Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.244 views

Dua Warna Peradaban Manusia

 

Oleh:

Ummu Nazry || Pemerhati Generasi dan Kebijakan Publik

 

PERADABAN manusia akan senantiasa ada dalam dua warna,  hitam dan putih.  Peradaban akan berada dalam warna hitam dan gelap manakala peradaban yang ada menyelisihi fitrah penciptaan manusia,  tidak mampu menjawab setiap tanya manusia dengan tuntas, dan tidak dapat memberikan ketentaman dalam hati manusia.

Manusia ada dalam kuasa hawa nafsunya belaka. Sehingga menyelesaikan permasalahan hidupnya pun hanya berdasarkan pada hawa nafsunya saja. Peradaban hitam manusia akan dipenuhi dengan aktivitas mengumbar nafsu secara bebas.  

Liberalisme (kebebasan tanpa kendali) akan mendominasi kehidupan manusia dalam peradaban hitam manusia. Sehingga menjadi hal yang biasa terjadi jika norma dalam kehidupannya tidak begitu banyak diperhatikan. Tidak ada istilah berbakti kepada kedua orang tua,  tidak ada istilah menepati janji,  yang ada hanyalah kepentingan semata. Sehingga menjadi hal yang lumrah saja terjadi yaitu timbulnya banyak konflik kepentingan dalam masyarakatnya. Dan yang dapat memenangkan konflik adalah mereka yang memiliki uang,  kekuasaan dan lobi yang kuat. Pihak yang lemah akan tersingkir dan akan menjadi pihak yang terkalahkan.

Peradaban hitam manusia bisa jadi mampu membangun infrastruktur yang kokoh dan kuat,  membuat inovasi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan mampu membangun bangunan fisik lainnya yang memukau mata dan mencengangkan benak. Namun moral manusia rapuh didalamnya. Bahkan nyaris tak bermoral,  sebab peradaban hitam manusia tak pernah mengenal makna moral. Peradaban hitam manusia hanya mengenal makna pemenuhan nafsu atas nama kepentingan semata.

Maka didalam peradaban hitam manusia akan sangat mudah ditemui tempat-tempat yang rusak semisal tempat prostitusi,  perdagangan budak,  perampokan harta dan kehormatan serta berbagai tempat rusak dan merusak lainnya.  Walaupun secara fisik tempat tersebut berada dalam bangunan gedung yang indah dan memukau mata.

Peradaban hitam manusia telah menciptakan manusia-manusia yang tidak memiliki hati nurani,  tidak memiliki akal sehat. Sebab terbiasa berfikir kotor dan culas atas nama kepentingan yang menuruti hawa nafsu.

Peradaban hitam manusia akan senantiasa membelokan dan menyesatkan hati dan cara berfikir manusia yang lurus. Sehingga peradaban hitam manusia akan menenggelamkan manusia kedalam kubangan kesesatan dan ketersesatan.

Jikapun ada agama ditengah-tengah manusia, peradaban hitam manusia akan berusaha untuk memoles mereka yang memiliki agama dengan polesan warna hitamnya. Sehingga mereka yang beragama tidak lagi beragama dengan baik dan benar sesuai tuntunan agamanya. Tidak lagi berpegang teguh dalam agamanya. Bahkan agama dijadikan sebagai alat untuk meraih keuntungan duniawi yang melenakan.  Sungguh peradaban hitam manusia akan menggelincirkan umat beragama dalam ketergelincirannya sebab gelapnya jalan yang harus ditapaki karena gelapnya peradaban hitam manusia. 

Karenanya,  manusia yang berada didalam peradaban yang hitam tidak akan pernah selamat kehidupannya. Kecuali mereka keluar dari peradaban hitam tersebut dan berpindah menuju peradaban putih manusia.

