Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.846 views

Ditolak Elemen Islam & MUI Solo, Seminar Internasional di UMS Batal

SOLO (voa-islam.com) – Sejumlah pimpinan elemen Islam Solo Raya pada Rabu (21/8/2013) malam menemui Ketua MUI Solo Prof Zaenal Arifin Adnan di RS PKU Muhammadiyah Solo Jateng.

Kedatangan para pimpinan elemen Islam itu terkait dengan akan diselenggarakannya Seminar Internasional bertajuk “Konstelasi Politik Timur Tengah”, Sabtu (24/8/2013) mendatang di Auditorium Pasca Sarjana UMS Solo Jateng pukul 09.00 WIB.

Pemateri yang ditunjuk sebagai narasumber antara lain dua Duta Besar (Dubes) Negara Timur Tengah dan satu Dubes Amerika Serikat (AS). Mereka adalah Dubes Mesir Mr Bahauddin, Dubes Suriah Mr Darwish Baladi dan Dubes AS Mr Robert Blake.

Elemen Islam Solo Raya yang hadir diantaranya dari LUIS, JAT, FKAM, FJI, Brigade Al Ishlah. Selain itu, mereka juga merapatkan barisan ke masjid Baitussalam Tipes Solo untuk setting aksi hari Jum’at dan Sabtu (23 & 24/8/2013) mendatang.

...Laskar marah semua. Saya khawatir UMS jadi ajang demo dari luar, saran PP Muhammadiyah agar di cancel...

Ketua MUI Solo Sarankan Rektor UMS Membatalkan Seminar

Kepada sejumlah pimpinan elemen Islam yang menemuinya, Prof Zaenal menjelaskan bahwa MUI Solo tidak tau menahu dan sama sekali tidak merekomendasikan hadirnya para Duta Besar (Dubes) tersebut.

Bahkan, Prof Zaenal mengakui adanya pihak gelap yang mencatut nama MUI Solo dalam acara kontroversial tersebut. Prof Zaenal juga menyatakan ada pihak yang mengklaim bahwa MUI Solo telah merekomendasikan acara tersebut.

Ia pun sudah mensomasi penyelenggara acara Seminar Internasional kontroversial tersebut dan telah memanggil pihak terkait, dalam hal ini Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Dalam nasihatnya, Prof Zaenal menegaskan agar seminar yang menghadirkan para Dubes tersebut dibatalkan. “Laskar marah semua. Saya khawatir UMS jadi ajang demo dari luar, saran PP Muhammadiyah agar di cancel,” saran Ketua MUI Solo tersebut.

...Saya atau MUI Solo bukan penyelenggaranya. Itu murni acara pasca sarjana UMS. MUI hanya diminta memfasilitasi untuk menghubungkan dengan para narasumber...

Intruksi PP Muhammadiyah Seminar Dibatalkan Saja

Rabu (21/8/2013) menjelang Ashar, ratusan mahasiswa, umat dan elemen Islam Solo Raya mendatangi UMS Solo, menggelar orasi bersama untuk menolak diadakannya Seminar Internasional “Konstelasi Politik Timur Tengah” itu.

Pembantu Rektor I UMS Muhammad Dai yang menemui dan hadir ditengah-tengah massa menyampaikan bahwa seminar telah dibatalkan pihak UMS karena terbatasnya waktu. Sedangkan Rektor UMS Prof Bambang Setiadji ketika dikonfirmasi sedang berada di Jakarta.

Via SMS, Prof Bambang menjelaskan bahwa, sebenarnya seminar ini akan bergiliran dari kampus ke kampus rencananya melibatkan UII, UMY dan UMS. Dan sebagai Event Organizer (EO)-nya adalah Joko Ekram dari MUI Solo.

Namun, saat Joko Ekram yang merupakan anggota MUI Solo Bidang Ukhuwah Islamiyyah ini dikonfirmasi, dirinya membantah jika MUI Solo atau dirinya sebagai pihak panitia atau penyelenggara.

...Instruksi PP Muhammadiyah dibatalkan saja...

“Saya atau MUI Solo bukan penyelenggaranya. Itu murni acara pasca sarjana UMS. MUI hanya diminta memfasilitasi untuk menghubungkan dengan para narasumber,” ujar pria yang akrab disapa Joko Beras ini kepada voa-islam.com pada Selasa (20/8/2013) siang via telfon.

Selain itu, Prof Bambang juga menyatakan jika acara Seminar Internasional tersebut telah dibatalkan. Menurut Prof Bambang,  pembatalan tersebut karena adanya inntruksi dari PP Muhammadiyah.

“Instruksi PP Muhammadiyah dibatalkan saja,” ujar Prof Bambang via SMS, Rabu (21/8/2013).

Seperti yang diberitakan www.voa-islam.com sebelumnya, Pasca Sarjana UMS Solo Jateng Sabtu (24/8/2013) mendatang pukul 09.00 WIB akan mengadakan Seminar Internasional bertajuk “Konstelasi Politik Timur Tengah” di Auditorium Pasca Sarjana UMS Solo Jateng.

Pemateri yang ditunjuk sebagai narasumber antara lain Dubes Mesir Mr Bahauddin, Dubes Suriah Mr Darwish Baladi, Dubes AS Mr Robert Blake dan Ketua Presidium Medical Emergency Rescue Committee (Mer-C) dr Joserizal Jurnalis SpOT.

Namun, karena mahasiswa dan elemen Islam Solo Raya menolak kehadiran Dubes AS, Suriah dan Mesir ke Solo acara seminar internasional tersebut akhirnya dibatalkan pihak UMS Solo dengan berbagai pertimbangan. [Khal-fah/Endro]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X

Senin, 20/05/2024 04:46

Kelaparan Melanda, Kapitalisme Biangnya