Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.224 views

Kapolda Sumut: Mereka Terkait Kriminal, Bukan Teroris!!

Jakarta (voa-islam.com) - Pasca penangkapan dan penembakan kelompok bersenjata di Serdang Bedagai, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Oegroseno belum melihat ada keterkaitan kelompok bersenjata Serdang Bedagai tersebut dengan jaringan teroris. Oegro masih menilai para pelaku terkait perampokan Bank CIMB Niaga.

..."Kalau saya berangkat dari TKP, mereka masih (terkait) kriminal. Kalau kaitan dengan teroris sulit," ujar Oegroseno...

"Kalau saya berangkat dari TKP, mereka masih (terkait) kriminal. Kalau kaitan dengan teroris sulit," ujar Oegroseno, Senin (4/10/2010). Menurut Oegro, tidak mudah membuktikan keterlibatan kelompok bersenjata dengan teroris. Pihaknya mempersilakan Densus 88 untuk memeriksa keterlibatan pelaku.

"Kalau Densus mau periksa silakan. Yang jelas dari yang saya amati di TKP semuanya masih kita duga kuat terkait perampokan. Kalau terkait teroris biar Densus nanti yang membuktikannya," jelasnya.

Oegro menjelaskan, dari keterangan pelaku yang hidup belum ditemukan indikasi mereka terkait teroris. Umumnya pelaku perampokan berprofesi sebagai buruh di Pelabuhan Belawan. "Mereka ngakunya buruh. Ada juga yang pengangguran," ujarnya.

Terkait kemahiran pelaku menggunakan senjata, Oegro mengatakan, hal itu bisa saja diperoleh dari latihan rutin. "Bisa saja si Taufik (otak perampokan) bikin tempat latihan di areal tambaknya. Di sana dia latihan loncat, nembak dan sebagainya. Yang mahir menggunakan senjata kan hanya 4 orang saja termasuk Taufik. Kalau lainnya hanya tukang bawa peluru dan magazen saja," tandasnya.

Ditemukannya senjata M-16 dari tangan pelaku, lanjut Oegro, memperkuat dugaan bahwa kelompok bersenjata terkait perampokan CIMB Niaga, 18 Agustus lalu. Sebab, senpi M-16 itu identik dengan senjata milik Briptu Immanuel Simanjutak yang dirampas perampok.

Sejak Sabtu (2/10) lalu, Polda Sumut dibantu TNI dan masyarakat berhasil menangkap 9 orang anggota kelompok bersenjata di Serdang Bedagai, Sumut. 6 orang dinyatakan tewas terkena tembaka, 3 di antaranya masih hidup. Saat ini polisi masih terus memburu 5 anggota kelompok bersenjata lainnya yang bersembunyi di hutan dan areal perkebunan kelapa sawit.

Menyerahkan Diri Karena Kelaparan

Sementara itu, salah seorang anggota kawanan bersenjata api di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, terpaksa menyerahkan diri karena kelaparan dan kedinginan, Minggu (3/10/2010). Tersangka berinisial MT itu ditemukan warga di sebuah kandang sapi milik warga Dolok Sagala.

..."Warga menemukannya dalam keadaan kelaparan. Kemudian diserahkan kepada kita," ungkap Oegroseno...

"Warga menemukannya dalam keadaan kelaparan. Kemudian diserahkan kepada kita," ungkap Oegroseno kepada wartawan di Medan, Minggu malam.
 
Warga Belawan itu menyerahkan diri pada Widianto yang pertama kali menemukannya tidak jauh dari lokasi baku tembak. Ia ingin menyerahkan diri dan minta diantarkan ke kantor polisi. Tersangka kemudian dibawa ke Polsek Dolok Masihul, sekitar 20 menit perjalanan dari lokasi.
 
MT pun dirawat di polsek tersebut karena dalam kondisi lemah. Saat tiba, ia dalam keadaan menggigil dan tidak membawa senjata api. Kemungkinan sudah beberapa hari tidak makan selama kabur di dalam hutan.
 
Setelah memberinya makan dan kondisinya membaik, polisi segera memintai keterangannya. Saat ini, MT masih dalam pemeriksaan pihak kepolisian.

Selain MT, tersangka lainnya berinisial AGS juga menyerahkan diri karena mengalami kelaparan dan dehidrasi. ARS MT sendiri saat ini sudah dibawa ke Medan, dan dirawat di Ruang 14 Rumah Sakit Brimob Polda Sumut, Jalan KH Wahid Hasyim, Medan.(Liem/bds)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X