Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.745 views

Benarkah Ayat Qur’an Tentang Khamr Kontradiktif?

Oleh: Asadullah Syamil S. (Mahasiswa Istanbul 29 Mayis University)

 

(الحمد لله حمدا كثيرا طيبا مباركا فيه و نصلى على لرسولنا لكريم الأنبياء و المرسلين و على اله وصحبه و من تبعهم الى يوم الدين.)

وقد أنزل الله في الخمر أربع آيات 

إحداها: آية تبيحه: وهي قوله تعالى: {ومن ثمرات النخيل والأعناب تتخذون منه سكراً ورزقاً حسناً} [النحل: ٦٧]. نزلت بمكة " وكان المسلمون يشربونها وهي حلال لهم" 

والثانية: آية تعرض بالتحريم: وهي هذه الآية، " فشربها قوم وتركها آخرون" 

والثالثة: آية تمنعه في وقت دون آخر، وهي قوله تعالى: {يا أيها الذين آمنوا لا تقربوا الصلاة وأنتم سكارى} [النساء: ٤٣]، " فقل من شربها".

والرابعة: آية تمنعه دائماً مطلقاً: وهي آية المائدة التي نزلت في السنة الثامنة من الهجرة، وهي قوله تعالى: {يا أيها الذين آمنوا إنما الخمر والميسر ... } [المائدة: ٩٠] الآيات .

(الكفاية في التفسير بالمأثور والدراية - د. عبد الله خضر حمد, اسباب نزول, الصفحة 4/319)

Dan Allah telah menurunkan 4 ayat tentang khamr, 

Yang pertama: Ayat yang membolehkannya: Dan ia adalah firman-Nya Allah ta’ala: (Dan dari buah kurma dan anggur, kamu membuat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik..) [An Nahl: 67]. Turun di kota Makkah. “Dan pada waktu itu kaum muslimin meminumnya dan ia halal bagi mereka” (3)

Dan yang kedua: Ayat yang menghindarkan (dari khamr) dengan keharamannya: Dan ia adalah ayat ini, “Sebagian kaum meminumnya, dan sebagian lagi meninggalkannya”

Dan yang ketiga: Ayat yang mencegah/mengharamkan (khamr) pada waktu selainnya, dan ia adalah firman-Nya ta’ala: “Wahai orang-orang yang beriman janganlah kalian mendekati shalat ketika dalam kondisi mabuk” [An Nisa: 43]. Dan sedikitlah yang meminumnya.

Dan yang keempat: Ayat yang mengharamkan selamanya secara mutlak: Dan ia adalah ayat pada surah Al Ma’idah yang mana turun pada tahun ke 8 Hijrah, dan ia adalah firman-Nya Allah ta’ala: “Wahai orang-orang yang beriman sesungguhnya khamr, berjudi..” [Al Ma’idah: 90].

(Al Kifayah fi Tafsir bil Ma’tsuri wad Dirayah – Dr. Abdullah Khadr Hamad, Asbabun Nuzul, Hal. 4/319)

Dengan membaca ayat 67 pada Surat An Nahl kita mungkin saja berfikir, bagaimana bisa di ayat ini menghalalkan sedangkan di ayat lain ada yang mengharamkannya? Dalam hal ini mari kita simak penjelasan berikut:

فَإِنْ قِيلَ: الْخَمْرُ مُحَرَّمَةٌ فَكَيْفَ ذَكَرَهَا اللَّهُ فِي مَعْرِضِ الْإِنْعَامِ؟

