Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
48.989 views

Preman Ambon LP Salemba Minta Maaf Kepada Mujahidin dan Umat Islam

JAKARTA (voa-islam.com) - Ketika melakukan aksi apel siaga umat Islam di depan LP Klas II A Salemba Jakarta Pusat, pihak LP meminta agar beberapa delegasi yang mewakili umat Islam menyampaikan permasalahannya sekaligus berdialog.

Akhirnya ditunjuklah beberapa orang delegasi perwakilan dari para aktivis Islam, mereka terdiri dari salah seorang perwakilan dari pendekar Banten, ustadz Abu Shofie dan dipimpin ustadz M. Fachry. Mereka diterima petugas LP diantaranya; Agus Kalapas Salemba, Taufiqurrahman Karutan Salemba dan beberapa petugas lainnya.

Delegasi meminta penjelasan mengapa pengeroyokan bisa terjadi, lalu mengapa pihak mujahidin yang diisolasi hingga dipindahkan.

Salah seorang petugas membantah adanya unsur kesengajaan, menurutnya hal itu terjadi secara spontanitas. Adapun kelompok mujahidin diisolasi demi menjaga keamanan mereka. Sementara alasan pemindahan mereka ke Nusakambangan dan LP Cipinang di sebabkan karena di LP Salemba tak memiliki tempat khusus yang memadai.

Selain meminta penjelasan petugas LP, delegasi umat Islam juga menuntut para pentolan preman di Blok A untuk dihadirkan. Mereka ingin berbicara langsung motif pengeroyokan dan penyelesaian kasus pengeroyokan tersebut.

Amen, salah satu pentolan preman dan napi yang bertanggung jawab terhadap pintu sel Blok A mengatakan, pengeroyokan terjadi secara tiba-tiba, ia sekaligus mengklarifikasi bahwa dirinya tak pernah membuka pintu di Blok A. “Waktu itu malah saya bantuin petugas pak biar napi ngga keluar semua,” kata Amen di depan delegasi umat Islam, Jumat (15/3/2013). Namun demikian ia meminta maaf atas kasus pengeroyokan yang terjadi.

Pentolan preman Ambon kafir berikutnya adalah Dandru, ia adalah anggota kelompok Edo yang melakukan pengeroyokan terhadap Hendra Ali.

Ia mengakui bahwa pengeroyokan itu terjadi karena kesalahan dari pihaknya. Pria berbadan besar dan berkepala plontos bernama Robert Pllyama alias Oncu, sebagai pemicu pengeroyokan.

“Mereka itu kan sebenarnya baru masuk, sebelumnya di Mapenaling, jadi ngga kenal teman-teman ini,” jelas Dandru.

Dandru mewakili kelompoknya pun meminta maaf atas pengeroyokan tersebut. “Saya mewakili Edo dan kawan-kawan meminta maaf kepada teman-teman,” tuturnya.

Saat ditanya, mengapa pihaknya seolah menantang dengan mengerahkan massa preman Ambon untuk mendatangi LP Klas I Tangerang, Dandru mengaku tak mengerti persoalan itu, namun ia akan meminta kepada teman-teman dari kelompok Edo agar tak ada lagi pengerahan massa.

Kemudian yang terakhir adalah Richard, pria penghuni Blok A asal Ambon yang beragama Islam. Saat peristiwa pengeroyokan mujahdin ia mengaku tak tahu apa-apa karena tak ada di lokasi kejadian.

Hasil dari pertemuan tersebut, para preman Ambon itu telah meminta maaf dan mereka berjanji tak akan menyulut peperangan terhadap mujahidin termasuk mengerahkan massa di luar.

Selain itu, mereka juga berjanji tak akan mengusik napi lainnya yang pernah dibina oleh mujahidin, sebagaimana penganiayaan yang pernah terjadi terhadap Halim, seorang keturunan tionghoa yang baru masuk Islam dan dibina mujahidin. Saat itu halim dipukuli preman Ambon di Blok A karena diketahui menolong Hendra Ali saat dibawa ke klinik.

Pertemuan usai dan berjalan lancar, delegasi umat Islam menegaskan agar jangan sampai preman Ambon mengkhianati kesepakatan tersebut, sebab resikonya amat besar karena umat Islam di beberapa daerah telah siap turun berjihad di Jakarta bila konflik Ambon pindah ke Ibu Kota.

Sementara itu ratusan umat Islam yang melakukan aksi pun sangat tertib meski diguyur hujan beberapa saat. Sekitar pukul 17.00 WIB aksi berakhir dan mereka kembali ke rumah masing-masing. [Ahmed Widad]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X