Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
33.452 views

Jokowi Sudah Mentok Tanpa Dukungan Politik Koalisi MERAH PUTIH

JAKARTA (voa-islam.com) - Usaha-usaha Jokowi menggerogoti koalisi MERAH PUTIH, mentok, dan PAN tidak doyan rayuan 'gombal' Jokowi. PAN tidak akan menyeberang kepada kubu PDIP mendukung Jokowi. Karena, hanya pepesan kosong belaka omongan Jokowi itu.

Seperti penegasan Ketua Fraksi PAN DPR Tjatur Sapto Edy bahwa Hatta Rajasa bertemu Jokowi atas undangan dan tidak ada deal politik apapun, mengindikasikan kuatnya soliditas Koalisi Merah Putih. Hatta tidak mau memenuhi permintaan Jokowi agar bergabung ke Koalisi Jokowi-JK. Apa yang akan terjadi?

Sangat mungkin Jokowi-JK akan membujuk PPP untuk bergabung ke Koalisi Merah Putih sebagai langkah terakhir setelah Demokrat menegaskan tak bersedia masuk ke dalam koalisi pimpinan Wong Solo itu. “PAN tetap di luar pemerintah, konsisten, istiqomah, dan itu paling disukai Tuhan dan manusia, menghargai kebersamaan dan kepercayaan, kredibel, dan itu yang paling mahal," ujar Tjatur Sapto Edy.

Jika PPP ternyata juga kukuh dalam Koalisi Merah Putih, maka ditilik dari segi kekuatan politik di parlemen, koalisi Jokowi memang lemah. Sehingga langkahnya menaikkan harga BBM dan memangkas subsidi lainnya, boleh jadi bakal diganjal Koalisi Merah Putih sampai ke jalan paling terjal.

Di sini, legitimasi Jokowi terancam terjungkal, jika tak memiliki kabinet dan tim ekonomi yang kredibel, mumpuni dan handal. Koalisi Merah Putih didukung oleh lima parpol yang lolos ke DPR, yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Keadilan Sejahtera.

Jika dijumlah, koalisi tersebut memperoleh dukungan 292 kursi DPR. Meski Partai Demokrat berdiri secara otonom, namun tetap dalam kerangka Koalisi Merah Putih yang bertekad menyapu Koalisi Jokowi.

Kekuatan kubu ini mencapai sekitar 60 persen dan memungkinkan terjadinya imobilisme pemerintahan Jokowi-JK. Dalam arti, kabinet Jokowi-JK bisa mengalami situasi dimana koalisi ramping ini bagai bebek lumpuh yang mudah jatuh. Inilah dampak mengerikan dari kombinasi maut antara sistem presidensial dan multi partai di era reformasi yang sangat liberal dan banal.

Pasangan Jokowi-JK didukung oleh empat parpol, yakni PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa), dan Partai Hanura. Jika dijumlah, koalisi tersebut didukung 207 kursi DPR atau kurang dari 40 persen kursi DPR.

Maka bisa diramalkan bahwa ke depan, program-program Jokowi bakal bisa dikoreksi dan dihadang oleh Koalisi Merah Putih, terutama soal kenaikan harga BBM, tarif listrik dan pelbagai pemotongan subsidi lainnya.

Kita khawatir, tanpa kerja keras dan kreatifitas ekonomi-politik yang kuat, kabinet Jokowi-JK bakal limbung dan rapuh dihantam kekuatan Koalisi Merah Putih yang solid. Semoga hal ini tidak terjadi, dan itu berarti kerja ekstra keras dan cerdas harus menjadi agenda Jokowi. 

Paling-paling Jokowi hanya akan main drama di pemerintahan bersama dengan Mega, dan JK yang didukung oleh PDIP, PKB, Nasdem, Hanura, dan PKPI. Jadi sudah mentok disitu. Tidak akan ada perubahan apa-apa lagi tentang koalisi. Seperti yang diinginkan Jokowi. Kalau ingin bergabung dengan Jokowi harus dengan minum 'air putih' belaka. [jj/dbs/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X