Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
2.333 views

Presiden Kazakhstan Usulkan Dibentuk "FAO" Khusus Negara Muslim

Presiden Kazakh Nursultan Nazarbayev
Presiden Kazakh Nursultan Nazarbayev

Presiden Kazakh Nursultan Nazarbayev, Rabu kemarin (8/6) mengusulkan pembentukan lembaga cadangan pangan antara negara-negara Muslim untuk menjaga kekurangan pangan dan meningkatkan keamanan pangan di dunia Islam.

Nazarbayev mengusulkan bahwa Kazakhstan, sebagai eksportir tepung terbesar di dunia, harus memainkan diri sebagai tuan rumah bagi pengelompokan negara-negara Muslim dalam ketahanan pangan dan pertanian seperti organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) milik PBB.

Nazarbayev, yang telah memerintah Kazakhstan selama lebih dari 20 tahun, mengatakan kepada sebuah forum ekonomi Islam OKI: "Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan, saya mengusulkan kita bekerja untuk membentuk sebuah sistem bantuan makanan dalam rangkaian Organisasi Konferensi Islam."

Dia menyarankan pembentukan dana regional - yang mirip dengan FAO - yang akan melibatkan Bank Pembangunan Islam yang berbasi di negara Arab Saudi untuk membentuk sebuah 'kolam' makanan bagi negara-negara anggota OKI.

"Saya mengusulkan agar kita mengakomodasi suatu organisasi tersebut di Kazakhstan, sebagai negara yang secara aktif mengembangkan potensi ekspor makanan," kata Nazarbayev dalam sebuah forum OKI.

Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, yang turut hadir dalam forum, mengatakan ketahanan pangan di antara sejumlah isu yang menjadi kepentingan khusus dan kepedulian terhadap dunia Muslim.

Kazakhstan, sebaliknya, adalah eksportir bersih gabah. Dengan konsumsi gandum tahunan domestik di wilayah itu sebesar 2,5 juta ton.

Kazakhstan peringkat ketujuh eksportir gandum terbesar di dunia pada tahun terakhir dan berencana melakukan pemasaran pada musim berikutnya agar sesuai atau melebihi 6 juta ton yang direncanakan untuk ekspor di musim ini.

Negara ini juga mencari investasi untuk mengembangkan industri daging yang akan memungkinkan untuk meningkatkan ekspor daging sapi tahunan sebesar 60.000 ton pada tahun 2016.

Nazarbayev juga mengusulkan pembentukan sebuah "G10 Islam" untuk meningkatkan peluang investasi bagi ekonomi terkemuka di dunia Muslim. Dia mengatakan kerjasama yang lebih dibutuhkan saat ini di bidang inovasi ilmiah dan teknologi.

"Dengan tujuan untuk menciptakan arah baru untuk kerjasama ekonomi, kami mengusulkan penciptaan platform untuk dialog antara kelompok dari 10 negara ekonomi terkemuka dari komunitas Muslim," katanya kepada forum OKI di ibukota Kazakhstan Astana.

Kazakhstan, sebuah republik Soviet di Asia Tengah di mana 70 persen dari 16,4 juta penduduknya adalah Muslim, tahun ini memegang kepemimpinan bergilir dari 57 Organisasi Konferensi Islam (OKI).(fq/reu)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Eramuslim lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X