Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
16.464 views

Disuruh Lari Tanpa Busana, Paskibra Diguncang Isu Pelecehan Seksual

Jakarta (voa-islam.com) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Saefullah membenarkan adanya laporan dari salah salah satu orang tua anggota Paskibra Pemprov DKI 2010 terkait pelecehan seksual.

"Ada laporan dari orang tua karena anaknya mengalami pelecehan, tapi pelecehannya seperti apa tidak jelas," ujar Saefullah, Rabu (18/8/2010).

..."Ada laporan dari orang tua karena anaknya mengalami pelecehan, tapi pelecehannya seperti apa tidak jelas," ujar Saefullah...

Menurut Saefullah, pada saat anggota Paskibra mengikuti bimbingan mental dan fisik di Kompleks Pendidikan Pramuka Nasional di Cibubur, barak antara putra dan putri terpisah. Tidak bisa anggota putra masuk ke barak putri maupun sebaliknya. "Sesuai koridor, putra dan putri tidak bisa menyeberang barak," ungkapnya.

Saefullah menilai aksi ini hanyalah bagian dari masa orientasi yang diikuti oleh anggota Paskibra. "Karena ini masa orientasi yang terjadi adalah instruksi berlebihan dari senior ke junior," tandasnya.
 
Bentuk Tim Investigasi

Kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami oleh salah seorang anggota putri Paskibra Pemprov DKI Jakarta 2010 mendapat perhatian serius.  Dinas Pemuda dan Olahraga DKI membentuk tim untuk menginvestigasi kasus ini.

"Saat ini Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi DKI sudah membentuk tim investigasi," ujar Ketua Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Saefullah, Rabu (18/8/2010).

..."Saat ini Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi DKI sudah membentuk tim investigasi," ujar Saefullah...

Tim investigasi berisi 4 orang mantan anggota Paskibra yaitu, Muhammad Mahdi, Jose Yuliandra, Abdurahim Arifin dan Pandu Sudewo, masing-masing angkatan Paskibra tahun 1994, 1995, 1997 dan 2001 Ke-empatnya kini masih aktif sebagai Pengurus PPI dan Majelis Pertimbangan PPI.

"Nanti tim investigasi akan beri keterangan apa benar terjadi pelecehan," katanya. Menurut Saefulah, jika memang ditemukan ada pelecehan saat anggota Paskibra mengikuti bimbingan mental dan fisik di Kompleks Pendidikan Pramuka Nasional di Cibubur, pihak Dinas Pemuda dan Olahraga DKI akan melakukan evaluasi.

"Saya tetap menunggu investigasi internal, kurangnya dimana kita akan evaluasi," tandasnya.

Ketika Bugil, Diawasi Empat Senior Putri

Sementara itu, menurut Ketua Tim Investigasi Internal Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Mohamad Mahdi, bahwa dirinya membenarkan bahwa instruktur dalam masa orientasi tersebut merupakan Paskibra senior yang tergabung dalam PPI. Meski belum menarik kesimpulan dari hasil investigasinya, Mahdi menduga peristiwa itu mungkin terjadi saat jadwal acara padat.

..."Kemungkinan itu terjadi pada sore hari. Saat itu ada empat senior (yang mengawasi barak putri)," kata Mahdi...

"Kemungkinan itu terjadi pada sore hari. Saat itu ada empat senior (yang mengawasi barak putri)," kata Mahdi.

PPI merupakan organisasi yang menghimpun anggota Paskibra sejak angkatan 1967 hingga sekarang. Mereka ditunjuk oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI sebagai pelaksana orientasi kepaskibrakaan di Cibubur maupun pelatihan pengibaran bendera yang dipusatkan di Perpustakaan Nasional mulai 13 Agustus. Dalam masa orientasi Paskibraka 2010 di Cibubur, anggota PPI yang menjadi instruktur berasal dari angkatan 2006-2009.

"Jumlah (instruktur) bisa lebih dari 50 orang," kata Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi PPI Yosse Yuliandra.

Senior putra maupun putri mengawasi pembinaan Paskibra di barak tertutup dan terpisah antara putri dan putra. Barak putri terdiri dari 15 orang Paskibra junior, demikian pula barak putra. Dari 30 orang tersebut, dua di antaranya dikirim sebagai Paskibraka tingkat nasional.