أَجَابُوا عَنْهُ مِنْ وَجْهَيْنِ: الْأَوَّلُ: أَنَّ هَذِهِ السُّورَةَ مَكِّيَّةٌ، وَتَحْرِيمُ الْخَمْرِ نَزَلَ فِي سُورَةِ الْمَائِدَةِ، فَكَانَ نُزُولُ هَذِهِ الْآيَةِ فِي الْوَقْتِ الَّذِي كَانَتِ الْخَمْرُ فِيهِ غَيْرَ مُحَرَّمَةٍ. الثَّانِي: أَنَّهُ لَا حَاجَةَ إِلَى الْتِزَامِ هَذَا النَّسْخِ، وَذَلِكَ لِأَنَّهُ تَعَالَى ذَكَرَ مَا في هذه الأشياء من المنافع، وَخَاطَبَ الْمُشْرِكِينَ بِهَا، وَالْخَمْرُ مِنْ أَشْرِبَتِهِمْ فَهِيَ مَنْفَعَةٌ فِي حَقِّهِمْ، ثُمَّ إِنَّهُ تَعَالَى نَبَّهَ فِي هَذِهِ الْآيَةِ أَيْضًا عَلَى تَحْرِيمِهَا، وَذَلِكَ لِأَنَّهُ مَيَّزَ بَيْنَهَا وَبَيْنَ الرِّزْقِ الْحَسَنِ فِي الذِّكْرِ، فَوَجَبَ أَنْ لَا يَكُونَ السَّكَرُ رِزْقًا حَسَنًا، وَلَا شَكَّ أَنَّهُ حَسَنٌ بِحَسَبِ الشَّهْوَةِ، فَوَجَبَ أَنْ يُقَالَ الرُّجُوعُ عَنْ كَوْنِهِ حَسَنًا بِحَسَبِ الشَّرِيعَةِ، وَهَذَا إِنَّمَا يَكُونُ كَذَلِكَ إِذَا كَانَتْ مُحَرَّمَةً .

(تفسير الرازي = مفاتيح الغيب أو التفسير الكبير20/235 , دار إحياء التراث العربي – بيروت)

Maka jika ditanya: Khamr itu haram maka bagaimana Allah menyebutkan khamr itu termasuk kenikmatan?

Aku menjawabnya dari dua sisi: Yang pertama: Bahwasannya surat ini adalah Makiyyah, dan keharaman khamr turun di surat Al Ma’idah, turunnya ayat ini adalah pada waktu yang mana saat itu khamr tidak haram. Yang kedua: Bahwasannya ia tidak perlu terikat dengan nasakh (pembatalan, peniadaan ayat dalam medote nasikh-mansukh) ini, dan itu dikarenakan Allah ta’ala telah menyebutkan hal-hal dari sisi manfaat/keuntungan, dan orang-orang musyrik berbicara dengannya, dan khamr itu adalah minuman mereka maka ia adalah suatu manfaat yang layak bagi mereka, kemudian sesungguhnya Allah ta’ala telah memberitahukan dalam ayat ini juga tentang keharamannya, dan itu dikarenakan (Allah subhanahu wata’ala) membedakan diantaranya mana rezeki yang hasan (baik) pada penyebutannya[1], sehingga mestilah sesuatu yang memabukkan tidak termasuk rezeki yang baik, dan tidak diragukan lagi bahwasannya ia baik dalam urusan syahwat, maka mesti dikatakan untuk merujuk dari eksistensi kebaikan dari perhitungan syariat, dan hal tersebut sesungguhnya menjadi semacam ini jika ia haram. 

(Tafsir Ar-Razi = Mafatihul Ghaib atau Tafsir al Kabir 20/235, Dar Ihya Turats al Arabi – Beirut)

Imam al Mawardi rahimahullah menjelaskan: 

روى عبد الوهاب عن عوف بن أبي القموص عن زَيْدِ بْنِ عَلِيٍّ قَالَ: أَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى في الخمر ثلاث مرات، فأول ما أنزل: {يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ} [البقرة: ٢١٩] فَشَرِبَهَا قَوْمٌ وَامْتَنَعَ عنها قَوْمٌ.

ثُمَّ أَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى: {لا تَقْرَبُوا الصَّلاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ} [النساء: ٤٣] فامتنعوا عنها، فِي وَقْتِ الصَّلَاةِ، وَشَرِبُوهَا فِي غَيْرِ وَقْتِ الصلاة، ثم أنزل: {إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالأَنْصَابُ وَالأَزْلامُ رِجْسٌ مِنْ عمل الشيطان فاجتنبوه لعلكم تفلحون إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ والبغضاء فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وعن الصلاة فهل أنتم منتهون} فَقَالَ عُمَرُ: انْتَهَيْنَا انْتَهَيْنَا، فَاسْتَقَرَّ بِهَا التَّحْرِيمُ

 13/383 , دار الكتب العلمية، بيروت – لبنان) - الحاوي الكبير)

Meriwayatkan Abdul Wahhab dari Auf bin Abi al Qamush dari Zaid bin Ali ia berkata: Allah ta’ala menurunkan ayat tentang khamr 3 kali, yang mana yang pertama kali turun: “Mereka bertanya tentang khamr dan berjudi, katakanlah pada keduanya ada dosa yang besar dan manfaat-manfaat untuk manusia..” [Al Baqarah: 219] maka sebagian kaum meminumnya dan yang sebagian lagi meninggalkannya.

