Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.126 views

Boediono dan Sri Mulyani Harus Ditangkap

Jakarta (voa-islam.com) - Mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur meminta polisi untuk menangkap Wakil Presiden Boediono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, terkait bail out di Bank Century.

Pernyataan Gus Dur disampaikan dalam jumpa pers di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Selasa (24/11) seusai berdialog dengan perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta para lintas tokoh se Indonesia.

"Mestinya, ya ditangkap. Coba orang lain pasti sudah ditangkap. Kalau maling ayam, pasti sudah ditangkap," tandas Gus Dur.

Demo di Makassar, meminta Wapres Boediono segera diadili karena terlibat skandal bailout Bank Century

Sementara itu, mantan Ketua MPR RI Amien Rais meminta agar Boediono dan Sri Mulyani Indrawati segera dinonaktifkan dari jabatan yang diembannya sekarang. Hal itu berkenaan dengan upaya penyelesaian kasus Bank Century (kini Bank Mutiara), agar bisa lebih cepat selesai.

"Mestinya, ya ditangkap. Coba orang lain pasti sudah ditangkap. Kalau maling ayam, pasti sudah ditangkap," tandas Gus Dur.

"Saya minta dan anjurkan agar Boediono dan Sri Mulyani segera dinonaktifkan. Karena nampaknya dua tokoh ini ada keterlibatan dalam skandal itu (Bank Century)," kata Penasihat Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu.

Hal itu diungkapkan Amien Rais udai menghadiri peringatan 100 tahun PP Muhammadiyah di gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jl Menteng Raya 62, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/11/2009) malam.

"Jadi alangkah baiknya dengan sikap kenegaraan, Boediono dan Sri Mulyani step down dulu," tandasnya.

Amin menuturkan, hal itu sesuai arahan Presiden SBY bahwa skandal Bank Century harus diselesaikan setuntas-tuntasnya. "Kalau Boediono dan Sri Mulyani non aktif, mungkin investigasi bisa lebih mudah dan tidak dibebani karena jabatan yang tinggi," ujarnya di Kantor PP Muhammadiyah, Selasa malam, 24 November 2009.

Dia menambahkan, sebagai sosok negarawan, Boediono dan Sri Mulyani seharusnya berlapang hati untuk non aktif. Pasalnya, dalam laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan jelas melihat bahwa dua tokoh ini menjadi sentral dalam permasalahan Bank Century.

"Jadi saya imbau, kalau kita bermain terbuka, imbauan SBY, siapa yang keliru ya sudah sementara non aktif dari roda pemerintahan," kata Amien.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua Umum Muhammadiyah, Din Syamsuddin mengatakan kasus Bank Century harus diusut tuntas. Din juga mendukung realisasi pernyataan SBY yang meminta kasus ini terus diselidiki sampai tuntas.

"Tapi yang paling penting itu realisasinya," kata Din.

Din juga meminta agar DPR menanggapi serius hak angket Century. Kasus Bank Century menurut Din harus diproses secara hukum.

"Kalau ada niat baik kita untuk tuntaskan, harus ada langkah cepat segara dibawa ke proses hukum. Tidak perlu menunggu proses politik lewat angket, sambil jalan saja," tutup Din.

Adili Boediono dan Sri Mulyani

Desakan penonaktifan Boediono dan Sri Mulyani juga disuarakan oleh Petisi 28 yang terdiri dari 28 aktivis LSM dan akademisi. Mereka antara lain Haris Rusly Moti, Boni Hargens, Agus Jabo Priyono, Masinton Pasaribu, Danang Widoyoko, Deni Daruri dan Adhi Massardi.

Selasa (24/11/2009), Petisi 28 mendatangi Fraksi Hanura di DPR. Kedatangan mereka untuk mendukung angket Century dan mendesak agar Boediono dan Sri Mulyani dinonaktifkan.

Petisi 28 meminta agar SBY selaku presiden saat itu juga diperiksa karena tidak mungkin Sri Mulyani dan Boediono menggelontorkan Rp 6,7 triliun tanpa sepengetahuan Presiden...

