Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.679 views

Istikamah Kunci Kemenangan

Oleh KH. Bachtiar Nasir

Bismillahirrahmanirrahiim.

فَلِذٰلِكَ فَادْعُ ۚوَاسْتَقِمْ كَمَآ اُمِرْتَۚ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْۚ وَقُلْ اٰمَنْتُ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ مِنْ كِتٰبٍۚ وَاُمِرْتُ لِاَعْدِلَ بَيْنَكُمْ ۗ اَللّٰهُ رَبُّنَا وَرَبُّكُمْ ۗ لَنَآ اَعْمَالُنَا وَلَكُمْ اَعْمَالُكُمْ ۗ لَاحُجَّةَ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ ۗ اَللّٰهُ يَجْمَعُ بَيْنَنَا ۚوَاِلَيْهِ الْمَصِيْرُ ۗ

“Karena itu, serulah (mereka beriman) dan tetaplah (beriman dan berdakwah) sebagaimana diperintahkan kepadamu (Muhammad) dan janganlah mengikuti keinginan mereka dan katakanlah, “Aku beriman kepada Kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan agar berlaku adil di antara kamu. Allah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami perbuatan kami dan bagi kamu perbuatan kamu. Tidak (perlu) ada pertengkaran antara kami dan kamu, Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nyalah (kita) kembali.” (Surat Asy-Syura ayat 15).

Hari ini, untuk dapat diperhitungkan di percaturan kekuatan dunia, maka sebuah negara harus punya dua ketahanan yaitu ketahanan pangan dan ketahanan militer. Dunia Islam harus punya power yang akan membuatnya menjadi penentu keputusan. Namun, tidak dapat disangkal, justru dunia Islam saat ini berada dalam keterpurukan dan ketidakberdayaan menghadapi cengkeraman negara-negara besar di dunia seperti Amerika dan China.

Akan tetapi, menariknya di sini, harapan para ulama dan pejuang besar Islam saat ini, bahwa umat Islam di Indonesia-lah yang kelak akan memimpin dunia Islam. Termasuk orang-orang di Palestina. Mereka yakin bahwa sedari dulu, Al-Aqsa tidak pernah dimenangkan oleh orang-orang dari dalam negeri Palestina sendiri. Oleh karena itu, harapan mereka terhadap Indonesia dengan jumlah penduduknya yang sebagian besar adalah muslim kelak akan membebaskan negeri ini untuk mereka. Semoga Allah Ta’ala meridhai umat Islam di negeri ini untuk membawa panji-panji Islam.

Tidak ada ceritanya orang yang menolong agama Allah akan babak belur dan dihina dina. Asalkan senantiasa berpikir untuk memenangkan agama Allah dan berpikir besar maka Allah Ta’ala akan menundukkan alam semesta beserta isinya bagi para pejuang agamanya untuk memuluskan jalan meraih kemenangan Islam. Sebenarnya apa maksud Allah menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penduduk Islam yang terbesar di dunia? Islam juga masuk ke Indonesia dengan damai dan bukan dengan peperangan. Namun, kini bukan Islam yang menjadi pondasi pembangunan dan semangat kehidupan bernegara?

Nah, di sinilah permasalahannya. Al-Fatihah di zaman Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bisa melahirkan generasi Rabbani yang belum terlahir kembali hingga kini. Mengapa Al-Fatihah jaman Umar bin Khaththab bisa memperluas daerah Islam hingga 1/3 dunia? Bukankah Al-Fatihahnya sama hingga sekarang? Ternyata yang berbeda adalah orang Islam dan cara mengimplementasikan Alqurannya. Inilah, mengapa kita tidak lebih maju dari orang-orang Barat. Bahwa, orang Islam hari ini hanya membaca Alquran hanya sampai pada teks, tetapi tidak sampai pada apa sebenarnya maksud Allah Ta’ala menurunkan ayat tersebut dan apa yang harus kita lakukan.

Inilah waktunya kita untuk kembali merapatkan barisan dan terus beristighfar, memohon pertolongan kepada Allah. Indonesia ini masih jauh lebih baik dari negara-negara Arab. Bila kita lihat bagaimana nasib Iran, Yaman, Sudan sekarang, maka besar harapan negeri-negeri Arab kepada umat di negeri ini.

Namun, kita memang harus banyak bersabar melihat bagaimana pengurus negeri ini memperlakukan rakyatnya. Pemerintah banyak tutup mata tentang kondisi rakyatnya. Cara berpikirnya pun banyak yang masih tercampur aduk dengan pemahaman sekuler. Oleh karena itu, inilah satu di antara banyak PR besar umat di negeri ini.

