Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
13.916 views

Rusaknya Umat Islam Disebabkan Kebodohan dalam Ilmu Syar'i

SOLO (voa-islam.com) – Jika kita melihat kondisi umat islam sekarang ini, baik kaum muslimin yang ada di Indonesia maupun di luar negeri (Indonesia) dengan kondisi kaum muslimin yang ada pada zaman Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam tentu amat jauh berbeda.

Dan hal ini bila diibaratkan perbedaannya antara langit dan bumi. Pada saat umat islam dizaman Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam meskipun sedikit kuantitasnya (jumlahnya), namun kehidupan mereka begitu nyaman, tentram dan selalu dalam keadaan yang tidak pernah mengalami ketertindasan dari orang-orang Islam.

Jikalau umat Islam yang ada dibelahan bumi lainnya sedang dizalimi, maka umat Islam yang ada di Mekkah dan Madinah dengan sigap akan segera bertindak untuk mencegahnya.

Akan tetapi kondisi tersebut jika kita bandingkan dengan realita sekarang ini tentu sungguh sangat jauh sekali berbeda. Kaum Muslimin diseluruh dunia ini tak ubahnya seperti buih yang diombang-ambingkan dilautan yang luas.

Dari segala penjuru manapun, umat Islam selalu menjadi sasaran tembak orang-orang kafir dalam melancarkan agenda dan strategi mereka untuk memusuhi dan memerangi umat Islam. Menurut ustadz Rosyid Ridho Ba’asyir, Lc. saat memberikan taushiyahnya dalam Kajian Rutin Jum’at pagi dimasjid Fauziah Kompleks Madrasah ‘Aliyah Al Mukmin Ngruki Sukoharjo Jawa Tengah pada hari Jum’at (22/6/2012), hal tersebut karena umat Islam sudah tidak perduli lagi dengan ilmu syar’i.

“Rusaknya umat Islam disebabkan kebodohan dalam ilmu syar’i, dan ini penyakit. Maka umat Islam wajib tahu informasi tentang dunia Islam dan kondisi umat Islam, khususnya informasi yang berkaitan tentang ilmu syar’i”, ungkap ustadz Rosyid sapaan akrabnya.

Selain itu ustadz Rosyid juga menerangkan bahwa jika umat Islam sudah tidak mau berusaha mencari dan menuntut ilmu syar’i, maka kaum muslimin akan dengan mudahnya menjadi bulan-bulanan dan permainan orang-orang kafir serta bisa menjadi target-target kepentingan kelompok anti islam.

“Jika umat Islam sudah tidak perduli dengan ilmu syar’i dan tidak mau berusaha untuk mencari dan memahaminya, sehingga mereka bingung Islam itu apa? maka akhirnya yang terjadi adalah kejadian-kejadian besar pada kaum muslimin seperti umat islam mudah dipermainkan, dijadikan target-target kepentingan dan lain sebagainya”, lanjut ustadz muda yang pernah menimba ilmu di Darul Hadits Mekkah Al Mukarromah itu.

Beliau kemudian mencontohkan bagaimana kaum muslimin di Tunisia yang mulai bergejolak lagi setelah revolusi “mainan” beberapa bulan lalu, di Suriah bahkan yang terabru yakni di Burma, begitu mudahnya ditumpahkan darahnya, dihinakan dan para muslimahnya diperkosa oleh orang-orang Kafir. Semua ini menurut beliau bukan karena tidak ada sebabnya. Tapi ini semua karena kesalahan kita sendiri karena tidak mau mempelajari ilmu syar’i dengan benar.

“Jika ada umat Islam disalah satu belahan bumi (Suriah dan Burma-red) yang sedang dibunuh, dihinakan, diperkosa dan lain sebagainya (oleh orang-orang Kafir-red), jangan salahkan orang lain, tapi salahkan diri kita sendiri karena diri kita sendiri tidak perduli lagi dengan ilmu syar’i. Atau seperti di Tunisia sekarang ini yang mulai bergolak lagi, umat islam tidak bisa memanfaatkan kesempatan tersebut kembali, padahal sebelumnya sudah pernah ada Revolusi. Hal ini bukan karena sebab, tapi karena kebodohan mereka dalam memahami ilmu syar’i sehingga dalam mengambil sikap mereka tidak bisa. Dan yang ke-dua karena qudroh (kemampuan) mereka hanya seperti itu saja, sehingga kurang bisa mengambil sikap yang pas dalam melihat kondisi tersebut, dan hal ini tidak jauh beda dengan umat islam di Indonesia,”  tegas putra kedua ustadz Abu Bakar Ba’asyir tersebut.

Terakhir beliau memaparkan alasan yang paling mendasar dari kondisi yang dialami kaum muslimin itu semua karena umat Islam tidak ada hubungan yang erat dengan 2 kitab sucinya, yakni Al Qur’an dan Sunah. Kadangkala ada kelompok yang hanya menggunakan Al Qur’an saja sebagai pegangannya dengan meninggalkan hadits-hatits Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang kemudian lebih dikenal dengan istilah Ingkarus Sunah. Dan ada pula yang hanya mengamalkan Sunahnya saja kemudian membuang Al Qur’an.

Akan tetapi menurut penjelasan beliau dan yang aling ironi yaitu, bila ada orang yang mengaku dirinya muslim dan menjadikan 2 kitab suci sebagai pedoman hidupnya, tapi dalam kenyataannya 2 kitab suci tersebut malah ditaruh dibelakangnya (tidak dipelajari dan diamalkan).

“Hal ini terjadi karena kita tak punya hubungan kuat antara kita dengan 2 kitab (Al Qur’an dan Hadits), dan Allah swt tidak akan perduli dengan hamba-hamba-Nya yang main-main saja dalam  mengaku dirinya Islam dan tidak perhatian dengan  syari’at Islam ini dengan benar, karena Allah swt tidak akan memperdulikan dan memperhatikan orang-orang seperti itu,” tutup beliau memberikan penjelasan. (Bekti Sejati/Kru FAI)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X