Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
7.471 views

Masyarakat Syariah Indonesia: Strategi Dakwah Lima Tahun Ke depan

JAKARTA (VoA-Islam) – Ketika ormas Islam mulai mandeg, politik Islam semakin mandul, tidak ada terobosan baru, diperlukan strategi dakwah untuk lima tahun kedepan. Salah satu program yang bisa dijadikan isu bersama adalah Masyarakat Syariah Indonesia dengan tajuk Indonesia Cinta Syariah.

“Strategi dakwah ke depan, bukan tokohnya yang dulu muncul, tapi sistemnya yang berjalan. Buat program-program yang ringan, fun, dan mudah diterima oleh masyarakat umum dengan pendekatan persuasif.  Masyarakat Syariah Indonesia ini serentak akan dilakukan di seluruh Indonesia. Dengan pendekatan dakwah yang cair, diharapkan bisa mensejahterakan ekonomi masyarakat bawah, sehingga umat Islam bisa tampil dalam menentukan arah kebijakan lima tahun ke depan,” kata Ustadz Bachtiar Nasir.

Kenapa harus melakukan pendekatan yang cair? “Dari pengalaman yang sudah-sudah, hendaknya strategi dakwah itu menggunakan sistem bola es (snow ball). Komersialisasi lembaga dakwah harus dihindari, walau harus ada pendekatan profesional.

Harus diakui, ada sebagaian masyarakat yang merasa kurang formal kalau kajian keislaman yang tidak berbayar. Karena itu, jika jasa itu dilakukan dengan biaya produksi tingi, boleh saja dilakukan dengan pendekatan profesional. Terpenting, harus bergerak di semua lapisan. Yang kita pentingkan adalah kualitas, bukan semata kuantitas.

Visi AQL Islamic center adalah pusat Islam. Tujuan utamanya adalah  membangun struktur sosial Islam. Adapun konten yang diberikan untuk umat adalah Islamic character building.  Setidaknya, ada tiga yang perlu dikenal umat, yakni,  Allah, Rasulnya dan Islam. Itu dilakukan melalui tiga proses tarbiyah atau pendekatan:  ilmu yang benar, keyakinan yang benar, dan amal yang benar.

Ke depan, AQL tidak akan menjadi ormas, tapi pusat Islam saja. AQL juga tidak akan berpolitik pratis. Jika masuk partai itu namanya set back (mundur). AQL akan menjadi pesantren di tengah kota. AQL Islamic Center adalah rumah kita bersama, rumah belajar kita, rumah hijrah kita, rumah persaudaraan kita, rumah panggilan jiwa kita, dan rumah peradaban kita.

Dikatan Ustadz Bachtiar Nasir, musuh umat Islam adalah aliran sesat, sekularisme, pluralism dan liberalisme. Dakwah AQL adalah amar maruf nahi mungkar.

Orientasi Dakwah

Senada dengan Ustadz Bachtiar Nasir, Ustadz Adnin Armas dari MIUMI dan INSIST mengatakan, dakwah itu tidak terbatas hanya di masjid. Dakwah juga tidak semata ceramah dan pengajian, tapi juga menyentuh seluruh lapisan masy, dari hulu ke hilir, dari awal ke akhir.

“Jika ini tidak dilakukan, maka dakwah menjadi terkotak-kotak dan parsial. Segmennya harus diperluas, bukan hanya kalangan bapak, tapi juga ada kalangan ibu-ibu, anak-anak, remaja, kalangan professional, intelektual dan sebagainya. Mengingat komposisi masyarakat harus diakui terkotak-kotak  dengan berbagai macam profesi dan ketertarikan. Karena itu  dakwah harus menyentuh semua lapisan itu,” kata Adnin.

Menurut Adnin, tidak bisa satu pola untuk semua pola. Tidak akan cocok, Inilah yang namanya usaha membangun peradaban. Basis massa memang ada perlunya, tapi basis massa yang tidak dibangun dengan fanatic buta, melainkan dibangun di atas ilmu. “Tokoh Intelektual Islam klasik, Fachrudin al Razi, misalnya pernah berceramah di hadapan 300 orang jamaah.”

Pendekatan atau orientasi dakwah itu bukan berlomba-lomba merekrut anggota sebanyak-banyaknya. Untuk apa kalau tidak solid dan tidak kuat pemikirannya. Terpenting, solid dan pemikirannya benar. Jika keduanya bisa dipadukan, tentunya itu yang paling ideal.

Bicara soal figur dakwah, kata Adnin, juga diperlukan. Sosok ulama atau imam seperti Rasulullah Saw dan sahabatnya, atau sosok Syafi’i, Hambali, dan sebagainya memang dibutuhkan. Jika kebatilan saja membutuhkan figur, apalagi kebenaran. Yang perlu ditekankan dari sosok atau figure itu adalah tidak serta merta dikultuskan. Tidak ada sosok yang ma’sum selain Rasulullah. Idealnya lagi adalah selain figur juga harus disertai dengan sistem.

Kehadiran Islamic Center yang ideal, adalah bagaimana aktifitas dan program yang dijalankan betul-betul menyedot masyarakat, sekaligus membawa dampak yang besar bagi lingkungan di sekitarnya.  Desastian

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X