Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah
Facebook RSS
30.007 views

Din Syamsuddin Puji Kehebatan Tokoh Yahudi di Kongres Yahudi se-Dunia

JAKARTA (voa-islam.com) – Sangat disayangkan kehadiran Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsuddin dalam sebuah pertemuan tokoh Yahudi sedunia. Din yang berada di Hongaria, sejak 5-7 Mei 2013 lalu diundang untuk menyampaikan pidato di World Jewish Congress di Budapest, Hongaria. Hal itu diakui Din saat memberi sambutan dalam peresmian Media Center di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Senin (13/5) siang.  

“Beberapa waktu lalu, saya berada di Budapest, Hongaria, untuk menghadiri Kongres Yahudi se-Dunia. Saya coba antisipasi, bila terjadi pro-kontra tentang kehadiran saya dalam Kongres Yahudi se-Dunia. Setelah saya menjelaskan tentang ajaran Islam kepada kaum Yahudi, Alhamdulillah tidak ada reaksi. Pintar-pintarnya media center,” kata Din di depan para jurnalis dan tamu yang hadir.

Dikatakan Din, “Orang Yahudi itu ternyata hebat. Dalam kongres tersebut, banyak tokoh-tokoh Yahudi se-dunia hadir, termasuk pengusaha-pengusahanya. Bahkan kami menginap di sebuah hotel milik Yahudi. Yang menarik, headline koran local telah memberitakan konferensi Yahudi se-Dunia tersebut. Meski sebelumnya ada demontrasi Anti Semith, namun aksi itu bisa dicounter,” ujar Din bangga.

Din, merupakan satu-satunya pembicara Muslim dalam kongres para tokoh Yahudi itu. Din mengaku gembira bisa menjelaskan pandangan Islam kepada penganut Yahudi. Din, yang tampil pada sesi tentang Freedom of Religious Practices berdampingan dengan President of Bishop Conference of Europe, Chief Rabbi of Ukraine, dan Prof Choel Meyer dari New York.

Dalam pidatonya, Din menjelaskan perspektif Islam tentang kebebasan beragama dan perlunya hidup berdampingan secara damai dalam prinsip bagimu agamamu, bagiku agamaku.

"Yahudi, Kristen, dan Islam, sebagai tiga agama samawi atau Abrahamic religions perlu semakin mendekat dan hidup berdampingan secara damai, serta mengembangkan kerja sama peradaban untuk kemanusiaan," ujarnya.

Selama berada di Hongaria, Din mengaku diterima oleh President Central European University untuk jajaki kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah.

Klarifikasi Din Syamsuddin

Usai meresmikan Media Center dan Indonesia Journalist Forum (IJF) di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Menteng Raya 62, Jakarta Pusat, Ketua Umum PP Muhammadiyah kepada wartawan menjelaskan dirinya telah lama menjalin hubungan internasiol dan bergaul dengan masyarakat dunia.

“Sebagai President of ACRP dan Co-President of WCRP, atau tokoh agama se-Asia dan Dunia, saya telah berhubungan dengan para pemimpin agama dari semua agama, termasuk Yahudi, Kristan, dan Islam. Ketiga agama itu merupakan agama samawi atau Abrahamic religions. Karena itu ketiga agama itu perlu saling mendekat dan hidup berdampingan secara damai, serta mengembangkan kerja sama peradaban untuk kemanusiaan,” jelas Din.

Diatakan Din, banyak permasalahan dunia terkait tiga agama samawi ini. Seperti persoalan Palestina – Israel maupun Islam - Barat. Saya punya obsesi ketiganya harus duduk bersama untuk perdamaian.

“Mereka (kaum Yahudi) itu powerfull di bidang politik, ekonomi, bisnis, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Saya merasa mendapat kehormatan untuk hadir dalam kongres Yahudi se-Dunia tersebut. Dan saya hanya satu-satunya tokoh muslim yang bicara dalam kongres itu. Saya menyampaikan pandangan Islam di depan kaum Yahudi, itu kan menarik. Bagi saya inilah kesempatan kita untuk berdakwah,” ungkap Din.

Saat ditanya wartawan, apakah kehadirannya dalam Kongres Yahudi se-dunia itu mencederai umat Islam, khususnya bangsa Palestina yang dijajah oleh negara Yahudi Zionis Israel? Dengan suara agak meninggi, Din mengatakan, “Apanya yang mencederai? Siapa yang kontroversial? Kita menjelaskan agama kita kan bagus,” jelas Din memberi klarifikasi.

