Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.539 views

Telah Lahir Generasi Baru Intelijen Indonesia

Bekasi (voa-islam) - Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) telah menggelar wisuda perdana, 2 Oktober lalu, di kampus STIN di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Turut hadir Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Syamsir Siregar beserta wakilnya, As’ad Said Ali dan beberapa pejabat intelijen.

Wisudawan berjumlah 60-an orang. Terdiri dari dua angkatan, I dan II. Masing-masing angkatan terdiri dari 30-an wisudawan dari dua Program studi, keagenan (agent) dan analis (analyst).

Syamsir berharap para wisudawan Sekolah Tinggi ini bisa menjadi tulang punggung dan generasi penerus intelijen Indonesia 10-15 tahun mendatang. Bahkan tidak menutup kemungkinan lulusan sekolah ini bisa menjadi ketua intelijen, menggantikan dirinya. 

STIN berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Sekolah tinggi kedinasan ini dibangun pada pertengahan tahun 2004 saat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) masih dijabat AM Hendropriyono.

Pendidikan di lembaga ini berlangsung selama empat tahun dalam jenjang strata satu, dengan gelar sarjana intelijen (S In). Dengan menerapkan sistem asrama (boarding school) diharapkan mereka terbiasa hidup berdisiplin.

Haruskan aktifis Islam mewaspadai lahirnya Intelijen baru ini? semoga mereka tidak menjadi target  generasi baru intelijen Indonesia ini.  

Bukan hanya ilmu keintelijenan saja yang diajarkan di sekolah ini. Para mahasiswa juga dididik dengan bekal keilmuwan lainnya sebagai pendukung, seperti ekonomi, sosial, politik, eksakta, budaya, dan banyak lagi. Mereka juga diwajibkan menguasai bahasa asing selain Inggris, seperti Mandarin, Arab, dan Perancis.

Para pengajarnya pun didatangkan khusus dari dosen-dosen terbaik dari semua perguruan tinggi negeri terkenal di negeri ini. Para pengajar tamu juga didatangkan dari kalangan praktisi terbaik di bidangnya.

Tidak ada keterangan pasti adanya pelajaran keimanan di sekolah ini. Semoga ajaran agama masih memiliki nilai di mata para intelijen baru ini.

Setiap tahun STIN merekrut 30-an mahasiswa. Sedangkan sistem perekrutannya digelar secara khusus. Pihak STIN bersama BIN dengan dibantu instansi terkait lain seperti Departemen Pendidikan Nasional, membentuk tim khusus untuk ”memburu” para siswa berprestasi dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata dari seluruh pelosok Indonesia. Setelah dikumpulkan, mereka dites kembali oleh STIN.

Semoga aktifitas keislaman, dengan dalih terorisme, tidak menjadi target para intelijen baru ini.

Menurut Ketua II STIN Supono Sugirman, siswa yang diburu adalah siswa berprestasi dan memiliki kecerdasan di atas rata-rata dari seluruh pelosok Indonesia untuk dididik menjadi lebih cerdas lagi. Sekolah yang dibidik adalah sekolah menerapkan sistem asrama (boarding school). Tujuannya agar sejak awal para siswa sudah terbiasa hidup disiplin.

"Orang cerdas tetapi tidak disiplin bisa jadi orang yang berbahaya.' Katanya.

Secercah Nasehat

Secerdas dan sehebat apapun lulusan STIN mereka masih tetap manusia, sebagai makhluk dan hamba Allah yang punya kewajiban tunduk dan beribadah kepada-Nya. Pengabdiannya kepada Allah harus menjadi dasar bagi pengabdian yang lain. Jangan sampai kemampuan yang dimiliki malah digunakan untuk menghancurkan agama Allah (Islam) dan menghabisi para mujahid yang memperjuangkannya.

Setiap kelebihan yang dimiliki merupakan anugerah Allah, hendaknya disyukuri dengan digunakan untuk mengabdi kepada-Nya. Dan perlu juga diketahui, bahwa setiap nikmat nanti ada pertanggungjawaban di hadapan Allah.

Setiap perbuatan yang dilakukan ada catatannya di sisi Allah. kelak akan dinampakkan untuk menerima balasan. Bila baik catatan amal tersebut, baik bahkan lebih baik balasan yang diterimanya. Jika buruk, maka buruk pula balasannya.

Hidup didunia hanya sementara, akhiratlah yang kekal abadi selamanya. Jangan menjual akhirat untuk membeli dunia. Akan rugi selama-lamanya. (PurWD/kmps)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X