Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
28.650 views

Ketahuan Deh, Demi Karir Banyak Pelawak, Artis, Pejabat yang Ke Dukun

JAKARTA (voa-islam.com) – Dibeberkannya kesesatan Eyang Subur oleh artis Adi Bing Slamet di media massa, menunjukkan fenomena artis dan pejabat yang masih suka datang ke paranormal. Hal itu diakui oleh Ki Joko Bodo. Menurut Ki Joko Bodo, dirinya banyak didatangi kalangan artis, politikus, hingga pejabat tinggi negara.


"Orang Indonesia itu senangnya pada berdukun," kata Ki Joko Bodo seperti diberitakan  Tempo, Jumat, 29 Maret 2013, di kediamannya di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Kesenangan masyarakat untuk berdukun tersebut terbukti dari klien Ki Joko Bodo yang berasal dari beragam kalangan. Pemilik nama asli Agus Yulianto ini dikunjungi mulai dari pengamen, pengemis yang biasa mangkal di perempatan jalan, artis, politisi, hingga pejabat negara. "Mulai lapisan bawah sampai atas," kata Ki Joko.

Beragam tujuan yang diinginkan para klien untuk dipecahkan secara supranatural oleh Ki Joko Bodo. Mulai dari masalah pribadi, misalnya putus cinta, kegagalan asmara, buang sial, pasang susuk, pelaris, pengasihan, kejantanan, minta dukungan untuk kepentingan politik, hingga memperbanyak massa.

Membela Eyang Subur

Ketahuan deh, Beberapa pelawak Tanah Air mengklaim sebagai teman Eyang Subur. Sebut saja Tessy, Nurbuat, Rohana, Memed, dan Unang. Mereka membantah Eyang Subur menyebarkan ajaran sesat, seperti yang dibeberkan Adi di media beberapa hari ini. "Sesatnya di mana? Setahu saya kalo teman-teman datang ke rumahnya waktunya magrib malah dia (Eyang Subur) suruh siapa yang belum salat," kata Tessy dalam jumpa pers di Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta, Kamis, 21 Maret 2013.

Tessy juga menyangkal pengakuan Adi yang mengatakan Eyang Subur adalah seorang dukun santet. Justru kata kata dia, orang yang sudah dikenal selama puluhan tahun itu memiliki sifat dermawan kepada siapa saja. "Bahkan dari sekian banyak orang, yang pertama diberi hadiah sama Eyang itu saya. Saya dibelikan mobil sama dia," ujarnya.

Selain Tessy dan kawan-kawan, turut hadir juga dalam jumpa pers itu bekas anggota DPR Permadi. Dia juga meyakini tudingan Adi terhadap Eyang Subur adalah fitnah semata. Permadi mengaku mulai berteman dengan Eyang setahun belakangan."Setahu saya Eyang bukan kategori dukun, tapi kasepuhan untuk bahas penyakit, agama, dan kenegaraan. Eyang bukan dukun santet, Eyang itu kasepuhan," Permadi menegaskan.

Eyang Subur Kejawen  

Siapa sebenarnya Eyang Subur yang disebut Adi itu? Kata Tessy, pelawak yang mengenal Eyang Subur, lelaki tua itu bukanlah dukun seperti tuduhan Adi. Tessy sendiri mengenal Eyang Subur pada 1981. Kala itu Subur belum menggunakan sebutan eyang. “Aslinya, dia tukang jahit,” ujar anggota kelompok lawak Srimulat ini.

Masih kata Tessy, Subur adalah orang baik. Ia tidak pernah terlihat melakukan hal sesat. “Setahu saya, kalau teman-teman datang ke rumahnya di waktu magrib, Eyang Subur malah suruh salat.”

Anggota Srimulat lainnya, Gogon, sepakat dengan pendapat Tessy. Kata dia, Eyang Subur hanya melakukan doa bersama dengan memadukan kejawen dan agama.  “Dia tidak sesat, tidak pernah mengubah ayat dan lafal Al-Quran,” ujar Gogon.

Gogon sudah mengenal Subur sejak 1983 lalu. Di mata dia, Subur hanyalah paranormal biasa. Soal percaya atau tidak dengan perkataan Subur, kembali kepada setiap orang yang mendengarnya. “Kami tidak pernah disyarati dan saya tak pernah meminta supaya terkenal," kata Gogon.

Di rumah Eyang Subur, kata Permadi, ada banyak perhiasan mewah. Bahkan ada beberapa perhiasan kristal, berbagai ukuran, yang harganya ratusan juta. “Dia memang koleksi perhiasan,” kata Permadi. Namun, dari mana harta dan uang Eyang Subur, Permadi tidak mengetahuinya.

Soal pembelaan terhadap Eyang Subur ini, Adi menyatakan, Tessy dan kawan-kawannya masih terpengaruh "guna-guna" Subur. "Saat ini, mereka masih dipengaruhi setan," kata Nurjanah, istri Adi. Bekas penyanyi cilik ini tetap yakin bahwa Eyang Subur mengajarkan aliran sesat. “Dia menyantet saya, setelah tak lagi "berguru" dengannya,” ujar Adi.  [

Kesesatan Eyang Subur

Adi pun kembali menegaskan Subur memang sesat. Selama menjadi pengikut Subur, Adi pun sudah hapal betul dengan kebiasaan dan ritual Subur yang ia sebut menyimpang.“Kita nih gimana caranya dibuat takluk sama dia. dia nggak pernah salat. Dia salatnya duduk di atas sajadah bersilah dengan tangan di depan dada dan menggoyangkan kepala. Masa masih nggak mau ngaku sesat?!,” gugat Adi saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2013).

Putra Bing Slamet itu juga mengatakan, selama setia bersama Subur, ia melihat beberapa benda yang memang mistis di rumah sang dukun. “Ada yang dia beli, ada yang yaitulah dia kayak nyembah berhala secara nggak langsung. Ada patung kayak spinx, ada manusia berpelukan, ada komodo. Dia dilarang melihara hewan hidup sama gaibnya kata dia,” paparnya.

“Ada satu tempat tidur juga yang nggak dia tidurin. Mungkin ya itu buat persekutuan dia. Dulu dia pernah ada yang bilang, di atas plafon itu berserakan lisong sama kemenyan,” bebernya lagi.

Banyak petuah-petuah yang dirasa Adi memang janggal. Namun saat itu ia mengaku tak bisa berkutik karena masih di bawah pengaruh Subur.Sebelumnya Adi juga menyebutkan Subur melenceng dari ajaran agama islam. [Desastian/dbs]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X