"Prisip kami penyalahgunaan wewenang kekuasaan yang dilakukan pemerintah, yaitu Menko Ekuin saat itu (Sri Mulyani) dan yang bekerjasama Gubernur Bank Indonesia (Boediono), jadi langkah awal kami, nonaktifkan mereka," ujar anggota Petisi 28 Haris Rusly di ruang Panitia Anggaran DPR, Senayan, Jakarta.

Selain meminta kedua pejabat tersebut dinonaktifkan, Petisi 28 meminta agar SBY selaku presiden saat itu juga diperiksa karena tidak mungkin Sri Mulyani dan Boediono menggelontorkan Rp 6,7 triliun tanpa sepengetahuan Presiden.

"Kita menangkap pesan ia cuci tangan, seolah tangannya bersih dan menyerahkan tanggung jawab ke Boediono dan Sri Mulyani," ujar eksponen 1998 ini.

Terkait angket Century, Petisi 28 juga menaruh curiga terhadap Fraksi Demokrat mengingat selama ini mereka menolak angket, namun setelah pidato SBY, Fraksi Demokrat jadi mendukungnya.

"Kami mencurigai Partai Demokrat mendukung hak angket mungkin disertai niat untuk mengaborsi hak angket. Kita bukan pesimis tapi ada tanda-tanda, jangan sampai hak angket ini nasibnya seperti hak angket BBM dulu," tambah Haris.

Fraksi Hanura sepakat dengan Petisi 28 dan mendukung angket Bank Century. "Selain hati nurani ini juga kebijakan partai, semoga Tuhan memberikan ridhonya. Kebetulan kita tidak punya beban di sini dan kami tidak punya dosa terhadap demokrasi," ujar anggota Hanura, Akbar Faizal.

Petisi 28 juga memperingatkan agar hak angket bisa berjalan lancar dan tidak diaborsi di tengah jalan seperti nasib hak angket sebelumnya. "Dalam panitia hak angket nanti agar posisi penting jangan sampai diduduki penumpang gelap, harus yang sejak awal mendukung hak angket," ujar anggota Petisi 28 yang lain, Adhi Massardi.

Didesak Nonaktif, Sri Mulyani Senyum-Senyum

Meski banyak kalangan mendesak dirinya nonaktif dari jabatan Menteri Keuangan, namun Sri Mulyani hanya menanggapi dengan senyuman saja.

Hal tersebut dilakukannya ketika sejumlah wartawan menanyakan tentang penonaktifan dirinya, saat ditemui ketika skorsing istirahat makan siang, dalam rapat kerja dengan komisi XI, Senayan, Jakarta (25/11/2009). [taz/dbs]

Baca juga:

1. Jusuf Kalla Buka Rahasia Boediono-Sri Mulyani.

2. Bunuh Diri Karena Century.

3. Boediono dan Sri Mulyani Harus Ditangkap dan Diadili.

4. Transkrip Rapat Rahasia Sri Mulyani-Boediono 1: Raden Pardede Membuka Rapat.

5. Transkrip Rapat Rahasia Sri Mulyani-Boediono 2: Pak Marsilam Diminta Presiden...

6. Transkrip Rapat Rahasia Sri Mulyani-Boediono 3: Kami Usul Bank Century Diselamatkan...

7. Transkrip Rapat Rahasia Sri Mulyani-Boediono 4: Telah Dikeluarkan 3 Perppu tentang JPSK.

8. Transkrip Rapat Rahasia Sri Mulyani-Boediono 5: Deposito 220 Juta Ada di Switzerland.

9. Transkrip Rapat Rahasia Sri Mulyani-Boediono 6: Ini Bank Gagal, Tak Perlu Argumen.

10. Transkrip Rapat Rahasia Sri Mulyani-Boediono 7: Pak Boed, Bank Ini Harusnya Mati Dua Tahun Lalu.

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X