Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
12.375 views

Dulu Saat PDIP Berkuasa, Munir Dibunuh; PDIP Berkuasa Lagi, Pembunuh Munir Dibebaskan

JAKARTA (voa-islam.com) - Pejuang hak asasi manusia Munir Said Thalib dibunuh ketika PDIP menjadi partai berkuasa dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri masih menjadi presiden, September 2004. Ketika itu, Badan Intelijen Negara (BIN) dikepalai Hendropriyono.

Ketika PDIP memenangkan pemilihan umum lagi dan kadernya menjadi preisden serta Hendropriyono menjadi salah satu motor penggerak kemenangan itu, pelaku pembunuh Munir, Pollycarpus Budihari Prijanto, diberi pembebasan bersyarat.

“Kasus ini terjadi pada pilpres putaran kedua pada September 2004, pada waktu itu Ibu Mega masih menjadi presiden, Hendropriyono masih menjadi Kepala BIN,” kata Wakil Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Chrisbiantoro di Kantor Kontras, Menteng, Jakarta Pusat, Ahad (30/11).

Menurut Chris, bukti di pengadilan persidangan Pollycarpus sudah mengarah kepada keterlibatan oknum BIN, yang di dalamnya termasuk Kepala BIN saat itu Hedropriyono. Buktinya adalah surat tugas yang diakui Pollycarpus ketika menjadi terdakwa, bahwa terdapat penugasan dari BIN untuk Pollycarpus ke kantor Garuda. Namun, belakangan, surat itu dinyatakan hilang.

“Nah kemudian dari situ sudah tidak bisa dimungkiri lagi ada sosok yang terlibat. Salah satunya Pak Hendropriyono, setidak-tidaknya dia mengetahui BIN mengeluarkan surat untuk Garuda,” ujar Chris.

Lalu, dengan adanya pembebasan bersyarat Pollycarpus sebagai terpidana pembunuh Munir saat ini, tambah Chris, semakin terlihat kasus ini muncul di era PDIP sedang berkuasa. “Nah, Pak Hendropiryono dengan PDIP dekat dengan Ibu Mega dan belakangan dia menjadi tim Jokowi. Maka sulit dihindari untuk kemudian mengarah ke PDIP. Mengapa ketika peristiwa ini terjadi ada di era PDIP? Kemudian Pollycarpus bebas juga di era PDIP, padahal Pollycarpus itu bisa bebas dua tahun lalu karena sudah menjalani enam tahun, ini diakui sendiri oleh kuasa hukum Pollycarpus,” tuturnya.

Dulu saat PDIP berkuasa, Munir dibunuh; kini ketika PDIP berkuasa Lagi, pembunuh Munir dibebaskan.

Kontras: Mahkamah Agung Cenderung Jadi Mesin Penghapus Dosa Pollycarpus

Mahkamah Agung dalam kasus Pollycarpus dinilai Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) cenderung sebagai mesin penghapus dosa melalui dua kali putusan peninjauan kembali (PK). Ada sesuatu yang salah, kata Kepala Divisi Pembelaan Hak Sipil dan Politik Kontras Putri Kanesia, sehingga putusan tersebut diajukan dua kali.

“Ini menunjukan kamar pidana Mahkamah Agung tidak jeli melihat kasus Munir dan asal proses. Antar-hakim tidak ada posisi yang jelas dalam kasus Munir. Putusan-putusan PK Polly pun juga tidak ada dalam website mereka. Ini indikasi ada yang disembunyikan,” ujar Putri di kantor Kontras, Jakarta Pusat, Ahad (30/11).

Padahal, berdasatkan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 10 Tahun 2009, Mahkamah Agung melarang pengajuan PK lebih dari satu kali dalam kasus yang sama, baik pidana maupun perdata. Namun, ada pengecualian dalam SEMA, yaitu khusus untuk PK yang didasarkan pada alasan pertentangan putusan, MA masih memberi kesempatan untuk menerima berkas PK itu.

Kendati begitu, Deputy Strategy and Mobilization DepartmentKontras Chrisbiantoro mengatakan, novum atau bukti baru yang diajukan Pollycarpus untuk PK tidak ada yang baru. “Locus [delicti], tempus [delicti]-nya yang menjadi masalah. Itu kan sudah dibuktikan bahwa pemberian racun kepada Munir itu bukan dari Singapura ke Belanda. Saat sudah di Bandara Changi, Munir sudah terlihat lemas karena mengonsumsi mi goreng yang telah diberi racun, bukan orange juice,” ungkap Chris.

Pramugari Yetty sebagai saksi kunci, tambah Chris, juga telah menerangkan memberikan mi goreng saat penerbangan dari Jakarta ke Singapura. “Di sana bisa dilihat indikasinya Munir diracuni ” katanya. [tyo/ahmed/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X