Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
20.679 views

Ekonom: Hentikan Narasi Kebencian Agar Indonesia Tidak Terseret Resesi Global

JAKARTA (voa-islam.com)--Narasi-narasi kebencian menjelang pemilu bisa membawa Indonesia mengalami resesi tahun 2023.
Hal tersebut disampaikan Ekonom Kerakyatan, DR. Awalil Rizky pada diskusi tengah bulanan yang diselenggarakan oleh Persaudaraan Jurnalis Muslim Indonesia (PJMI) , Barisan Nusantara (BN) dan Barisan.co, di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

“Untuk itu perlu kesadaran dan kearifan seluruh lapisan masyarakat agar tidak mengobarkan narasi kebencain itu,” pinta Awalil yang juga Kepala Pusat Belajar Rakyat (PBR).

Diskusi dengan tema “Bersiap Menghadapi Resesi” berlangsung secara hybrid, dimoderatori Wakil Ketua PJMI MY Gunawan. Dihadiri puluhan peserta secara langsung dan puluhan lainnya dari seluruh tanah air via zoom.
Menurut Awalil, Bangsa Indonesia harus belajar dari pengalaman pemilu lalu. Narasi kebencian yang dikobarkan pada saat itu telah membelah bangsa, yang hingga kini masih belum pulih.

“Apa kita akan masuk ke lobang yang sama?” tanyanya.

Narasi-narasi kebencian yang bisa membawa Indonesia ke jurang resesi, menurut Awalil, diantaranya, Kebencian berlebihan terhadap etnis tertentu (Cina, Arab). Pelabelan negatif terhadap kelompok yang tidak sepaham dan pembunuhan karakter tokoh potensial yang tidak disukai.
“Perang siber di dunia maya dengan narasi kebencian itu semakin kencang menjelang pemilu 2024. Ini harus direm. Kalau tidak, modal akan lari ke luar negeri dan akhirnya muncullah resesi,” terangnya.


Bisa Tahan Asal
Sebelumnya pemerintah (BI dan Menkeu) menyatakan Indonesia tidak akan mengalami resesi tahun 2023. Pernyataan itu didasari oleh sejumlah indikator ekonomi yang mereka nilai baik. Misalnya pertumbuhan di kwartal ketiga, tahun ini masih ke atas (positif). Namun menurut Awalil, indikator -indikator ekonomi yang yang baik itu tidak akan berarti apa-apa kalau kondisi dalam negeri tidak stabil.
“Investor akan ragu-ragu. Mereka tidak mau menanam uangnya jika kondisi tidak aman. Mereka akan cari aman dan memarkir uangnya di luar negeri,” tambah Awalil.

Sekarang saja, lajut Awalil, cadangan devisa Indonesi sudah tergerus sangat signifikan. Jika keadaan semakin tidak menentu, bisa saja mereka berbondong-bondong menarik uangnya di bank dan mengamankaan di luar negeri.
Namun, Awalil masih melihat, ada beberapa kekuatan yang bisa menahan Indonesia tidak terseret ke dalam resesi global yang mungkin akan terjadi pada tahun 2023 itu. Yakni ketahanan pangan yang dinilai masih cukup kuat. Dan perdagangan ‘terhubung langsung’ dengan dunia internasional tidak terlalu besar.

“Berbeda dengan Singapura. Perdagangan mereka yang terhubung langsung dengan dunia internasional sangat besar. Jadi mereka lebih rentan terkena resesi dari pada kita,” terang Awalil.

Sebenarnya, lanjut Awalil, ada tiga negara lain, selain Indonesia yang bisa bertahan dari resesi global tahun 2023, yakni India, Brazil dan Meksiko.*[Ism/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X