Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
5.868 views

7 Racun Ini Terhirup Setiap Kali Anda Merokok

JAKARTA (voa-islam.com) - Kebiasaan merokok memiliki konsekuensi besar bagi kesehatan. Beberapa risiko penyakit seperti kanker paru, penyakit jantung hingga strok dapat meningkat hanya dengan menghisap rokok.

Kandungan tembakau kerap kali menjadi sorotan ketika membicarakan masalah kesehatan akibat rokok. Padahal, ada beberapa kandungan berbahaya lain yang juga terkandung di dalam rokok namun jarang disadari.

The Epoch Times mengungkapkan setidaknya ada tujuh kandungan berbahaya yang masuk ke dalam tubuh setiap kali seseorang menghisap rokok. Berikut ini adalah ketujuh kandungan tersebut.

 

Merkuri

Zat kimia yang dikenal sebagai quicksilver ini biasa digunakan dalam termometer tradisional. Merkuri dapat membahayakan kesehatan karena merupakan neurotoksin. Artinya, merkuri dapat menjadi racun bagi jaringan saraf di dalam tubuh.

Paparan merkuri yang sedang saja dapat memunculkan beberapa keluhan. Sebagai contoh, sakit kepala, tekanan darah tinggi, masalah jantung, dan perubahan perilaku.

 

Karbon monoksida

Karbon monoksida merupakan zat kimia yang tak berbau dan tak berwarna. Selain itu, karbon monoksida juga dapat menyebabkan kerusakan ekstrim pada tubuh manusia.

Karbon monoksida dapat menggantikan tempat oksigen yang seharusnya dihirup saat seseorang bernapas. Bila hal ini terjadi, karbon monoksida dapat secara berkala meracuni tubuh.

Ada beberapa efek samping yang dapat muncul akibat paparan karbon monoksida. Efek samping ini meliputi rasa lemas, napas pendek, penglihatan buram, hingga pusing. Dalam jangka panjang, paparan karbon monoksida dapat berujung pada penyakit jantung.

 

Hidrogen sianida

Hidrogen sianida dapat membahayakan kesehatan karena sangat beracun. Hirdogen sianida dapat menghambat oksigen masuk ke dalam jarungan tubuh dan bahkan membuat seseorang kehilangan kesadaran.

Paparan jangka panjang dari hidrogen sianida dapat merusak fungsi jantung dan pernapasan. Paparan jangka panjang hidrogen sianida juga memberi dampak negatif bagi metabolisme, penglihatan, dan fungsi otak.

 

Formaldehida

Formaldehida merupakan senyawa yang tak berwarna dan biasa digunakan dalam produk-produk rumah tangga dan resin industri. Paparan formaldehida jangka pendek dapat memunculkan keluhan seperti mata berair, napas mengi, hingga sensasi terbakar pada mata dan tenggorokan.

Dalam jangka panjang, paparan formaldehida berpotensi memiliki sifat karsinogenik yang dapat memicu terjadinya kanker hidung dan tenggorokan.

 

Timah

Paparan timah dapat berujung pada keracunan timah. Keracunan timah dapat memunculkan gejala seperti kelelahan, mudah marah, kehilangan nafsu makan, hingga kehilangan fokus.

Paparan timah dalam jangka panjang dapat memberi implikasi yang cukup besar bagi kesehatan. Sebagai contoh, paparan timah jangka panjang dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal.

 

Amonia

Amonia dapat berbahaya bagi tubuh karena bersifat korosif. Amonia dapat merusak saluran napas sehingga menyebabkan seseorang sulit bernapas atau bahkan tidak dapat bernapas. Amonia dosis kecil dapat memicu terjadinya batuk, nyeri dada, serta sensasi terbakar pada hidung dan tenggorokan.

 

Kalium sitrat

Dalam jangka panjang, paparan kalium sitrat dari menghisap rokok dapat memunculkan beberapa keluhan. Keluhan ini dapat berupa pusing, nyeri perut, mual, denyut jantung meningkat, dan bahkan kesulitan menelan.

 

Sumber: republika.co.id

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X