Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
3.751 views

Saat Syariat Dipasung, Jenazah pun Dilarung

 

Oleh: Wardah Abeedah

 

So sad. Sebuah foto yang lewat beranda media sosial membuat saya susah memejamkan mata. Dalam foto tersebut, seorang remaja usia belasan tampak mengenakan seragam SMK pelayaran. Masih sangat muda, harusnya mimpinya masih panjang, harapan orang tuanya mungkin begitu besar. Foto itu adalah foto salah satu ABK yang jenazahnya dilarung dari kapal China. Satu lagi fakta yang Allah perlihatkan soal borok sistem hidup sekular kapitalis.

Tiga jenazah itu memang tak akan dihisab soal kenapa mereka wafat tanpa pemakaman syar'i. Tapi kita, seluruh kaum muslimin akan dipertanyakan kelak, tentang fardhu kifayah ini. Kenapa mereka tak dapatkan haknya dari seluruh kaum muslimin?

Dalam kitab Al-Minhajul Qawim disebutkan:

لو مات بسفينة والساحل بعيد أو به مانع فيجب غسله وتكفينه والصلاة عليه ثم يجعل بين لوحين ثم يلقى في البحر ويجوز أن يثقل لينزل إلى القرار

"Jika seseorang mati di atas kapal atau perahu, dan tepian lautan jauh atau ada kendala lainnya, maka wajib memandikannya, mengafaninya, menyalatinya, kemudian diletakkan di antara dua papan, lalu ditenggelamkan ke dalam lautan. Dan boleh diberi pemberat agar bisa sampai ke dasar lautan."

Tapi ini, jenazah tak dimandikan secara syar'i, dikafani sesuai aturan fiqhnya, tak dishalati dan ditenggelamkan sesuai perintah Allah dan RasulNya? Kita sedang bermaksiat berjamaah!

Di atas semua itu, tanggung jawab ini akan lebih erat ditanggung oleh pihak yang punya wewenang memulangkan jenazah. Pihak ini punya kewajiban melindungi setiap jiwa yang menjadi tanggung jawabnya saat mereka bekerja dengan negara lain. Siapakah pihak ini? Dia adalah negara, pemerintah. Dalam kaca mata syariah, pemimpin berkuasa untuk menegakkan ketaatan, mengurusi rakyat dengan syariah, dan menjadi pelindung bagi rakyat.

Harusnya kepemimpinannya mampu memastikan tak ada satu pun jenazah muslim yang tak mendapatkan hak dimandikan, dikafani, dishalati dan dikuburkan. Harusnya kepemimpinannya memastikan perlindungan bagi tiap-tiap individu rakyat, baik itu ketika berada di dalam negeri ataupun bekerja pada pihak luar negeri.

Sayangnya, itu semua adalah ajaran Islam yang kini dicampakkan. Keberadaan pemerintah bukan untuk menegakkan Islam sebagai hukum/panduan dalam mengurus rakyat. Bukan juga dalam rangka menjadi pelindung semua rakyat. Karena negeri ini bukan negara Islam, landasannya bukan aqidah Islam, hukumnya bukan hukum Allah (syariah). Kita hidup di negeri dengan landasan sekuler, berbentuk republik, dengan sistem pemerintahan demokrasi, dimana hukum dibuat oleh suara terbanyak, atau suara kapitalis yang bisa membeli kebijakan.

Negara model ini tak akan pernah memperhatikan aspek ketaatan. Urusan agama tak pernah jadi nomer satu hingga nomor sepuluh pun. Karena agama tak pernah dijadikan hal penting. Allah tak dijadikan subyek untuk membuat hukum, penetap nilai dan standar baik buruk, benar-salah, pemegang otoritas tertinggi.

Lihatlah, untuk urusan fardhu kifayah pengurusan jenazah saja mereka tak mampu menegakkannya. Urusan kefarduan (ain) shalat Jumat dan fardhu kifayah shalat jamaah di masjid bagi lelaki tak menjadi perhatian. Entah itu untuk diupayakan agar tetap ada dengan mengerahkan segenap daya upaya secara ilmiah dan kemajuan teknologi, menegakkannya dengan banyak catatan dari segi kesehatan misalnya. Padahal jika itu untuk hiburan acara televisi dan yang tak penting lainnya bisa diupayakan tetap berjalan.

Negara model begini memang tak mampu, meskipun sekadar untuk menegakkan syariah yang skupnya sederhana dan mudah dilaksanakan. Jadi jangan berharap, negara dengan sistem demokrasi akan mampu menegakkan sistem ekonomi Islam, mendirikan Baitul Maal, menerapkan sistem pendidikan Islam, atau syariah yang lebih rumit lainnya. Meski kyai atau -maaf-  Pak Anis yang akan memimpin. Karena ini bukan soal person pemimpinnya, tapi pada sistem yang tegak di atasnya. Maka, sudah selayaknya kita talak tiga pada negara model ini. Ganti dengan sistem politik dan pemerintahan Islam yang akan menegakkan semua syariah Islam dalam segenap aspeknya. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X