Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
11.092 views

Pengikut Gus Dur Terusik dengan Soal Ujian Siswa Madrasah Aliyah

DEPOK (VoA-Islam) – Setelah politikus Partai Demokrat Sutan Bhatoegana menyebut Gus Dur lengser karena kasus korupsi, kini nama Gus Dur kembali dikaitkan dengan permasalahan yang sama. Kali ini ditemukan  soal ujian semester ganjil dengan mata pelajaran sejarah untuk siswa Madrasah Aliyah (MA),  berbentuk pilihan ganda yang mempertanyakan apa penyebab jatuhnya pemerintahan Gus Dur? Soal ujian mata pelajaran Sejarah itu membuat pengikut Gus Dur terusik.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Karimiyah, Sawangan, Depok, KH Damanhuri  adalah orang pertama yang menemukan soal UAS tingkat Madrasah Aliyah se-Jawa Barat mata pelajaran sejarah yang melecehkan Presiden kelima RI Abdurrahaman Wahid. Pelaksanaan UAS bidang sejarah yang dilaksanakan pada 5 Desember lalu tersebut.  

Dalam soal ujian dalam bentuk pilihan ganda itu  dipertanyakan penyebab jatuhnya pemerintahan KH Abdurrahman Wahid. Ada beberapa pilihan jawaban di sana, namun kunci jawaban mengatakan jika Gus Dur lengser karena kasus Brunei Gate dan Bulog Gate. Soal itu dibuat Musyawarah Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (MK2MA) Provinsi Jawa Barat itu, dinilai Damanhuri tidak etis dan menyesatkan. Dia meminta agar pembuat soal ujian tersebut diproses secara hukum.

"Memang ada beberapa pilihan jawaban di sana, namun di kunci jawaban mengatakan jika Gus Dur lengser karena kasus Brunei Gate dan Bulog Gate. Jelas, ini sangat menyesatkan masyarakat dan para siswa yang tidak tahu apa-apa,” ujar Damanhuri.

KH. Damanhuri yang selama ini dikenal sebagai pengikut Gus Dur mengatakan, pembuat soal ujian harus diproses. Tidak benar jika Gus Dur lengser karena kasus tersebut dan harus ada pelurusan sejarah. Selain itu, tidak ada di buku pelajaran Sejarah jika Gus Dur turun dari jabatannya karena kasus korupsi, dan para siswa pun tidak pernah mempelajari sejarah tersebut

Diprotes Warga NU

Atas soal ujian tersebut, kaum muda Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sukabumi mengecam “pencemaran nama baik” KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dalam soal ujian akhir semester (UAS) Madrasah Aliyah (MA) se Jawa Barat. Mereka meminta kasus penghinaan ini diusut tuntas.

‘’Kami mengecam keras karena ini merupakan pembohongan sejarah,’’ ujar Wakil Sekretaris Pengurus Cabang NU (PCNU) Kabupaten Sukabumi, Daden Sukendar, Senin (10/12).

Menurutnya, keberadaan soal ini sengaja dibuat oleh para penyusun soal. Oleh karenanya, kata Daden, PCNU Sukabumi mendesak pihak berwenang untuk mengusut tuntas kasus ini. Langkah tegas diperlukan agar upaya pencemaran nama baik Gus Dur tidak terulang kembali di kemuian hari.

Sementara itu, Gerakan Pemuda (GP) Anshor Kota Depok langsung mendatangi pihak pembuat soal untuk mengklarifikasi mengapa sampai muncul soal seperti itu pada UAS yang diselenggarakan Rabu, 5 Desember lalu. Terkait hal itu, pihak GP Anshor juga tengah menelusuri siapa pembuat soal yang memasukkan butir soal tersebut.

Ketua PC Anshor Kota Depok Abdul Kodir mengatakan, kejadian tersebut bisa menyesatkan siswa. Pihaknya juga sudah meminta pertanggungjawaban pihak Kemenag Jawa Barat. “Soal UAS seperti itu tidak pantas untuk dimasukkan dalam pelajaran Sejarah apalagi sampai diujikan. Bagi kaum Nahdliyin, Gus Dur merupakan ulama yang menjadi suri tauladan,” belanya.

Gerakan Pemuda (GP) Anshor Kota Depok meminta agar Kementrian Agama (Kemenag) Kanwil Jawa Barat untuk meminta maaf secara resmi terkait soal Ujian Akhir Sekolah (UAS) yang menyebutkan Presiden kelima RI Abdurrahman Wahid (Gusdur) lengser karena kasus korupsi. Permintaan maaf tersebut harus dilakukan secara tertulis.

Lalu jatuhnya karena apa dong? (desastian/dbs)

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X