Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
8.411 views

Yes, Pelajar SMA di Klaten Tolak Keburukan Valentine's Day

KLATEN (voa-islam.com) – Menyadari akan keburukan Valentine’s Day, pelajar siswa-siswi SMAN 1 Karanganom, Klaten, Jawa Tengah, tidak akan mengisi hari kasih sayang itu dengan hura-hura, melainkan kegiatan kerja bakti dan mengadakan seminar sehari seputar mudharat Valentine’s Day.

Entah kenapa, tradisi, valentine’s day identik dengan pesta seks, miras dan hura-hura. Bahkan tak sedikit anak muda yang sibuk berbelanja, seperti membeli kue, coklat, boneka dan pernak-pernik lainnya. Untuk mengetahui keburukan Valentine’s Day, para pelajar dan pihak sekolah mengadakan Traning Motivation dengan tema “Say No To Valentine’s Day” pada hari Ahad pagi (10/2/2013) di SMA N 1 Karanganom, Klaten, Jawa Tengah.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut, Ustadz Bekti -- wartawan Voa-Islam.Com biro Solo dan Fatan Fantastik, seorang traner motivasi dari Yogyakarta. Para pembicara ini menjelaskan kepada para pelajar tentang keburukan Valentine’s Day yang sesungguhnya.

Dalam pemaparannya, Fatan Fantastik memberikan motivasi dan mengarahkan para pelajar dan kawula muda untuk beraktivitas positif dari sekedar membuang-buang waktu dan menghambur-hamburkan uang untuk berfoya-foya, yang tidak sesuai kebutuhan.

Selain itu, Fatan juga menganjurkan kepada para pelajar memfokuskan dirinya untuk melakukan apa yang sedang dijalani saat ini, seperti fokus belajar dan mengembangkan potensi diri agar tidak terjerumus dan ikut-ikutan oleh perilaku yang tidak baik. Menurutnya, masih banyak hal positif dan terarah yang bisa dilakukan oleh kawula muda menjelang dan disaat tanggal 14 Februari dari sekedar membeli coklat, dan melakukan aktivitas yang tidak jelas.

Sedangkan Bekti dalam makalahnya yang berjudul “Say No To Valentine’s Day – Antara Kasih Sayang Semu dan Propaganda Media Penipu” menjelaskan secara singkat tentang definisi kasih sayang, sejarah, kesalahan dan kemaksiatan Valentine’s Day, propaganda media serta permainan pengusaha dalam perayaan hari kasih sayang tersebut.

Dalam surat Al Qashash (28) ayat 77, diperintahkan oleh Allah untuk berkasih sayang kepada orang lain. Dan didalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah saw. bersabda, “Man laa yarhaminnaasa laa yarhamhullaah”. Barang siapa tidak menyayangi manusia, maka Allah tidak akan menyayanginya. Ini menunjukkan bahwa kasih sayang itu ada dalam Islam. Jadi mengungkapkan kasih sayang itu tidak hanya dilakukan pada moment 14 Februari saja. Inilah yang harus kita fahami bersama” ucap Bekti.

Lebih lanjut Bekti menambahkan, bahwa kasih sayang itu tidak hanya diberikan kepada pasangannya saja, namun secara universal, makna kasih sayang itu harus diberikan kepada seluruh umat manusia. “Yang dimaksud dengan kasih dan sayang di sini bukan sekadar hubungan cinta atau asmara antara seorang laiki-laki dan perempuan saja. Namun lebih bersifat universal. Seperti menyayangi sahabat, saudara, keluarga dan lain-lain,” jelasnya.

Jika kasih sayang diberikan kepada pasangannya saja, apalagi jika pasangannya tersebut bukanlah pasangan sahnya secara hukum maupun secara syari’at islam, maka yang terjadi adalah perzinaan dimana-mana. “Jika kita lihat realita, perayaan Valentine’s Day sekarang ini, definisi kasih sayang itu hanya diartikan dalam lingkup  kecil, yang berimbas pada praktek perzinaan. Dalam semangat Valentine itu, ada semacam kepercayaan bahwa melakukan maksiat dan larangan-larangan agama seperti berpacaran, bergandeng tangan, berpelukan, berciuman, petting, layaknya suami dan istri (di luar nikah) di kalangan sesama remaja itu menjadi boleh. Ini keliru.”

Bekti melanjutkan, media yang harusnya menjadi sarana edukasi dan pencerahan bagi masyarakat, utamanya kawula muda tidak bisa menempatkan posisinya dengan baik dan benar. Media, menurutnya, hanya menayangkan berita, sesuai siapa yang membayarnya dengan melakukan provokasi-provokasi tayangan kearah yang tidak baik dan cenderung mengikuti kepentingan pengusaha.

“Sayangnya, media yang diharapkan menjadi pencerah dan mengarahkan masyarakat kearah kehidupan yang lebih baik, tidak bisa memegang peranan ini. Namun dengan makin menjamurnya dan bermunculannya media-media islam, seperti Voa-Islam.Com yang kami kelola bersama teman-teman, mampu sedikit menjelaskan apa itu Valentine’s Day yang sebenarnya. Jadi disini emang media juga turut andil besar dalam pola pokir dan tata cara kehidupan masyarakat,” paparnya.

Dibalik Valentine’s Day adalah adanya kepentingan pengusaha. Misalnya, kenapa Valentine selalu identik dengan coklat, boneka dan pernak-pernik lainnya? Kenapa simbol Valentine itu identik dengan warna pink? “Kenapa waktu Valentine itu, kita tidak ngasih pasangan kita kue bolu kukus misalnya atau gethuk saja? Lho getuk itukan juga enak. Nah, disinilah kepentingan pengusaha memanfaatkan moment ini. Maka kita lebih baik tidak usah merayakan Valentine’s Day yang hanya membuang-buang waktu kita saja” pungkasnya.

Sementara itu, pihak sekolah yang diwakili oleh Pak Wahyu mengatakan, seminar ini sebetulnya rutin diadakan setiap dua pekan sekali. Namun karena hari minggu ini bertepatan menjelang perayaan Valentine’s Day, maka ada siswa yang mengusulkan untuk mengadakan acara training tersebut dan kemudian disambut hangat oleh pihak sekolah. “Kami berharap, para pelajar lebih terbuka wawasannya, terutama soal keburukan Valentine’ Day itu,” kata Pak Wahyu, guru yang yang mengajar Pendidikan Agama Islam.  [Bekti]

 

 

 

 

 

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X