Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
17.267 views

Dangdutan Dekat Masjid, Pemuda Gerudug Kantor Camat Bekasi Selatan

BEKASI (voa-islam.com) - Jika pada umumnya pemuda di malam pergantian tahun baru masehi 2013 berhura-hura, turun ke jalan-jalan untuk bermaksiat, berbeda dengan puluhan pemuda muslim dari Forum Silaturahmi Masjid dan Mushalla (FSMM) yang melakukan amar ma’ruf nahi munkar.

Bahkan, tempat pertama yang digeruduk para pemuda muslim itu adalah Kantor Kecamatan Bekasi Selatan, di Jl. Pulo Ribung No. 1, Pekayon Jaya, Kota Bekasi.

Malam itu, di halaman kantor kecamatan Bekasi Selatan digelar pertunjukan orkes dangdut dalam rangka memperingati tahun baru 2013.

Ironisnya, kantor camat itu persis bersebelahan dengan Masjid Muhammad Ramadhan. Tentu saja hingar bingar musik dangdut ditambah lagi para penyanyi yang mengumbar aurat begitu mengganggu kenyamanan beribadah umat Islam.

Maka, salah seorang koordinator FSMM, Abu Syifa bersama beberapa delegasi menyatroni kantor Kecamatan untuk menyampaikan keberatan.

“Kami dari Forum Silaturahmi Masjid dan Mushalla (FSMM) ingin menyampaikan bahwa kami merasa terganggu dengan acara dangdutan ini, sementara di sebelah ada masjid,” ujarnya, Senin (31/12/2012).

Beberapa orang perwakilan pun menyampaikan hal senada, mereka mempertanyakan apakah sudah tidak ada tempat lain lagi untuk menggelar orkes dangdut, yang tidak mengganggu umat Islam dalam beribadah. Di sisi lain, perayaan tahun baru seperti itu juga bukan tradisi Islam.

Asep Supyandi selaku Camat Bekasi Selatan yang menerima delegasi perwakilan pemuda itu beralasan bahwa kantor Camat bukan hanya milik salah satu umat.

“Saya mungkin orang tua yang diingatkan dengan anak muda, tapi kalau Camat bicaranya nasionalis tidak bicara parsial sepotong-sepotong. Kantor ini kan bukan punya salah satu umat, kantor ini milik semua umat termasuk semua warga,” kata Asep Supyandi.

Asep yang saat itu masih mengenakan kopiah hitam dan baju koko itu menegaskan tidak berniat mengganggu kenyamanan ibadah. “Saya juga orang Islam kok, tidak ada niat untuk mengganggu masjid,” tuturnya.

Sementara itu selain Camat Bekasi Selatan, ternyata hadir pula Kapolsek Bekasi Selatan, AKP Susilo Edi yang turut menyampaikan berbagai alasan.

Bahkan, Kapolsek beserta jajarannya yang mengamankan konser musik dangdut itu ternyata begitu fasih mengutip hadits Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Diantaranya adalah hadits tentang perintah mencegah kemungkaran.

مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ الإِيمَانِ

“Barangsiapa di antara kalian melihat kemungkaran, hendaklah dia merubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu, hendaklah dia merubah hal itu dengan lisannya. Apabila tidak mampu lagi, hendaknya dia ingkari dengan hatinya dan inilah selemah-lemah iman." (HR. Muslim no. 49).

Usai membacakan hadits itu, Kapolsek dengan dengan nada tegas, menyatakan berpegang pada hadits tersebut. “Ana pegang itu, ana pegang itu!” ucapnya di hadapan delegasi pemuda FSMM.

Bukan hanya itu, Kapolsek juga terus mengutip hadits-hadits Nabi lainnya yang dihafalnya di luar kepala bak seorang ustadz.

وانما انا قاسم والله يعطي

Sesungguhnya saya hanya menyampaikan dan Allah yang memerikan. (H.R. Thabarani)

بَلِّغُوا عَنِّي وَلَوْ آيَةً

Sampaikanlah dariku walau satu ayat (HR. Bukhari).

Namun, setelah menyampaikan penjelasannya yang mengutip ayat-ayat Al-Qur’an maupun Hadits, ternyata Kapolsek juga tak menghentikan dan tetap membiarkan orkes dangdut mengumbar aurat jelang tahun baru itu berlangsung.

Akhirnya, delegasi FSMM meninggalkan kantor camat yang dipadati warga menyaksikan orkes dangdut, dengan perasaan kecewa.

Meski demikian, puluhan pemuda tetap melaksanakan aksi amar ma’ruf nahi munkar di sekitar perumahan Galaxy.

Mereka membagi-bagikan brosur, selebaran dan famplet yang berisi himbauan untuk tidak merayakan tahun baru serta meninggalkan maksiat.

Dalam aksi tersebut, didapati belasan remaja ABG yang sedang berpacaran, mereka pun didakwahi dan diminta untuk tidak mengulanginya lagi.

Aksi berlangsung tertib, tanpa ada tindak kekerasan maupun anarkis. Sekitar pukul 00.30 WIB, puluhan pemuda muslim tersebut mengakhiri aksi amar ma’ruf nahi munkar dan kembali ke rumah masing-masing. [Ahmed Widad]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X