Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
55.954 views

Doa Berlindung dari Wabah Penyakit Mematikan

Oleh: Badrul Tamam

Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam.  Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Sedang mewabah virus Corona. Virus dari Wuhan - China. Akibat terinveksi Virus mematikan ini, puluhan jiwa meninggal. Ribuan orang telah tertular. Penyebarannya sangat cepat hingga ke luar Cina. Kabarnya, di Indonesia sudah ada yang terinveksi virus ini. Wal’iyadhu Billah.

Sebagai orang beriman tentu kita yakin, wabah penyakit ini terjadi dengan kehendak Allah. Sebagaimana keyakinan yang sangat mendasar, tidak ada sesuatu yang terjadi di alam raya kecuali diketahui oleh Allah, dikehendakinya, dan terjadi dengan takdir-Nya.

Terkhusus, berkaitan dengan wabah penyakit menular yang mematikan, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam mengabarkan itu bagian dari hukuman Allah kirimkan kepada orang yang dikehendaki-Nya atas kedurhakaan dan dosa-dosa mereka.

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha, ia berkata: Aku pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam tentang thaun (wabah penyakit yang mematikan). Beliau memberitahuku bahwa thaun adalah:

عذاب يبعثه الله على من يشاء، وأن الله جعله رحمة للمؤمنين، ليس من أحدٍ يقعُ الطاعونُ فيمكث في بلده صابراً محتسباً، يعلم أنه لا يصيبه إلا ما كتب الله له إلا كان له مثل أجر شهيد

"Adzab yang Allah kirim kepada orang yang Dia kehendaki. Allah jadikan thaun sebagai rahmat bagi orang-orang beriman. Tidaklah seseorang yang di negerinya mewabah thaun lalu ia tetap berada di situ dengan sabar dan berharap pahala, ia tahu tidak ada musibah yang menimpanya kecuali apa yg telah Allah tetapkan bagi dirinya melainkan baginya pahala seperti pahala seorang syahid." (HR. Al-Bukhari)

Tha’un adalah jenis wabah penyakit menular yang mematikan. Ia tersebar dengan izin Allah. Dan tidak ada sesuatu terjadi di alam raya ini kecuali dengan izin Allah. Ia akan menginveksi seseorang dengan izin Allah. Akan meninggal dengannya dengan izin Allah. Demikian pula bisa kebal dan sembuh dengan izin Allah.

Karenanya, di samping kita menghindarkan diri dari tempat berkembangnya wabah dan mengusahakan sebab-sebab dzahir lainnya –sebagai bentuk membenarkan sunnatullah- maka kita juga berdoa dan bertawakkal kepada Allah.

Di antara doa yang bisa kita amalkan dalam kondisi merebaknya wabah penyakit dari virus corona ini adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ، وَالْجُنُونِ، وَالْجُذَامِ، وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit sopak, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk/mengerikan lainnya.” (HR. Abu Dawud, Al-Nasai, Ibnu Hibban, dan selainnya)

Dalam hadits ini, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dari macam-macam penyakit yang berdampak buruk terhadap fisik dan mengerikan -sopak, gila dan kusta-. Orang-orang akan menjauhi siapa yang terjangkiti penyakit ini. Banyak yang kemudian diisolir atau dikarantina.

Kemudian disebutkan secara umum semua jenis penyakit yang sangat buruk dan mengerikan. Termasuk penyakit mematikan seperti kangker, stroke, dan semisalnya. Termasuk di dalamnya penyakit akibat terinveksi virus Corona ini.

Semoga Allah melindungi kita, keluarga kita, dan kaum muslimin dari wabah virus “made in China” Corona ini. Amiin. [PurWD/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Daily Doa lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X