Home | Redaksi | Advertisement | Kirim Naskah | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Facebook RSS
10.204 views

Soal Sanksi Eksekusi Mati, Jokowi Bohong?

Jakarta (voa-islam) - Perbedaan pendapat mengemukan antara Presiden Joko Widodo dan institusi dibawahnya, Kejaksaan Agung (Kejakgung) terkait jumlah terpidana yang akan dieksekusi mati.

Jika sebelumnya Jokowi menyatakan telah menolak permohonan grasi terhadap 64 terpidana kasus narkotika, namun sebaliknya pihak Kejakgung justru menyatakan belum menerima keputusan Presiden terkait penolakan grasi para terpidana mati tersebut.

Saat memberi kuliah umum di Universitas GaJah Mada (UGM) Yogyakarta, Selasa (9/12) kemarin. Kala itu Jokowi Jokowi menegaskan dirinya selaku presiden akan menolak permohonan grasi dari 64 terpidana kasus narkotika.

Secara tegas Jokowi menyatakan aksi para pelaku, terutama bandar narkoba telah merusak generasi muda sebagai penerus bangsa. Penolakan grasi juga penting untuk memberikan shock therapy bagi para bandar, pengedar maupun pengguna narkotika.

Namun justru peryataan berbeda dikatakan Kejakgung. Melalui Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejakgung, Tony Tribagus Spontana mengatakan, sampai saat ini masih menunggu Keputusan Presiden (Keppres) Jokowi terhadap 20 terpidana mati atas grasi yang diajukan.

Eksekusi terhadap 20 dari 64 terpidana mati kasus narkotika itu baru akan dilaksanakan jika Presiden telah mengeluarkan Keppres atas pengajuan grasi terhadap para terpidana.

"Status terakhir 20 terpidana sedang menunggu turunnya grasi. Apabila pada tahun depan sudah ada Keppres yang menolak permohonan grasi mereka, berarti kami akan mempersiapkan," kata Tony di kantornya, Rabu (10/12).

Dia memastikan, kejaksaan tak akan menunda pelaksanaan eksekusi mati jika sudah terbit Keppres terhadap pengajuan grasi 20 terpidana mati. "Jaksa Agung sudah menyampaikan tidak akan ditunda-tunda. Begitu aspek yuridis dan sosiologis sudah siap kita laksanakan," tegasnya.

Meski Keppres tentang grasi sudah terbit pihak kejaksaan tidak akan langsung melaksanakan eksekusi mati terhadap 20 terpidana mati tersebut. Sebab, kejaksaan perlu memeriksa aspek yuridis dan sosioligis ke-20 terpidana mati sebelum eksekusi dilakukan.

"Jaksa Agung sudah menyampaikan tidak akan ditunda-tunda. Begitu aspek yuridis dan sosiologis sudah siap kita laksanakan," tegasnya.

Dari 20 terpidana mati, kata Tony, ada sejumlah Warga Negara Asing (WNA) yang tersangkut kasus narkotika.

Disisi lain, Tony memastikan pihaknya sudah siap mengeksekusi terhadap lima terpidana mati  yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (incraht) pada bulan Desember ini. Para terpidana mati itu, tiga merupakan terpidana kasus narkotika, dan dua terpidana kasus pembunuhan berencana.

"Terdiri dari lima orang, tiga kasus narkoba, dan dua kasus pembunuhan berencana," kata Tony.

Dia memastikan eksekusi mati dengan cara ditembak itu akan dilakukan pada bukan Desember ini. Saat ini seorang terpidana mati tersebut ditahan di Lapas Tanggerang, dua orang ditahan Lapas Batam, dan dua orang ditahab di Lapas Nusakambangan.

"Untuk Lapas Tanggerang adalah kasus pembunuhan, Lapas Nusakambangan untuk terpidana kasus pembunuhan, dan Lapas Batam itu untuk terpidana kasus narkotika," terang Tony. (robiawan/voa-islam.com]

Sebarkan informasi ini, semoga menjadi amal sholeh kita!

Berita Dakwah Indonesia lainnya:

+Pasang iklan

Gamis Syari Murah Terbaru Original

FREE ONGKIR. Belanja Gamis syari dan jilbab terbaru via online tanpa khawatir ongkos kirim. Siap kirim seluruh Indonesia. Model kekinian, warna beragam. Adem dan nyaman dipakai.
http://beautysyari.id

Cari Obat Herbal Murah & Berkualitas?

Di sini tempatnya-kiosherbalku.com. Melayani grosir & eceran herbal dari berbagai produsen dengan >1.500 jenis produk yang kami distribusikan dengan diskon sd 60% Hub: 0857-1024-0471
http://www.kiosherbalku.com

Dicari, Reseller & Dropshipper Tas Online

Mau penghasilan tambahan? Yuk jadi reseller tas TBMR. Tanpa modal, bisa dikerjakan siapa saja dari rumah atau di waktu senggang. Daftar sekarang dan dapatkan diskon khusus reseller
http://www.tasbrandedmurahriri.com

NABAWI HERBA

Suplier dan Distributor Aneka Obat Herbal & Pengobatan Islami. Melayani Eceran & Grosir Minimal 350,000 dengan diskon s.d 60%. Pembelian bisa campur produk >1.300 jenis produk.
http://www.anekaobatherbal.com

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Innalillahi..!! Ustadzah Pesantren Tahfizh Kecelakaan, Kepala Gegar Otak Koma 5 Hari

Ustadzah Salma Khoirunnisa, salah satu pengajar di Pesantren Tahfizul Quran Darul Arqom Sukoharjo mengalami kecelakaan. Kondisinya masih belum sadar, dan sempat koma selama 5 hari karena diperkirakan...

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Tutup Tahun Dengan Bakti Sosial Kesehatan di Pelosok Negeri

Diawali dengan berniat karena Allah, berperan aktif menebarkan amal sholeh dan turut serta membantu pemerintah memberikan kemudahan kepada umat mendapatkan pelayanan kesehatan, maka Ulurtangan...

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Ayah Wafat, Ibu Cacat, Bayu Anak Yatim Ingin Terus Bersekolah

Rafli Bayu Aryanto (11) anak yatim asal Weru, Sukoharjo ini membutuhkan biaya masuk sekolah tingkat SMP (Sekolah Menengah Pertama). Namun kondisi ibu Wiyati (44) yang cacat kaki tak mampu untuk...

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Program Sedekah Barang Ulurtangan Sukses Menyebarkan Kasih dan Berkah Bagi Muallaf di Kampung Pupunjul

Alhamdulillah, pada Sabtu, (18/11/2023), Yayasan Ulurtangan.com dengan penuh rasa syukur berhasil melaksanakan program Sedekah Barangku sebagai wujud nyata kepedulian terhadap sesama umat Islam....

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Merengek Kesakitan, Bayi Arga Muhammad Tak Kuat Perutnya Terus Membesar. Yuk Bantu..!!

Sungguh miris kondisi Arga Muhammad Akbar (2) anak kedua pasangan Misran dan Sudarti ini, sudah sebulan ini perutnya terus membesar bagai balon yang mau meletus. Keluarganya butuh biaya berobat...

Latest News

MUI

Sedekah Al Quran

Sedekah Air untuk Pondok Pesantren

Must Read!
X