Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.933 views

NU Probolinggo: Doorprize Pengajian Haram Jika Dipungut Biaya

Krejengan (voa-islam.com) - Setelah dilantik, Pengurus baru PCNU Kraksaan menggelar kegiatan perdana. Hal ini dilakukan sebagai jawaban atas isu-isu terkini. Melalui Lembaga Bahtsul Masail (LBM), PCNU menggelar Bahtsul Masail Diniyah. Kegiatan itu dipusatkan di Ponpes Rofiatul Islam, Desa Sentong Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo, kemarin (11/7).

Kegiatan tersebut dimulai sekitar pukul 10.00. Selain pengurus, tampak beberapa orang perwakilan ponpes di sekitar lingkungan PCNU Kraksaan. Perwakilan dari LBM masing-masing MWC juga terlibat dalam kegiatan tersebut, selain itu sejumlah kiai juga turut hadir.

Bahtsul Masail kali ini membahas dua masalah pokok. Pertama, mengenai kasus video mesum yang melibatkan tiga artis papan atas Indonesia. Yakni, Nazriel Ilham (Ariel), Luna Maya, dan Cut Tary. Kedua, mengenai pengajian yang disertai undian doorprize. Dua persoalan tersebut dimunculkan oleh pengurus LBM sendiri.

Bahtsul masail tersebut dipimpin dua orang mushohhih. Yakni, KH Sholeh Abdullah dan ketua LBM PCNU Kraksaan, Mudloffir Irwani. Sementara dari perumus yakni, Syakur dan Roy Fadli.

Ada tiga pertanyaan yang diajukan mengenai video mesum pada artis. Salah satunya soal hukum memiliki video tersebut. Pada pertanyaan ini diputuskan, hukumnya adalah haram mutlak. Sebab unsur negatifnya terlalu besar. "Padahal sekarang cukup mudah untuk mendapat video tersebut," kata Wakil ketua PCNU Kraksaan, Idrus Ali.

Terkait polisi dan penyidik, peserta sepakat keduanya boleh melihat video tersebut. Keduanya mendapat pengecualian dari peserta. Sebab tujuannya adalah melakukan penyidikan. Terutama untuk mengungkap kasus tersebut secara hukum.

...Undian doorprize disepakati dengan hukum boleh tapi makruh. Boleh karena ada pengajian dan Makruh karena ada Doorprize. Namun hukum tersebut menjadi haram jika peserta pengajian dipungut biaya...

Meski boleh menyaksikan, namun ada batasan yang perlu diperhatikan. Baik oleh polisi maupun penyidik. Sebab penyidikan yang dilakukan harus disesuaikan dengan kebutuhan. "Artinya kalau sudah cukup (datanya), jangan diteruskan menonton. Apalagi jika dilakukan dengan syahwat. Hal ini juga berlaku untuk pakar telematika," imbuh Idrus.

Terkait persoalan pengajian dengan undian doorprize, peserta menyepakati dengan hukum boleh tapi makruh. Boleh karena ada pengajian dan Makruh karena ada Doorprize. Namun hukum tersebut menjadi haram jika peserta pengajian dipungut biaya.

Dalam kesempatan ini, Idrus mengatakan Bahtsul Masail tersebut merupakan tradisi NU. Kegiatan itu, kata Idrus, memiliki banyak manfaat dan sisi positif. Yakni menambah wawasan dan pengetahuan peserta. Hasil dari bahtsul masail kata Idrus, bahkan ditunggu-tunggu masyarakat sebagai pegangan. "Utamanya dalam memegang prinsip-prinsip kehidupan beragama," ujar penanggung jawab di bidang LBM NU ini.

Terkait video mesum artis Indonesia, Idrus mengatakan putusan forum sudah sangat masuk akal. Sebab pengambilan dasar hukumnya sudah teruji. Bahkan lanjutnya, perlu diikuti oleh ummat. "Jadi jangan hanya diambil hasilnya saja. Namun harus diamalkan," kata Idrus.

Idrus berharap, kegiatan itu selalu rutin dilaksanakan. Lebih-lebih sekarang ini kata Idrus, bahtsul masail sudah jarang digelar. Paling-paling, hanya pesantren yang melaksanakan. Itupun sudah mulai berkurang. "Jadi harus bisa ditingkatkan lagi intensitasnya. Sebab banyak hasil positif yang bisa didapat," ujarnya serius. (Ibnudzar/jpo)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X