Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
1.730 views

Pola Makan Ini Bisa Bikin Gampang Tidur

JAKARTA (voa-islam.com) - Pandemi Covid-19 telah berkontribusi pada meningkatnya kasus gangguan tidur. Padahal, tidur yang berkualitas menjadi salah satu cara terbaik untuk mendukung sistem kekebalan, mengurangi stres hingga meningkatkan suasana hati.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi gangguan tidur dan mengembalikan kualitas tidur? Sebuah tinjauan ilmiah terbaru menunjukkan bahwa makanan yang dikonsumsi adalah kuncinya.

Tinjauan ilmiah yang dilakukan oleh Journal of Academy of Nutrition and Dietetics meneliti studi yang diterbitkan antara tahun 1975 dan 2021 yang mempelajari tentang hubungan antara diet dan kualitas tidur. Peneliti menemukan bahwa mereka yang melakoni diet tinggi karbohidrat kompleks, lemak tak jenuh, protein, serat, buah-buahan, sayuran,  nutrisi anti-inflamasi dan rendah lemak jenuh melaporkan kualitas tidur yang lebih baik.

"Studi ini adalah studi tinjauan yang mempelajari 20 penelitian tentang apa yang dimakan seseorang dan bagaimana hal itu memengaruhi kualitas tidur," jelas Ahli Gizi Amy Gorin, seperti dilansir dari laman Well and Good, Jumat (28/01) seperti dikutip dari Republika.co.id.

Secara khusus, para peneliti menghubungkan tiga kebiasaan makan dengan tidur yang lebih nyenyak, yakni pertama, diet tinggi karbohidrat kompleks khususnya, karbohidrat yang mengandung serat dan lemak sehat. Kedua, diet tinggi protein. Lalu ketiga, diet kaya buah-buahan, sayuran, nutrisi anti-inflamasi, dan rendah lemak jenuh.

Secara keseluruhan, penelitian ini merekomendasikan Anda untuk mengombinasikan menu karbohidrat seperti pasta atau gandum utuh dengan lemak sehat seperti alpukat, lalu tambahkan protein terbaik seperti tahu atau saldon, serta buah dan sayuran.

"Salah satu makanan favorit saya adalah menu vegan yang meliputi quinoa (karbohidrat kompleks), kacang merah (protein), bawang bombay, labu kuning, arugula, dan tomat (sayuran)," kata dia.

Namun sebelum menyantap makanan tersebut, perlu dipahami terlebih dahulu metodologi penelitian ini. Para peneliti mengukur kualitas tidur melalui metrik seperti non-rapid eye movement sleep atau tidur ayam, tidur REM (rapid eye movement sleep), tidur efisien, latensi tidur, dan terbangun setelah sleep onset.

Penelitian ini juga memiliki keterbatasan. Menurut Gorin, studi yang termasuk dalam penelitian ini adalah observasional dan intervensi, artinya kita dapat menunjukkan korelasi antara kualitas diet dan kualitas tidur tetapi bukan penyebab.

"Jadi tidak ada bukti pasti bahwa makan makanan kaya karbohidrat kompleks, protein, serta buah-buahan dan sayuran akan menjamin Anda tidur malam yang nyenyak," kata Gorin.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba melakoni kebiasan makan tersebut. Sebab konsumsi makanan dengan gizi seimbang berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan. [syahid/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Health lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X