Berbeda dengan peradaban hitam manusia. Maka peradaban putih manusia akan menerangi kehidupan manusia dengan seterang-terangnya. Alhasil manusia akan mampu menapaki jalan kehidupan dengan sangat jelas. Tidak akan tergelincir, tidak akan terperosok, tidak akan tersesat dan tidak akan menyesatkan, sebab terangnya jalan yang ditapaki

Peradaban putih manusia akan membentuk karakter manusia sesuai dengan fitrah penciptaannya. Akan mampu memberikan jawaban atas setiap permasalahan manusia dengan jawaban yang tepat dan tuntas. Akan dapat memberikan ketentraman pada hati dan jiwa manusia.

Peradaban putih manusia akan membentuk manusia yang bermoral,  yang mengerti kedudukannya dimuka bumi ini sebagai makhluk. Sehingga akan mampu menempatkan diri sebagai makhluk dari Sang Pencipta.

Kehidupan manusia dalam peradaban putih manusia akan dipenuhi dengan rasa belas kasih dan tanggung jawab yang sepatutnya.  Sehingga akan berkembang nilai dan tanggung jawab individu-individu di dalam masyarakatnya. Seperti tanggung jawab anak kepada orang tuanya dengan melaksanakan aktivitas berbakti kepada kedua orang tua. Sehingga tidak ada satupun orang tua yang terlantar,  sebab semua anak akan merasa bertanggung jawab terhadap kehidupan kedua orang tuanya yang telah renta. 

Peradaban putih manusia akan menghilangkan dan meniadakan tempat rusak dan merusak moral manusia. Maka, akan hilang tempat tempat yang rusak dan merusak moral semacam tempat prostitusi, tempat judi dan mengundi nasib dan tempat-tempat kotor lainnya. Sungguh peradaban putih manusia akan menghilangkan segala kotoran dan noda yang dapat merusak fitrah suci manusia.

Peradaban putih manusia akan melindungi setiap umat beragama dan akan menuntunnya dengan jelas menuju jalan terang yang bisa menyelamatkan manusia.  Baik di dunia maupun di akhirat. 

Peradaban putih manusia mampu membentuk kehidupan manusia menjadi bermoral dan memiliki hati nurani, dan diwaktu yang sama juga mampu membangun infrastruktur dan bangunan fisik lainnya yang juga mampu membelalakan mata. Namun tidak akan membuat lupa manusia bahwa seluruh sarana fisik yang dibangun, seberapa modernya, hanyalah sebagai sarana untuk semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta manusia, dan untuk dijadikan sebagai sarana untuk mengabdi pada Sang Pencipta kehidupan, Allah Swt,  Tuhan semesta alam,  bukan pada hawa nafsu manusia.

Pada akhirnya peradaban hitan dan putih manusia akan saling berbenturan dan akan saling meniadakan. Dan pemenang benturan tersebut, akan menguasai dunia dengan warna yang dimilkinya. 

Maka jika hari ini dunia terasa gelap sebab manusia sudah tak memiliki moral lagi,  maka itulah satu indikasi berkuasanya peradaban hitam manusia. Dan peradaban hitam ini akan berangsur hilang seiring dengan semakin kuatnya pancaran sinar putih peradaban manusia yang kelak akan dipancarkan oleh orang-orang kuat dan terpilih yang akan mampu menyinari dan menghilangkan peradaban hitam manusia.  Sebab peradaban hitam manusia sejatinya adalah peradaban yang tidak sesuai dengan fitrah penciptaan manusia,  tidak memuaskan akan dan tidak mampu memberikan ketentraman  kedalam hati dan jiwa manusia.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Ayo, Berbagi Jum'at Barokah ke Santri Penghafal Qur'an Ulil Albab – Solo

Ayo, Berbagi Jum'at Barokah ke Santri Penghafal Qur'an Ulil Albab – Solo

Rabu, 01 Feb 2023 16:03

Azerbaijan Tangkap 7 Orang 'Jaringan Mata-mata Iran'

Azerbaijan Tangkap 7 Orang 'Jaringan Mata-mata Iran'

Rabu, 01 Feb 2023 13:36

Lebih Dari 1.400 Warga Suriah Terbunuh Oleh Bom Tandan Rusia Dan Rezim Assad

Lebih Dari 1.400 Warga Suriah Terbunuh Oleh Bom Tandan Rusia Dan Rezim Assad

Rabu, 01 Feb 2023 10:25

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 1444 H Jatuh Hari Kamis 23 Maret 2023, Idul Fitri 21 April 2023