Paskibra Putra Juga Alami Kekerasan

Selain laporan adanya dugaan pelecehan seksual, seorang anggota Paskibra putra mengaku mengalami kekerasan.

"Ada laporan tindak kekerasan yang dialami anggota Paskibra putra," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov DKI Saefullah, Rabu (16/8/2010).

Menurut Saefullah, pihaknya sudah membentuk tim investigasi untuk menyelidiki kasus ini. Dia enggan mengungkapkan identitas pelaku dan korban karena masih menunggu hasil investigasi. "Itu nanti tunggu hasil investigasi," katanya.

Untuk menyelidiki kasus ini Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov DKI membentuk tim investigasi dan pada sore nanti Dinas Pemuda akan bertemu dengan orangtua peserta Paskibra yang mengaku mengalami pelecehan seksual dan kekerasan.

Pemerintah DKI Mengecam

Pemerintah DKI Jakarta pun mengecam dan menginstruksikan kasus dugaan pelecehan terhadap anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) tingkat DKI diusut tuntas.

Wakil Gubernur DKI Prijanto mengatakan, jika  memang benar ada seorang anggota Paskibra putri tingkat DKI yang dihukum lari telanjang oleh seniornya, maka itu sudah termasuk perbuatan asusila dan layak mendapatkan hukuman.

..."Ya, kalau begitu tidak bagus. Bila dari kamar mandi memakai handuk dibalut saja itu tidak bagus apalagi tidak pakai pakaiaan," tukasnya...

"Kalau itu memang benar, sampai sejauh mana, apa bentuknya tentu itu tidak bagus, itu merupakan perbuatan tercela dan termasuk perbuatan asusila kalau itu memang benar," kata Prijanto.

Dia mengungkapkan, kasus ini sangat memprihatikan sehingga harus ada langkah-langkah sesuai dengan aturan yang ada. Namun demikian, pihaknya terlebih dahulu akan melihat kasus ini secara obyektif.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, pelecehan terhadap anggota Paskibra berinisial S diketahui berdasarkan keterangan orangtuanya. Kepada orang tuanya, S menceritakan saat pembinaan mental di Cibubur, bulan lalu diperintahkan lari bolak-balik tanpa busana dari kamar mandi ke taman.

Menanggapi cerita tersebut, Prijanto pun menilai bahwa perbuatan tersebut merupakan tindakan yang tidak terpuji. "Ya, kalau begitu tidak bagus. Bila dari kamar mandi memakai handuk dibalut saja itu tidak bagus apalagi tidak pakai pakaiaan," tukasnya.

Secara terpisah, Ketua Purna Paskibraka Indonesia DKI M Mirza mengaku telah membentuk tim investigasi internal. Pihaknya berjanji akan menyelesaikan kasus ini dalam jangka waktu 14 hari.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, laporan adanya tindakan pelecehan bermula saat 30 Paskibra menjalani training pembinaan mental di komplek Pendidikan Pramuka Nasional di Cibubur, Jakarta Timur yang berlangsung tanggal 2 hingga 6 Juli 2010.

Saat itu dari laporan dari salah satu orangtua kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Disorda) DKI, telah terjadi tindak kekerasan. Namun masalah ini terus berkembang setelah adanya laporan terjadi pelecehan terhadap Paskibra perempuan. “Jauh dari kemungkinan telah terjadi pelecehan karena antara mes laki dan perempuan dipisah dan letaknya cukup jauh. Tapi kami tetap lakukan investigasi," ujarnya.

Tak mau ketinggalan, Gubernur DKI Fauzi Bowo juga mengecam keras tindakan ini. Foke berjanji akan mengusut tuntas kasus ini. Jika terbukti Foke meminta agar pelakunya ditindak tegas.

Tindakan tidak terpuji tersebut diduga dilakukan oleh senior Paskibra yang berinisial A dan E, yang menyuruh anggota Paskibra perempuan  berinisial S untuk berlari berlari dengan hanya menggunakan handuk dari toilet ke kamar mereka masing-masing. (Ibnudzar/dbs)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X