Kemudian Allah ta’ala menurunkan ayat: “Janganlah kalian mendekati shalat dalam keadaan mabuk hingga kalian sadar apa yang kalian ucapkan..” [An Nisa: 43] maka mereka meninggalkannya (khamr) pada waktu shalat, dan meminumnya pada waktu selain waktu shalat, kemudian turun kembali ayat: “Sesungguhnya khamr, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan syaitan maka jauhilah mudah mudahan kamu beruntung. Sesungguhnya syaitan menginginkan timbulnya permusuhan dan kebencian di antara kamu dengan khamr dan judi itu, dan menghalang-halangimu dari mengingat Allah dan melaksanakan shalat, maka tidak maukah kamu berhenti?” [Al Ma’idah: 90-91] maka berkata Umar bin Khattab: Kami berhenti kami berhenti (dari meminum khamr)[2], dan menjadi tetap keharamannya dengan ayat tersebut.

(Al Hawi Al Kabir – 13/382, Darul Kutub al Alamiyah, Beirut – Lebanon)

Maka secara mutlak, ayat ke 90 dan 91 dari Surat Al Ma’idah telah jelas menegaskan bahwasannya khamr mutlak keharamannya, harus dijauhi karena kemudharatannya yang besar dan akibatnya yang sangat buruk naudzubillahi min dzalik. Juga, dalam hal ini (adanya beberapa ayat yang berbeda) maupun hal lain yang kita belum tahu, maka kita sebagai penuntut ilmu dan manusia biasa harus mengembalikannya kepada Allah, Rasul-Nya dan para ulama yang merupakan warasatul anbiya’ (pewaris para nabi). Wallahu a’lam bi shawab.

 

والحمد لله رب العالمين

 

 

[1] Seperti yang disebutkan pada Tafsir Ar Razi, وَذَلِكَ لِأَنَّهُ تَعَالَى ذَكَرَ مَا في هذه الأشياء من المنافع، yaitu mengacu pada ayat ke 90 dalam Surat Al-Ma’idah.

[2] Musnad Ahmad 1/443 – Bab Musnad Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu. Sanadnya shahih rijalnya tsiqah (terpercaya) yaitu Khalaf bin al Walid, di tsiqah-kan oleh Ibnu Main dan Abu Zar’ah dan Abu Hatim. Lihat juga dalam: Sunan Abu Daud: 3670 dan Sunan At Tirmidzi: 3049.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Bayi Ramadhan ini Butuh Biaya Persalinan, Ayo Bantu..!!!

Maryanti tak bisa khusyuk beribadah Ramadhan karena kondisinya kritis. Persalinan di rumah sakit berjalan lancar, namun tagihan 4,5 juta rupiah tak mampu dibayar oleh keluarga kuli serabutan...

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Kisah Haru Ustadz Ismail, Guru Al-Qur’an Disabilitas Butuh Motor Dakwah. Ayo Bantu..!!

Terlahir disabilitas tanpa kaki dan tangan yang sempurna, ia tetap tegar berdakwah dan bekerja mencari nafkah sebagai tukang las di bengkel berat. Ia butuh sepeda motor roda tiga untuk berdakwah....

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Rumah Ambruk Diterjang Banjir, Kakek Tuna Netra ini Tinggal di Jembatan, Ayo Bantu..!!!

Sudah 21 hari Kakek Jaman mengungsi ke jembatan di tengah sawah Karangharja Bekasi. Rumah bambu yang dihuni sejak tahun 1985 itu roboh diterjang banjir akibat jebolnya tanggul Citarum....

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla Al-Mubarok Ambruk Diterjang Hujan, Ayo Bantu..!!!

Mushalla ini ambruk tak kuat menahan gempuran hujan deras. Kegiatan ibadah dan syiar mushalla pun terhenti. Ayo bantu renovasi supaya pada bulan Ramadhan warga bisa shalat jamaah, tarawih dan...

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Kisah Pilu Abdurrahman, Balita Pejuang Tumor Mata Menangis Bercucuran Darah. Ayo Bantu.!!

Belum genap berusia 2 tahun, bocah imut mungil ini harus menjalani hidup dengan dahsyatnya penyakit tumor ganas di. Hari-harinya dipenuhi tangis bersimbah darah yang mengucur dari luka matanya...

