Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
9.017 views

Di Indonesia, Pada Hari Anti Korupsi Pun Masih Bisa Korupsi

JAKARTA (voa-islam.com) - Hari ini 9 Desember, warga dunia merayakan hari anti korupsi. Artinya sebagai simbol perlawanan pada korupsi yang menjadi masalah serius, dari 364 hari yang akan disalahgunakan untuk korupsi maka ada satu hari untuk 'eling' pada gerakan ini.

Tapi di Indonesia rasanya masih tak peduli apalagi bulan Desember adalah bulan penghabisan dan penyedotan anggaran di pemerintah, artinya penyerapan dana besar-besaran dengan memanfaatkan program-program yang terkadang tak bermanfaat untuk rakyat secara umum. Ironis.

Di Indonesia hari anti korupsi diperingati hanya satu hari selama satu tahun. Sisanya mungkin layak disebut hari korupsi. Nyaris tak ada satu pun pengadaan barang jasa, bantuan sosial, hingga proyek yang lepas dari korupsi.

Pelaku korupsi bangga memamerkan kekayaannya, luar biasa membudaya dan mengakar di negeri ini. Mulai dari perangkat desa sampai pejabat negara di pusat tak lepas dari korupsi. Menteri dipidana karena korupsi, kepala desa korupsi, bupati, gubernur juga korupsi. Siapa yang tidak korupsi?

Transparency International yang berbasis di Berlin mengeluarkan indeks tahunannya hari Selasa (3/12) berdasarkan persepsi tingkat korupsi yang disusun dari hasil wawancara dengan rakyat di 177 negara. Sementara Indonesia mendapat skor 32, dengan peringkat 114 dari 177 negara.

Skala itu memberi negara yang bebas korupsi angka 100, dan pada tahun 2013 Somalia, Korea Utara dan Afghanistan masing-masing mendapat angka 8.

Sebaliknya, negara-negara yang nyaris bersih dari korupsi adalah Denmark dan Selandia baru dengan angka 91, disusul oleh Finlandia dan Swedia dengan angka 89.

Sebaliknya, negara-negara yang nyaris bersih dari korupsi adalah Denmark dan Selandia baru dengan skor 91, disusul Finlandia dan Swedia dengan skor 89.

Di kawasan Asia Pasifik, Indonesia masih jauh berada di bawah Singapura, Hongkong, Taiwan, Korea Selatan, dan China.

Dibanding dengan negara ASEAN, skor Indonesia jauh di bawah Brunei dan Malaysia, sedikit di bawah Filipina dan Thailand, namun sedikit lebih baik dari Vietnam, Timor Leste, Laos dan Burma.

Transparency Internasional melansir Corruption Perception Index (CPI) dalam rentang 0-100. 0 Berarti sangat korup, sedangkan 100 sangat bersih. Di tahun 2012 dan 2012 Indonesia mendapat CPI 32, sangat rendah. 

KPK Tebang Pilih, Aparat Negara Korupsi Bersama Partai Politik 

Anggota DPR korupsi, pegawai pajak korupsi, polisi korupsi, hakim korupsi. Lalu masih adakah yang jujur?

Mungkin cuma di Indonesia, bandit tega mengkorupsi Alquran, baju muslim hingga pengadaan sarung. Bahkan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan uang bantuan tunai hingga bangku sekolah.

Sulit menerka, siapa yang dusta sekarang, apakah terdakwa atau malah hakimnya? Lihat saja pengakuan para terdakwa korupsi di pengadilan tipikor yang leluasa proyek dibagi-bagi, setor sana-setor sini. Petinggi partai politik ikut bermain. Demi keuntungan tikus-tikus korup, proyek dipaksakan walau tak jelas.

Ironis semakin mengemuka, ketika keberpihakan KPK makin jelas bersikap tebang pilih, bahkan Presiden dan Wakil Presiden dekat sekali dengan pusaran korupsi, info yg beredar di kalangan terbatas bahwa KPK sudah menetapkan Boediono menjadi tersangka berbarengan dengan Budi Mulya.

Tapi KPK masih enggan mengungkapkan ke publik karena status Boediono saat ini masih menjadi wapres. KPK akan menahan Boediono setelah tidak menjabat lagi menjadi wapres. Kami mencoba mengkonfirmasi info ini ke KPK, sampai detik ini belum ada tanggapan dr KPK.

Bagi umat Islam yang taat kepada Allah dan menggigit kuat imannya kepada Allah tentu setiap hari adalah hari Anti Korupsi, mari sebarkan kebaikan Islam kepada orang lain dan tanamkan bibit keshalihan Islam pada orang lain. Semoga... [dbs/tti/hudzaifah/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Tiga Masjid dan Tiga Sekolah di Pelosok Garut ini Krisis Air Bersih. Ayo Wakaf Sumur.!!

Jamaah masjid, siswa sekolah dan warga pelosok Garut ini kesulitan air untuk ibadah, bersuci, wudhu, memasak, minum, mandi, dan mencuci. Ayo Wakaf Sumur, Pahala Mengalir Tak Terbatas Umur.!!!...

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Bocah Yatim Anak Ustadz Pejuang Dakwah Ingin Jadi Dokter Penghafal Quran. Ayo Bantu.!!!

Syafani Azzahra, bocah yatim sejak usia tujuh tahun ini bercita-cita ingin menjadi dokter penghafal Al-Qur'an. Setamat SD ia ingin melanjutkan sekolah ke pesantren, tapi terkendala biaya. Ayo...

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Mobil Baru Akan Disulap Jadi Ambulans, Butuh Biaya 39 Juta Rupiah. Ayo Bantu.!!

Di tengah pandemi Covid-19, permintaan layanan ambulans untuk pasien dan jenazah terus meningkat. Mobil baru IDC akan disulap jadi ambulans, butuh dana 39 juta rupiah untuk biaya modifikasi....

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Berburu Keutamaan Jum’at dan Yatim, Mari Berbagi Hidangan dan Santunan kepada Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an

Menggabung keutamaan Jum’at dan Cinta Yatim, IDC akan berbagi ke Pesantren Tahfizhul Qur’an Darul Hijrah Cikarang. ...

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Keluarganya Jadi Korban Pemurtadan, Ustadz Difabel Gigih Berdakwah di Pelosok, Ayo Bantu.!!

Terlahir dengan fisik tak sempurna, Ustadz Rohmat diuji istri dan kedua orang tuanya murtad jadi korban kristenisasi. Kini ia gigih berdakwah di pelosok Lembah Ciranca Garut....

Latest News

MUI

Must Read!
X