Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
6.178 views

Ritual Sesat Cabup Mojokerto, Sujud di Kaki Warga

Mojokerto (voa-islam) - Aneh-aneh saja para pengejar jabatan di negeri ini. Demi kemenangan dan mendapat simpati masyarakat dalam pemilihan Bupati Mojokerto, calon bupati (cabup) Mojokerto, Mustofa Kamal Pasha melakukan ritual dengan cara bersujud di kaki warga dan menyerahkan wajahnya untuk dipukul warga. Aksi inipun menimbulkan pro dan kontra.

Ritual Cabup Mustofa Kamal Pasha tersebut terjadi di Desa Menanggal, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Senin (14/12). Dalam rapat akbar bersama rakyat, cabup Mustofa mendeklarasikan pendampingnya, M Ali Kuncoro.

Saat deklarasi, kandidat cabup yang diusung sembilan parpol ini melakukan aksi bersujud di kaki warga, kemudian menyerahkan wajahnya untuk dipukul warga sebagai simbol akan kesungguhannya memperjuangkan nasib rakyat Mojokerto. Dengan simbol itu, Mustofa ingin menunjukkan kesungguhannya untuk melakukan perubahan di Mojokerto.

Sementara di dua desa lainnya, yakni Desa Banjarsari, Kecamatan Jetis, dan Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Mustofa melakukan ritual sujud mencium bumi di hadapan warga.

Mustofa Kamal Pasha mengatakan, kegiatan itu murni kegiatan rakyat, tanpa adanya intervensi pihak lain. ”Ini resmi gerakan rakyat dari bawah,” ujar Mustofa.

”Demi perubahan Kabupaten Mojokerto yang lebih baik, kami akan maju berpasangan dengan Ali Kuncoro,” tambahnya.

Sebagai putra daerah, lanjutnya, majunya ke bursa pilbup 2010 tersebut semata-mata untuk membangun Kabupaten Mojokerto menjadi lebih baik. “Sebagai orang asli putra daerah, saya mempunyai tanggungjawab untuk membangun Kabupaten Mojokerto menjadi lebih baik, maju dan masyarakat semakin sejahtera,” katanya.

Menurut Ketua GP Ansor Kabupaten Mojokerto Heri Ermawan, ritual tersebut hanyalah sebuah simbol. Bahwa, sebagai bupati nantinya, jika dia berbuat salah maka dia siap untuk diingatkan warganya. “Simbol itu kan seolah mengatakan, kalau salah dalam memimpin nanti, rakyat berhak mengingatkan,” kata Heri Ermawan yang juga anggota DPRD Kabupaten Mojokerto, Selasa (15/12).

Heri yang juga sekretaris DPC PKB Kabupaten Mojokerto ini menambahkan, meskipun kesungguhan dalam memimpin digambarkan seperti di depan khalayak seperti itu, namun ia menganggap ritual itu hanya sensasi.

Ketua GP Ansor Kabupaten Mojokerto Heri Ermawan, ritual itu hanya sensasi semata.

Sensasi atau simbol apalah yang jelas ritual ini batil bertentangan dengan Islam karena melakukan sujud kepada makhluk. Padahal sujud hanya boleh dilakukan kepada Allah, Tuhan semesta alam. Apakah ini bentuk mempertuhankan rakyat sebagaimana prinsip dalam demokrasi? Wallahu a'lam.

Allah telah melarang hamba-hamba-Nya bersujud kepada matahari dan bulan padahal keberadaan keduanya sangat mempengaruhi kelangsungan hidup mereka.

لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

"Janganlah bersujud kepada matahari dan janganlah (pula) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah Yang menciptakannya, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah." (QS. Fushilat: 37). Hal itu karena matahari dan bulan hanya makhluk ciptaan Allah yang diatur dan ditundukkan oleh Allah untuk manusia. Keduanya bukan tuhan maka tidak layak disembah dengan bersujud kepadanya. Begitu juga rakyat adalah makhuk dan hamba Allah, tidak boleh bersujud padanya.

Matahari dan bulan hanya makhluk ciptaan Allah yang diatur dan ditundukkan oleh Allah untuk manusia. Keduanya bukan tuhan maka tidak layak disembah dengan bersujud kepadanya. Begitu juga rakyat adalah makhuk dan hamba Allah, tidak boleh bersujud padanya.

Ketika Mu'adz bin Jabal radliyallah 'anhu datang dari Syam, beliau bersujud kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Maka Nabi bersabda: "Hai Mu'adz, apa-apan ini?." Muadz menjawab: “Saya datang ke negeri Syam dan saya lihat penduduknya sujud kepada Uskup dan Komandan mereka, maka saya berkeinginan untuk melakukan hal itu terhadap Anda.”

Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

فَلَا تَفْعَلُوا فَإِنِّي لَوْ كُنْت آمِرًا أَحَدًا أَنْ يَسْجُدَ لِغَيْرِ اللَّهِ لَأَمَرْت الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا

“Jangan lakukan itu, seandainya saya memerintahkan seseorang untuk sujud kepada selain Allah pasti saya perintahkan wanita untuk sujud pada suaminya, . . " (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Dalam sebuah hadits yang dikeluarkan oleh At-Tirmidzi, dari Abu Hurairah radliyallah 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, bersabda:

لَوْ كُنْتُ آمِراً أَحَداً أَنْ يَسْجُدَ لِأَحَدٍ لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا

"Kalau saja aku boleh menyuruh orang untuk bersujud kepada orang lain, pasti aku akan menyuruh seorang wanita untuk bersujud kepada suaminya."

"Kalau saja aku boleh menyuruh orang untuk bersujud kepada orang lain, pasti aku akan menyuruh seorang wanita untuk bersujud kepada suaminya."

Nyatalah kebatilan ritual yang dilakukan calon Bupati Mojokerto ini. dengan alasan apapun tidak bisa dibenarkan, apalagi hanya sensasi, simbolik, atau menjilat rakyat supaya mau memilihnya. (PurWD/dbs)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X