Din mengimbau, umat Islam hendaknya memandang secara objektif, jernih dan cerdas. Ketika saya sampaikan tentang Islam dan ayat Al Qur’an, mereka bisa memahami. Ia juga menjelaskan, Islam bisa hidup berdampingan secara damai, saling taaruf (saling mengenal) dan lakum dinukum waliyadin.

Lebih lanjut Din menjelaskan, kaum Yahudi merasa tidak memiliki kebebasan beragama. Di negara Eropa, misalnya, kaum Yahudin tidak boleh disunat. Saat ditanya, apakah anda telah difasilitasi Yahudi? “Tentu saja difasilitasi, mereka kan mengundang saya. Sebagai Presiden tokoh agama se-Asia dan se-Dunia masa saya tidak mau berdialog. Dalam pergaualan dunia, kita tidak boleh picik. PP Muhammadiyah sendiri telah melakukan kerjasama di bidang pendidikan dengan negara-negara Eropa, seperti Inggris, Belanda,  dan negara Barat lainnya."

Di Budapest, Hongaria, Din mengaku melakukan pertemuan di kamar hotel nya menginap dengan President Central European University untuk jajaki kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah. Juga bertemu dengan Wakil Menlu Hongaria, untuk melakukan kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan serta bidang lainnya. [desastian]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Indonesiana lainnya:

+Pasang iklan

Toko Tas Online TBMR - Diskon Setiap Hari

Jual tas branded murah, tas import, tas wanita dengan harga yang super murah. Tas LV, Prada, Gucci, Hermes, Chanel, Burberry, Chloe, Webe, dll. Grosir dan Eceran.
http://www.tasbrandedmurahriri.com

Royal Islam Indonesia Umroh & Haji Tours

Paket umroh, Paket Umroh Ramadhan, Paket Haji Plus, Paket Wisata Cairo. Mulai $ 2.000
http://royalislamindonesia.com

Infaq Dakwah Center

Padukan Dakwah dan Medis, IDC akan Mendirikan KLINIK UMMAT Gratis untuk Dhuafa, Ayo Bantu!!

Padukan Dakwah dan Medis, IDC akan Mendirikan KLINIK UMMAT Gratis untuk Dhuafa, Ayo Bantu!!

Untuk meningkatkan dakwah dan kesejahteraan umat Islam, IDC mensinergikan dakwah Islamiyah, misi kemanusiaan dan medis. Ayo bantu program KLINIK UMMAT di berbagai daerah....

Yatim Syuhada Zahra Ramadhani Tutup Usia, Biaya Pengobatan Rp 10,8 Juta Telah Disalurkan

Yatim Syuhada Zahra Ramadhani Tutup Usia, Biaya Pengobatan Rp 10,8 Juta Telah Disalurkan

Gadis yatim syuhada ini wafat di RS Adam Malik Medan setelah menderita penyakit Lupus. Ayahnya gugur tahun 2010 saat menegakkan syariat i'dad bersama kafilah Mujahidin Aceh....

Biaya Operasi Penyumbatan Usus Dilunasi, Aktivis Nahi Mungkar Solo Pulang dari Rumah Sakit

Biaya Operasi Penyumbatan Usus Dilunasi, Aktivis Nahi Mungkar Solo Pulang dari Rumah Sakit

Setelah dua pekan opname di rumah sakit, akhirnya Luqman Rivai bisa pulang ke rumah. Biaya operasi sebesar 33,5 juta rupiah dilunasi, IDC turut membantu biaya 8,5 juta rupiah...

Operasi Penyumbatan Usus, Aktivis Nahi Mungkar Solo Butuh Biaya Rp 12 Juta. Ayo Bantu!!

Operasi Penyumbatan Usus, Aktivis Nahi Mungkar Solo Butuh Biaya Rp 12 Juta. Ayo Bantu!!

Sudah dua pekan Luqman opname di rumah sakit, usai operasi penyumbatan usus. Ia tak bisa pulang karena terganjal biaya operasi 33,5 juta rupiah yang belum dilunasi. Ayo bantu!! ...

Hijrah Memeluk Islam, Nurul Hutabarat Menuai Banyak Ujian Hidup. Ayo Bantu!!

Hijrah Memeluk Islam, Nurul Hutabarat Menuai Banyak Ujian Hidup. Ayo Bantu!!

Keputusan masuk Islam disusul ujian yang bertubi-tubi: fitnah, pengasingan, intimidasi, penculikan, dan penodaan kehormatan. Setitik pun ia tak menyesali keputusan jadi muallaf....

Latest News


Must Read!
X