Pemikiran yang meminggirkan ajaran Allah dan Rasul-Nya inilah yang selalu dicekoki dalam pikiran umat Islam negeri ini. Di sinilah, sesungguhnya peran para ulama dan para da’i untuk mengingatkan bahwa negeri ini sungguh tidak akan pernah ada dalam peta dunia tanpa kasih sayang dan kehendak Allah Azza wa Jalla.

Yang akan menyelamatkan Islam di negeri ini adalah orang-orang yang senantiasa istikamah berdakwah di jalan Allah. Kunci kebangkitan umat dan memenangkan Islam sungguh bukan terletak pada politik, ekonomi, militer, atau hukum. Akan tetapi, sejarah mencatat bahwa keistikamahan pada dakwah lah yang akan menopang negara ini dan meninggikan Islam.

Dakwah Islam inilah yang akan mengokohkan tatanan masyarakat. Yang akan mengganti warna sekuler, yang akan mengikis hedonisme, dan yang akan membentuk generasi baru yang unggul dengan kecintaan pada Allah dan Rasul-Nya untuk menjadi pilar negara kelak. Sebab, setangguh apa pun kekuatan politik, akan mudah goyah bila pondasi keimanan pada lapisan rakyat belumlah mengakar.

Sekuat apa pun kekuatan ekonomi menyejahterakan kehidupan rakyat, akan tetap mudah dihancurkan, bila kecintaan masyarakat pada dunia dan nafsu belum berganti dengan kecintaan pada perintah Allah dan Rasul-Nya. Begitu pula pondasi budaya, pondasi hukum, pondasi militer, dan lain sebagainya. Hanya akan menjadi menara mercusuar yang terlihat kokoh dari tengah samudera, tetapi ketika sampai di dekatnya, hanya menara itulah yang tegak menjulang; tanpa ada apa pun penopang kehidupan yang ada di sisinya.

Hanya jalan dakwah yang akan mempersatukan umat. Membangunkan dari tidur panjangnya dan mengokohkan kaki-kaki yang melangkah di atasnya. Inilah jalan para Nabi dan Rasul. Jalan yang dilalui oleh orang-orang saleh yang memakmurkan bumi ini. Yang terpenting untuk sebuah cita-cita besar untuk kebangkitan umat adalah konsistensi di jalan dakwah.

Sejatinya, kebangkitan umat adalah pertolongan dari Allah Ta’ala. Kontribusi kecil yang dapat kita lakukan hanyalah membuktikan kepada-Nya bahwa kita bukan hamba-Nya yang lengah untuk senantiasa mentauhidkan Allah di muka bumi ini. Apa pun peristiwanya dan sehebat apa pun gonjang-ganjing yang terjadi di muka bumi ini adalah medan juang pembuktian yang harus kita hadapi sebagai ajang pembelajaran dan ajang berserah diri kepada kebesaran Allah Ta’ala.

Oleh karena itu, siapkanlah apa kontribusi yang akan kita berikan untuk Allah dan ad-Diin-Nya. Mulailah dari hal yang setiap hari kita dapat lakukan. Meski hanya dari buang sampah. Perilaku “taubat” inilah yang akan mengantarkan kita pada perilaku memenangkan agama Allah.

Di negeri ini banyak orang yang hafal hadits thaharah, tetapi sampah berserakan dimana-mana. Bahkan di pesantren sekalipun. Sangat jauh berbeda dengan apa yang kita lihat di Jepang. Mereka tidak hapal bahkan tidak tahu tentang hadits thaharah, tetapi mencari tong sampah di Jepang sangat sulit karena memang tidak ada sampah yang tergeletak sembarangan. Ini semua karena kebiasaan orang Jepang untuk membawa kantong-kantong sampah dalam tas mereka dan membuangnya pada tempat sampah sepulang dari perjalanan. Perilaku “menang” ini yang mengakibatkan di Jepang begitu banyak orang yang berumur panjang dan kebersihan yang elok dipandang mata serta menyehatkan.

Semoga kita senantiasa dikarunia Allah keistikamahan dalam berjuang dan berdakwah. Menyucikan diri dan berperilaku sebagai orang-orang yang pantas untuk dimenangkan Allah Azza wa Jalla dalam kehidupan dunia dan di akhirat kelak. Aamiin Allahumma Aamiin.*

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Citizens Jurnalism lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News
Dulu Bermusuhan Dengan Doha, Kini Dubai Kelimpahan Berkah Dari Piala Dunia 2022 Di Qatar

Dulu Bermusuhan Dengan Doha, Kini Dubai Kelimpahan Berkah Dari Piala Dunia 2022 Di Qatar

