Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.007 views

Mengukuhkan Makna Tawakal bagi Para Pejuang Agama Allah

 

 

Oleh:

Haryani Chotijah || Anggota Komunitas Muslimah Menulis Depok

 

SEORANG pejuang (agama Allah) di setiap perjuangannya membutuhkan kekuatan yang menjadi dasar perjuangan, yaitu lurusnya keimanan, benarnya pemahaman dan pengamalan. Salah satu hasil dari keimanan yang benar adalah benarnya makna tawakal yang tercermin dari setiap Mukmin dalam memperjuangkan kehidupan Islam kembali berada di tengah masyarakat. Menurut Imam al-Alusi dalam Ruh al-Ma’ani, tawakal adalah sikap menampakkan kelemahan dan ketergantungan pada pihak lain.

Dengan bertawakal yang hanya kepada Allah SWT, adalah sifat yang menghasilkan ketenangan pada jiwa. Hal ini sudah dikabarkan dalam Al-Qur’an surah ath-Taghabun ayat 13 yang artinya, “(Dia-lah) Allah tidak ada Sesembahan selain Dia. Hendaklah orang-orang beriman bertawakal kepada Allah semata.” Dari ayat tersebut, mengisyaratkan ketauhidan dan perintah wajib untuk hanya bertawakal kepada Allah, bukan yang lain.

Ayat lain yang mempertegas hal tersebut juga pada Qur’an surah at-Taubah ayat 51 yang artinya, “Katakanlah, “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah Allah tetapkan untuk kami. Dialah pelindung kami. Hanya kepada Allah kaum Mukmin harus bertawakal.”

Di ayat lain bahkan menyebutkan dengan bertawakal hanya kepada-Nya dapat membuahkan keridhaan, yaitu pada Qur’an surah ali-Imran ayat 159 yang artinya, “Jika kamu telah bertekad maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.”

Ingatlah, yang selalu berdampingan dengan tawakal, adalah ikhtiar. Keduanya berdampingan, bukan bertentangan. Maka tawakal dan ikhtiar dilakukan bersamaan sebelum, pada saat dan setelah melakukan segala sesuatu yang sesuai hukum syara’.

Seperti yang dicontohkan oleh para nabi terdahulu yang bertawakal hanya kepada Allah, buah yang dipetik adalah kemenangan. Nabi Ibrahim as dalam menghadapi kekejaman Namrud dan kaum Musyrik, doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim adalah “Tuhan kami, hanya kepada Engkaulah kami bertawakal, hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali.”

Nabi Ibrahim juga mencontohkan bahwa pembuktian dengan amal perbuatan adalah tawakal yang benar, selaras dengan firman Allah Qur’an surah al-Mumtahanah ayat 4. Selain itu, dicontohkan pula oleh Nabi Musa as dalam menghadapi Fir’aun dan bala tentaranya.

Ketawakalan kepada Allah yang dapat kita teladani dari para nabi bahwa semuanya tidak ada yang berpangku tangan, tapi senantiasa memperjuangkan tegaknya Islam. Sebagaimana Allah berfirman: “(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang berkata, ‘Sungguh manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kalian. Karena itu takutlah kalian kepada mereka.’ Namun, perkataan itu malah menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, ‘Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah sebaik-baik Pelindung’.” (QS ali-Imran ayat 173).

Sungguh jawaban dari para pejuang pada masa Rasulullah di atas menampakkan kekuataan iman yang selaras antara ucapan dan sikap yang teguh di jalan kebenaran. Seorang hamba tidak akan mampu menghadapi gangguan, kezaliman, dan permusuhan orang lain, sehingga harus membentengi diri dengan bertawakal kepada Allah.

Selaras dengan hal tersebut, seorang Peneliti Kajian Tafsir dan Balaghah Al-Qur'an dan Al-Hadits, Irvan Abu Naveed, menyatakan, “Siapa saja yang telah diberi kecukupan dan dijaga oleh Allah maka tidak ada harapan bagi musuh-musuhnya untuk bisa mencelakakan dirinya.”

Semua keteladanan dari Rasulullah SAW dan para sahabat dalam bertawakal kepada Allah SWT adalah keteladanan terbaik. Orang-orang kafir dan munafikun yang benci dan berupaya menjegal agama Allah tidak pernah berhasil dan Allah tetap menyempurnakan Islam.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X