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadhan 1444 H Jatuh Hari Kamis 23 Maret 2023, Idul Fitri 21 April 2023

Selasa, 31 Jan 2023 18:00

MK Tolak Legalkan Penikahan Beda Agama

MK Tolak Legalkan Penikahan Beda Agama

Selasa, 31 Jan 2023 17:13

Pengadilan Militer SNA Vonis Istri Pemimpin Islamic State Somalia 8 Tahun Penjara

Pengadilan Militer SNA Vonis Istri Pemimpin Islamic State Somalia 8 Tahun Penjara

Selasa, 31 Jan 2023 15:30

Haruskah Basuh Telinga Bagian Dalam Saat Mandi Janabat?

Haruskah Basuh Telinga Bagian Dalam Saat Mandi Janabat?

Selasa, 31 Jan 2023 15:00

Press Release Audiensi Presidium Duta Peradaban dengan Fraksi PKS DPR-RI

Press Release Audiensi Presidium Duta Peradaban dengan Fraksi PKS DPR-RI

Selasa, 31 Jan 2023 14:46

Adab Saat Menguap

Adab Saat Menguap

Selasa, 31 Jan 2023 13:00

Sudan Bebaskan Pria Yang Dinyatakan Bersalah Membunuh Diplomat AS

Sudan Bebaskan Pria Yang Dinyatakan Bersalah Membunuh Diplomat AS

Selasa, 31 Jan 2023 12:55

Hamas Tangkap Drone Mata-mata Israel, Ekstrak 'informasi sensitif' Terkait Pasukan Pendudukan

Hamas Tangkap Drone Mata-mata Israel, Ekstrak 'informasi sensitif' Terkait Pasukan Pendudukan

Selasa, 31 Jan 2023 12:05

59 Orang Tewas Dalam Pemboman Jibaku Di Sebuah Masjid Di Pakistan

59 Orang Tewas Dalam Pemboman Jibaku Di Sebuah Masjid Di Pakistan

Selasa, 31 Jan 2023 11:00

PKS Serahkan Penentuan Cawapres Kepada Anies Baswedan

PKS Serahkan Penentuan Cawapres Kepada Anies Baswedan

Selasa, 31 Jan 2023 10:05

Diusung PKS, Demokrat dan Nasdem, Anies Resmi Genggam Tiket Pilpres 2024

Diusung PKS, Demokrat dan Nasdem, Anies Resmi Genggam Tiket Pilpres 2024

Selasa, 31 Jan 2023 09:13

Qariah Disawer, Bukti Sistem Sekuler Bikin Keblinger

Qariah Disawer, Bukti Sistem Sekuler Bikin Keblinger

Senin, 30 Jan 2023 19:43

Mantan PM Inggris Boris Johnson Klaim Putin Ancam Bunuh Dirinya Dengan Serangan Rudal

Mantan PM Inggris Boris Johnson Klaim Putin Ancam Bunuh Dirinya Dengan Serangan Rudal

Senin, 30 Jan 2023 17:07

Ulurkan Tangan Bantu Pak Agung, Berjuang Melawan Tumor Ganas!

Ulurkan Tangan Bantu Pak Agung, Berjuang Melawan Tumor Ganas!

Senin, 30 Jan 2023 16:04

Ilhan Omar Sebut Partai Republik Tidak Ingin Ada Seorang Muslim Di Kongres AS

Ilhan Omar Sebut Partai Republik Tidak Ingin Ada Seorang Muslim Di Kongres AS

Senin, 30 Jan 2023 14:41

Surat Kabar Israel Peringatkan Tentang Pecahnya Intifada Pelastina Ketiga

Surat Kabar Israel Peringatkan Tentang Pecahnya Intifada Pelastina Ketiga

Senin, 30 Jan 2023 09:48

Mewaspadai Bencana Alam

Mewaspadai Bencana Alam

Senin, 30 Jan 2023 06:28


MUI

Must Read!
X