Jum'at, 09 Dec 2022 21:07

Membaik, Ustadz Anung Al-Hamat Ikuti Sidang Pembacaan Replik JPU

Membaik, Ustadz Anung Al-Hamat Ikuti Sidang Pembacaan Replik JPU

Jum'at, 09 Dec 2022 20:30

Tukar Tahanan, Rusia Bebaskan Pebasket AS Brittany Griner Sebagai Ganti Pedagang Senjata Victor Bout

Tukar Tahanan, Rusia Bebaskan Pebasket AS Brittany Griner Sebagai Ganti Pedagang Senjata Victor Bout

Jum'at, 09 Dec 2022 16:19

Hamas Kecam Larangan Israel Terhadap 200 Kristen Gaza Yang Akan Rayakan Natal Di Yerusalem

Hamas Kecam Larangan Israel Terhadap 200 Kristen Gaza Yang Akan Rayakan Natal Di Yerusalem

Jum'at, 09 Dec 2022 15:44

Pasukan Israel Hancurkan Kantor Kementerian Kebudayaan Palestina Di Kota Jenin

Pasukan Israel Hancurkan Kantor Kementerian Kebudayaan Palestina Di Kota Jenin

Jum'at, 09 Dec 2022 14:00

Milisi Biksu Sebut Para Pemimpin Budha di Myanmar Dukung Junta Militer

Milisi Biksu Sebut Para Pemimpin Budha di Myanmar Dukung Junta Militer

Jum'at, 09 Dec 2022 11:45

Umar Abduh: Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyer Suruhan Oknum Tertentu

Umar Abduh: Pelaku Bom Bunuh Diri Polsek Astana Anyer Suruhan Oknum Tertentu

Kamis, 08 Dec 2022 22:05

IHATEC Dukung Indonesia Jadi Pusat Produsen Halal Dunia 2024

IHATEC Dukung Indonesia Jadi Pusat Produsen Halal Dunia 2024

Kamis, 08 Dec 2022 20:10

BMKG sarankan 1.800 rumah di Cianjur direlokasi Dari Patahan Cugenang

BMKG sarankan 1.800 rumah di Cianjur direlokasi Dari Patahan Cugenang

Kamis, 08 Dec 2022 19:10

Taliban Afghanistan Lakukan Eksekusi Publik Pertama Sejak Kembali Berkuasa

Taliban Afghanistan Lakukan Eksekusi Publik Pertama Sejak Kembali Berkuasa

Kamis, 08 Dec 2022 15:00

Hamas Luncurkan Logo Baru Di HUT Ke-35

Hamas Luncurkan Logo Baru Di HUT Ke-35

Kamis, 08 Dec 2022 13:45

AS Tidak Setuju Turki Luncurkan Operasi Militer Ke Pemberontak Komunis Kurdi Suriah

AS Tidak Setuju Turki Luncurkan Operasi Militer Ke Pemberontak Komunis Kurdi Suriah

Kamis, 08 Dec 2022 11:35

Tahan Menguap Saat Shalat!

Tahan Menguap Saat Shalat!

Kamis, 08 Dec 2022 11:28

Laporan: Normalisasi Saudi Dan Israel 'Hanya Masalah Waktu'

Laporan: Normalisasi Saudi Dan Israel 'Hanya Masalah Waktu'

Rabu, 07 Dec 2022 18:31

11 Orang Jadi Korban Akibat Serangan Bom Di Polsek Astana Anyar, Satu Diantaranya Meninggal

11 Orang Jadi Korban Akibat Serangan Bom Di Polsek Astana Anyar, Satu Diantaranya Meninggal

Rabu, 07 Dec 2022 17:05

Miras Dibatasi Bikin Fans Wanita Merasa Aman Saksikan Turnamen Piala Dunia Di Qatar

Miras Dibatasi Bikin Fans Wanita Merasa Aman Saksikan Turnamen Piala Dunia Di Qatar

Rabu, 07 Dec 2022 16:15

Pasukan Somalia Dan Milisi Sekutu Rebut Kembali Kota Kunci Adan Yabal Dari Al-Shabaab

Pasukan Somalia Dan Milisi Sekutu Rebut Kembali Kota Kunci Adan Yabal Dari Al-Shabaab

Rabu, 07 Dec 2022 13:37

Kalahkan Spanyol, Maroko Jadi Tim Arab Pertama Yang Capai Perempat Final Piala Dunia

Kalahkan Spanyol, Maroko Jadi Tim Arab Pertama Yang Capai Perempat Final Piala Dunia

Rabu, 07 Dec 2022 12:35

Tiga Polisi Terluka Dalam Ledakan Diduga Bom Bunuh Diri Di Polsek Astana Anyar Bandung

Tiga Polisi Terluka Dalam Ledakan Diduga Bom Bunuh Diri Di Polsek Astana Anyar Bandung

Rabu, 07 Dec 2022 11:06


MUI

Must Read!
X