Latest News
Takjil Dipopulerkan Muhammadiyah

Takjil Dipopulerkan Muhammadiyah

Rabu, 21 Apr 2021 17:38

Legislator Bukhori Dorong Historiografi Indonesia yang Memihak Ulama dan Santri

Legislator Bukhori Dorong Historiografi Indonesia yang Memihak Ulama dan Santri

Rabu, 21 Apr 2021 16:33

Yakin Polri Mampu Tangkap Jozeph Paul Zhang, Fahira Idris: Umat Jangan Terpancing

Yakin Polri Mampu Tangkap Jozeph Paul Zhang, Fahira Idris: Umat Jangan Terpancing

Rabu, 21 Apr 2021 15:31

Tahun-tahun Suram Pembangunan Iptek Nasional

Tahun-tahun Suram Pembangunan Iptek Nasional

Rabu, 21 Apr 2021 14:20

Sugar Daddy-Sugar Baby, Hubungan Mengerikan di Sekitar Kita

Sugar Daddy-Sugar Baby, Hubungan Mengerikan di Sekitar Kita

Rabu, 21 Apr 2021 12:51

Sekolah Tatap Muka, Yakin Sudah Siap?

Sekolah Tatap Muka, Yakin Sudah Siap?

Rabu, 21 Apr 2021 12:41

Publik Butuh Sistem yang Bertujuan Takwa

Publik Butuh Sistem yang Bertujuan Takwa

Rabu, 21 Apr 2021 12:30

Dayah Darul Quran Aceh Gelar Mukhayyam Ramadhan

Dayah Darul Quran Aceh Gelar Mukhayyam Ramadhan

Rabu, 21 Apr 2021 12:11

Ponpes Tahfidz Wahdah Islamiyah Cibinong Gelar Ujian Hafalan Terbuka untuk Pertama Kali

Ponpes Tahfidz Wahdah Islamiyah Cibinong Gelar Ujian Hafalan Terbuka untuk Pertama Kali

Rabu, 21 Apr 2021 11:50

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Rabu, 21 Apr 2021 11:10

Kontroversi Nadiem Makarim Hapus Pendidikan Pancasila

Kontroversi Nadiem Makarim Hapus Pendidikan Pancasila

Rabu, 21 Apr 2021 10:49

Yordania Cabut Larangan Shalat Jum'at Menyusul Penurunan Kasus Infeksi COVID-19

Yordania Cabut Larangan Shalat Jum'at Menyusul Penurunan Kasus Infeksi COVID-19

Selasa, 20 Apr 2021 21:45

Parlemen Pakistan Adakan Sesi Debat Apakah Akan Mengusir Dubes Prancis Dari Islamabad

Parlemen Pakistan Adakan Sesi Debat Apakah Akan Mengusir Dubes Prancis Dari Islamabad

Selasa, 20 Apr 2021 21:10

Presiden Chad Idris Deby Tewas Setelah Perangi Pemberontak Di Garis Depan

Presiden Chad Idris Deby Tewas Setelah Perangi Pemberontak Di Garis Depan

Selasa, 20 Apr 2021 20:40

Persis Desak Polri Tangkap Joseph Paul Zhang yang Diduga Menista Islam

Persis Desak Polri Tangkap Joseph Paul Zhang yang Diduga Menista Islam

Selasa, 20 Apr 2021 11:55

Adara Salurkan Bantuan Langsung Untuk Pengungsi Palestina di Libanon

Adara Salurkan Bantuan Langsung Untuk Pengungsi Palestina di Libanon

Selasa, 20 Apr 2021 11:11

Jadikan Rumahmu Kiblat

Jadikan Rumahmu Kiblat

Senin, 19 Apr 2021 21:36

Shalat Tarawih (Bagian Dua)

Shalat Tarawih (Bagian Dua)

Senin, 19 Apr 2021 21:28

Pensiunan Kolonel Militer Israel Sebut Sistem Pertahanan Iron Dome Tidak Dapat Diandalkan

Pensiunan Kolonel Militer Israel Sebut Sistem Pertahanan Iron Dome Tidak Dapat Diandalkan

Senin, 19 Apr 2021 19:30

Hamas: Perjuangan Akan Terus Berlanjut Sampai Pembebasan Penuh Al-Aqsa Dari Musuh Zionis

Hamas: Perjuangan Akan Terus Berlanjut Sampai Pembebasan Penuh Al-Aqsa Dari Musuh Zionis

Senin, 19 Apr 2021 19:10


MUI

Must Read!
X