Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
4.545 views

Inilah 5 Tips Meningkatkan Imun Tubuh Pencegah Corona

 

Oleh: Alfiyah Kharomah., STr. Battra

 

Sudah banyak berseliweran di media massa, WA grup, lini masa FB dan Instagram juga Media online, bagaimana dahsyatnya wabah COVID-19 yang melanda negeri dan dunia. Sudah banyak tahu fakta kengeriannya. Tingginya angka kasus virus yang menyerang alat pernafasan ini, serta angka kematian yang lebih tinggi dari angka kesembuhannya berbanding terbalik dengan kesiapan sarana dan prasarana kesehatan di Indonesia.

Di tengah penguasa yang lalai dan abai, masyarakat dipaksa untuk menyelamatkan diri sendiri, mandiri mengurusi diri sendiri. Penguasa enggan menerapkan karantina wilayah, justru sempat mewanakan darurat sipil untuk mengendalikan penyebaran Virus Corona. Ini cacat logika.

Satu-satunya cara bagi rakyat agar tidak terkena wabah adalah jangan sampai sakit, meskipun tak ada yang bisa menjamin kita tak akan terkena. Di tengah gelombang pemudik dari zona merah ke desa-desa, justru akan meningkatkan eksponsifitas angka penderita, positif, ODP maupun PDP.

Jadi yang harus kita lakukan adalah mengikhtiarkan kesehatan. Cara agar kita tidak sakit dan terhindar selain di rumah saja, cuci tangan, pola hidup bersih dan pola hidup sehat adalah bagaimana meningkatkan sistem imun kita. Meski faktanya, banyak masyarakat yang jauh kehidupannya dari pola hidup sehat. Jauh kebiasaannya dengan makan-makanan yang sehat. Maka, sekali lagi tingkatkan imunitas tubuh kita.

Sistem imunitas yang ada dalam tubuh manusia merespon masuknya bakteri dan virus ke dalam tubuh manusia melalui mekanisme yang sangat rumit dan komplek. Sistem imunitas ini mengenal molekul antigen yang unik dari bakteri atau virus yang merangsang timbulnya antibodi (sejenis protein) dan sejenis sel darah putih yang disebut limfosit. Limfosit ini menandai antigen yang masuk dan kemudian menghancurkannya. Jadi secara sederhana dapat didefinisikan kembali bahwa sistem kekebalan (immune system) ialah mekanisme tubuh manusia untuk melawan/ mengusir benda asing yang masuk kedalam tubuh mereka. 

Ada cara bagaimana meningkatkan sistem imun tubuh kita. Diantaranya adalah

1. Pola Tidur ala Rasulullah

Kurang tidur juga dapat melemahkan sistem imun. Pola tidur yang kacau dan kurang dapat mempengaruhi jumlah sel-sel imun seseorang. Agar sehat, solusinya adalah menerapkan cara tidur ala Rasulullah. Sebelum dhuhur maksimal 30 menit. Setelah Isya’ sudah bisa langsung tidur, misal jam 8 malam. Kemudian bangun malam untuk Sholat Tahajjud. Setelah itu bisa menambah tidur sebentar kemudian bangun saat sebelum adzan Subuh. Kemudian saat tidur disarankan untuk memadamkan lampu. Sebuah penelitian yang dilakukan ahli biologi Joan Robert menujukkan, tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin pada saat tidak ada cahaya. Hormon melatonin diproduksi oleh kelenjar pineal dan antara lain berfungsi untuk mengatur ritme tidur, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan jantung, menghambat peningkatan kolesterol, dan berfungsi sebagai antikanker.

2. Rutin Berolah raga

Olah raga menjadi aktifitas yang harus dirutinkan oleh seorang muslim. Selain bisa untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, olah raga merupakan aktifitas keseharian yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. Rutinkan berolahraga selama 30 menit setiap hari. Olah raga paling murah adalah berjalan kaki dan melakukan stretching. Bisa jua mencontoh apa yang dilakukan oleh Rasulullah yaitu memanah, berenang dan berkuda.

3. Makanan Bergizi Seimbang

Kita sudah sering mendengar anjuran makanlah makanan yang halal dan toyyib. Tentu saja itu bukan sekedar anjuran, melainkan juga kewajiban. Maka sebagai seorang muslim hendaknya menepati itu dengan makan makanan yang bergizi seimbang. Itu adalah salah satu amalan memakan makanan yang halal dan toyyib.

Gizi seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Caranya dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan memantau berat badan secara teratur, dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Selain itu juga memakan makanan yang dapat meningkatkan sistem imun. Contohnya, brokoli dan bayam. Brokoli kaya serat, antioksidan, vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi inilah yang bisa memperkuat sistem imun tubuh.  Sedangkan bayam hampir serupa. Sayuran hijau ini kaya antioksidan, beta karoten, vitamin C, dan vitamin A. Selain bayam dan brokoli, masih ada makanan lainnya yang bisa dikonsumsi. yaitu, bawang putih, kunyit, buah-buahan (jeruk, lemon, kiwi, beri, jambu, hingga pepaya), makanan laut (ikan, kerang, dan tiram), hingga yoghurt. 

4. Mengelola Stres

Seorang muslim yang memahami hakikat Qada dan Qadar dan menyandarkan kehidupannya hanya kepada Allah SWT tidak akan mengalami stres. Selain karena stres dapat mengganggu sistem imun dengan meningkatkan hormon kortisol tubuh. Juga stres akan mempengaruhi keimanan seorang muslim.

Tidak ada sesuatu musibah pun yang menimpa (seseorang) kecuali denga izin Allah; Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk ke (dalam) hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Qs At Taghaabun: 11)

Dikarenakan seorang mukmin dengan ketakwaannya kepada Allah Ta’ala, memiliki kebahagiaan yang hakiki dalam hatinya, maka masalah apapun yang dihadapinya di dunia ini tidak membuatnya mengeluh atau stres, apalagi berputus asa. Hal ini disebabkan karena keimanannya yang kuat kepada Allah Ta’ala sehingga membuat dia yakin bahwa apapun ketetapan yang Allah Ta’ala berlakukan untuk dirinya maka itulah yang terbaik baginya. Inilah sikap seorang muslim menghadapi masalah.

Adapun cara mengelola stres bagi seorang muslim adalah dengan banyak berdzikir, berdo’a, berpuasa dan memperbanyak ibadah sholat

5. Mengkonsumsi Herbal

Allah berfirman “Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe” (Al-Ihsan: 17)

Ibnu Sina berpendapat, jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh, memberikan rasa lembab pada kepala dan tenggorokan dan mengobati gangguan akibat polusi udara. Sedangkan Ibnu Qayyim menyampaikan bahwa Raja Romawi pernah menghadiahi Rasulullah dengan seguci jahe. Beliau lalu membagi-bagikan jahe tersebut kepada banyak orang dan Abu Said mengaku mendapatkan sepotong jahe dari Rasulullah.

Seorang pakar Botani dari Universitas Airlangga, Prof. Mangestuti Agil menyampaikan bahwa jahe, kunyit dan temulawak memiliki kandungan kurkumin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang apabila dikonsumsi rutin.

Maka, tidak ada salahnya, kita mengkonsumsi minuman kesehatan berbahan alami untuk meningkatkan sistem imun. Semoga dengan ikhtiyar ini, Allah selalu mengaruniai kita dengan kesehatan dan hidup yang barakah. Wallahu alam. (rf/voa-islam.com)

*Penulis adalah Praktisi Kesehatan, Founder Griya Sehat Alfa Syifa.

Ilustrasi: Google

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X