Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.500 views

Para Ikhwan Ekstra Hati-hati, Polisi Sweeping yang Akan Masuk Ambon

Jakarta (Voa-Islam) – Buat para ikhwan yang sedang menuju dan telah tiba di Ambon, harus ekstra hati-hati. Mengingat, kepolisian akan melakukan sweeping dan razia kepada warga yang masuk ke Kota Ambon, terutama yang tidak jelas tujuannya. Razia itu akan dilakukan di setiap bandara, terminal dan pelabulan.

Meski Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri, Irjen Pol Anton Bachrul Alam belum terlihat adanya warga yang akan masuk ke Ambon dalam jumlah besar, pasca bentrok antarwarga. Namun, Kepolisian Resor Jakarta Utara, tengah melakukan sweeping terhadap penumpang kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok, yang akan menuju menuju Ambon.

Sebanyak 498 penumpang kapal KM Ciremai jurusan Jakarta, Surabaya, Ternate, Ambon, Bau-Bau, diperiksa sejak memasuki kapal pada 13.00 Wib, Selasa, 13 September 2011. "Polri minta maaf pada masyarakat karena akan dilakukan razia, khususnya bagi masyarakat yang bepergian ke Ambon," kata  Anton.

Dalam periksaan ini, penumpang tidak hanya diperiksa saat melintasi satu pintu dengan X-Ray. Seluruh barang bawaan penumpang juga diperiksa saat mereka berada di dalam kapal. Sasarannya senjata api dan tajam. Bukan hanya barang bawaan, tapi barang cargo milik penumpang ikut diperiksa. Operasi ini akan terus dilakukan sampai Ambon dinyatakan aman.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan, Ajun Komisaris Jerry Siagian mengatakan, operasi tersebut melibatkan 200 personel, 150 dari polres Pelabuhan, 50 dari Polda dan keamanan pelabuhan."Tidak ada instruksi dari Mabes Polri atau Polda. Ini inisiatif Polres Pelabuhan, karena pelabuhan merupakan pintu masuk menuju Ambon," ucapnya. 

Memantau SMS Jihad ke Ambon  

Buka hanya barang bawaan yang akan dirazia, polisi juga akan memantau SMS para penumpang yang berisi ajakan berjihad ke Ambon. Polda Jawa Timur memberitahukan, bahwa telah beredar pesan pendek (SMS) berisi ajakan 'berjihad' di Ambon. Meski tak jelas siapa pengirim, Polda Jawa Timur tak menganggap enteng hal itu.

Kapolda Jatim, Inspektur Jendera Hadiatmoko bersama jajarannya, serta unsur TNI, dan petugas Pelabuhan Tanjung Perak langsung melakukan sweeping di Dermaga Gapura Surya  Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"SMS beredarnya sejak kemarin sore (Senin). Namun, saat kami hubungi kembali, sejumlah nomor telepon yang dipakai mengirim SMS tersebut tidak aktif," kata Kapolda Selasa 13 September 2011.

Dia menceritakan, belakangan banyak SMS beredar yang kebanyakan ditujukan pada warga Ambon yang ada di Jawa Timur. Isinya: mengajak 'berjihad' ke Ambon. "Terkait itu kita mengingatkan agar warga Jawa Timur untuk tidak mudah terprovokasi dengan mengikuti ajakan-ajakan yang menyesatkan," lanjut Kapolda.

Selanjutnya, Pangdam V Brawijaya Mayjen Gatot Nurmantyo, menyempatkan berbincang dengan kerumunan calon penumpang kapal laut dengan tujuan Ambon. Sementara personel keamanan dari Polri melakukan pemeriksaan barang bawaan penumpang. Petugas ingin memastikan para calon penumpang yang akan meninggalkan Surabaya bukan untuk keperluan yang tidak diinginkan tersebut.

"Pulang ke Ambon? Tapi bukan untuk urusan yang tidak benar kan?" sapa Kapolda kepada sejumlah penumpang.

Perlu diketahui, penjagaan ketat dilakukan di semua pintu keluar Jawa Timur. "Tidak hanya di Surabaya, tetapi di daerah lain seperti Ponorogo, Pasuruan, Gresik, Madura, maupun Banyuwangi. Tapi tidak hanya pelabuhan saja yang diperketat, jalur melalui udara juga harus lebih waspada," ujar Kapolda.

Untuk itu, pihaknya mengerahkan sekitar 300 personel TNI untuk berjaga-jaga di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak. Mereka dibantu ratusan personel Brimob Polda Jatim serta petugas keamanan pelabuhan.Anggota dari Korem dan Kodim juga di turunkan langsung. Bahkan aparat telah mendirikan pos pengamanan di pelabuhan. Yang pasti, Pangdam belum bisa memastikan sampai kapan penjagaan dan razia dilakukan.

Setelah Aceh dan Pulau Jawa, bukan tidak mungkin, isu terorisme akan dibangkitkan kembali, kali ini Ambon menjadi sasaran. Bagi para ikhwan yang hendak ke Ambon untuk menjenguk saudaranya yang terluka, hendaknya lebih berhati-hati. Aparat intelijen akan membidik pergerakan para ikhwan yang tak rela kaum muslimin di Ambon dizalimi. (Desastian)  

 

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X