Apr 2020 19:59

Update 10 April 2020 Infografis Covid-19: 3512 Positif, 282 Sembuh, 306 Meninggal

Update 10 April 2020 Infografis Covid-19: 3512 Positif, 282 Sembuh, 306 Meninggal

Jum'at, 10 Apr 2020 16:43

Syubhat Anjuran Merokok di Tengah Wabah Covid-19

Syubhat Anjuran Merokok di Tengah Wabah Covid-19

Jum'at, 10 Apr 2020 16:27

Islamic State Lancarkan Serangan Mendadak di Kota Sukhna Suriah, 18 Tentara Assad Tewas

Islamic State Lancarkan Serangan Mendadak di Kota Sukhna Suriah, 18 Tentara Assad Tewas

Jum'at, 10 Apr 2020 15:05

Perempuan: Antara Covid'19 dan Deklarasi Beijing+25

Perempuan: Antara Covid'19 dan Deklarasi Beijing+25

Jum'at, 10 Apr 2020 11:32

Pernah Tulis Buku Jokowi Satrio Piningit, Musni Umar: Fakta Tak Sesuai Mimpi dan Harapan

Pernah Tulis Buku Jokowi Satrio Piningit, Musni Umar: Fakta Tak Sesuai Mimpi dan Harapan

Jum'at, 10 Apr 2020 09:35

Ombudsman: Pembiaran Terhadap Kelangkaan Masker dan APD Termasuk Maladministrasi

Ombudsman: Pembiaran Terhadap Kelangkaan Masker dan APD Termasuk Maladministrasi

Jum'at, 10 Apr 2020 08:56

Rapat dengan Gubernur BI, Anis Ingatkan Kebijakan Moneter Bukan Segalanya

Rapat dengan Gubernur BI, Anis Ingatkan Kebijakan Moneter Bukan Segalanya

Jum'at, 10 Apr 2020 07:52

Antara Imun, Iman, dan Islam

Antara Imun, Iman, dan Islam

Jum'at, 10 Apr 2020 06:31

Isu Corona Muncul, Isu Anak Hilang

Isu Corona Muncul, Isu Anak Hilang

Jum'at, 10 Apr 2020 01:11

PKS Minta PLN Gratiskan Listrik Rumah Ibadah Selama Darurat Corona

PKS Minta PLN Gratiskan Listrik Rumah Ibadah Selama Darurat Corona

Kamis, 09 Apr 2020 23:39

Terima Kasih Bapak Presiden SBY

Terima Kasih Bapak Presiden SBY

Kamis, 09 Apr 2020 22:50

Al Faruq dan Solusi Saat Wabah, Rindukah Kita?

Al Faruq dan Solusi Saat Wabah, Rindukah Kita?

Kamis, 09 Apr 2020 22:24

Viral Lagu Aisyah Istri Rasulullah, No Baper-Baper Club Ya!

Viral Lagu Aisyah Istri Rasulullah, No Baper-Baper Club Ya!

Kamis, 09 Apr 2020 22:02


Hijab Syari Terbaru 2020

Must Read!
X